Cinderamata Bagian Penting Daya Tarik Tempat Wisata, Apa Favorit Para Traveler?

Cinderamata yang unik dan menarik merupakan salah satu daya tarik tempat-tempat wisata Indonesia.

Rendy Adrikni Sadikin
Sabtu, 18 Februari 2023 | 09:00 WIB
Wisata Tanah Lot di Bali. (Unsplash/Harry Kessell)

Wisata Tanah Lot di Bali. (Unsplash/Harry Kessell)

Guideku.com - Cinderamata yang unik dan menarik merupakan salah satu daya tarik tempat-tempat wisata Indonesia. Produk-produk seperti gantungan kunci, pembuka botol, magnet kulkas hingga baju dan lilin aromaterapi, bisa menjadi pilihan cinderamata saat berwisata.

Dikatakan oleh Direktur Utama Best Indonesia Gift atau BIG —Frida, Indonesia perlu memanfaatkan kesempatan mengenalkan pariwisata kepada dunia melalui produk cinderamata yang berkualitas.

Candi Borobudur, salah satu tempat wisata di Magelang yang wajib dikunjungi. (Pexels/Adrian Campil)
Candi Borobudur, salah satu tempat wisata di Magelang, Jawa Tengah. (Pexels/Adrian Campil)

Ia pun membagikan hal-hal yang umumnya dicari wisatawan, baik lokal maupun mancanegara saat berburu cinderamata di tempat wisata.

"Wisatawan lokal maupun asing memiliki keinginan untuk mendapatkan cinderamata yang unik, berkualitas baik, harga terjangkau, dan ‘up to date’ dengan inovasi, yang pada akhirnya dijadikan koleksi kenang-kenangan," kata Frida dikutip dari siaran pers, Kamis (16/2/2023).

Saat ini, tambah Frida, belum ada perusahan di Indonesia yang berfokus pada bisnis cinderamata dengan skala nasional. Untuk itu, pihaknya mencoba menjawab tantangan tersebut.

Ilustrasi Cinderamata atau Oleh-oleh

"Setiap bulan kami selalu berinovasi, jadi meskipun wisatawan datang berulang kali, mereka akan selalu mendapatkan produk cinderamata yang baru, berbeda dan lebih menarik dari sebelumnya," tambah Frida.

Produk cinderamata itu kini tersedia dengan desain untuk Jakarta, Bali, Lombok, Surabaya, Semarang, Jogja, Labuan Bajo, Manado, dan kota kota wisata lainnya di Indonesia.

Belum lama ini, BIG juga memperkenalkan maskot BIG Family yang mewakili pariwisata Indonesia seperti Modo si Komodo, Garu si Burung Garuda, Uut si Orang Utan, dan sepasang muda-mudi asal Bali, Bli Made dan Gek Ayu.

"Launching maskot baru kita ini merupakan awal untuk mempopulerkan karakter BIG FAMILY sebagai karakter citra perwakilan pariwisata Indonesia," kata Frida.

"Pada tahun 2023 ini BIG juga berharap dapat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah setiap provinsi untuk lebih memasarkan pariwisata dari sisi pengadaan cinderamata modern sesuai daerah masing-masing," pungkasnya

GUIDEKU.com/Risna Halidi

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak