Punya Pemandangan Menakjubkan, Yuk Intip Goa Kiskendo di Kulonprogo

Goa Kiskendo juga memiliki kisah menarik di baliknya, lho.

Hiromi Kyuna
Jum'at, 17 Juni 2022 | 20:40 WIB
Goa Kiskendo (Suara/Hiromi)

Goa Kiskendo (Suara/Hiromi)

Guideku.com - Kulonprogo dikenal sebagai daerah dengan wisata alam yang memukau. Mulai dari pantai, perbukitan, air terjun, hingga goa dapat ditemukan di daerah ini.

Salah satu wisata alam menakjubkan yang bisa Anda kunjungi adalah Goa Kiskendo. Goa ini pertama kali ditemukan ratusan tahun lalu, tepatnya pada tahun 1820.

Goa yang berlokasi di Girimulyo, Kulonprogo ini rupanya memiliki kisah yang menarik. Berdasarkan mitos pewayangan, Goa ini menjadi tempat pertempuran sengit antara raja serta patih melawan kakak beradik yang diperintahkan dewa untuk merebut dewi cantik yang diculik.

Baca Juga: Bikin Gemas! Viral Kakek-Kakek Kompak Beli Es Krim Sambil Nongkrong

Goa Kiskendo ini sudah dibuka secara resmi menjadi destinasi wisata sejak tahun 1987 oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Di tahun 2005, pengelolaan goa ini kemudian diserahkan pada Dinas Pariwisata Kulonprogo.

Goa Kiskendo (Suara/Hiromi)
Goa Kiskendo (Suara/Hiromi)

Goa ini sangat menarik untuk dikunjungi lantaran sudah dilengkapi dengan penerangan yang memadai. Jalan di dalamnya pun sudah dibangun sedemikian rupa untuk memudahkan para wisatawan yang ingin menyusurinya.

Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati saat melewatinya. Tetesan air di dalam goa membuat jalan di dalam menjadi sedikit licin. Beberapa bagian goa juga cukup rendah sehingga saat hendak melewatinya, pengunjung perlu menundukkan badan.

Baca Juga: RUPS Sahkan Susunan Baru, Pendapatan Arkadia Digital Media Naik 30 Persen

Petugas akan memberikan helm serta lampu kepala untuk memudahkan proses menyusuri goa ini. Tentu keselamatan pengunjung menjadi hal nomor satu di goa ini.

Di bagian dalam goa juga terdapat tempat pertapaan yang biasa didatangi oleh orang-orang yang memiliki tujuan tertentu. Suasana di dalam goa memang cukup hening untuk melakukan meditasi.

Goa Kiskendo (Suara/Hiromi)
Goa Kiskendo (Suara/Hiromi)

Tak hanya pemandangan goa yang menawan, di sini juga ada amphiteater yang menyajikan pementasan sendratari kolosal bertajuk Sugriwa - Subali. Sendratari ini dikemas dengan konsep yang sangat menarik dan benar-benar menghibur.

Baca Juga: Unik! Pria Ini Bikin Kue Tart Bentuk Papan Karangan Bunga Ukuran Jumbo

Penonton akan diajak menilkmati gemulainya para penari saat menyajikan pentar Sugriwa - Subali. Tak hanya sekedar menyajikan keindahan, sendratari ini juga mampu membawa tawa riang dari penonton.

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak