Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Bromo Tengger Semeru

Jelajahi keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, destinasi impian untuk kamu yang suka travelling, dengan pemandangan alam spektakuler dan cuaca sejuk.

Saputra Nanda
Rabu, 08 November 2023 | 11:30 WIB
Menikmati pesona Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang menjadi impian para wisatawan, dengan panorama alam yang menakjubkan dan udara sejuk yang memikat. (Freepik)

Menikmati pesona Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang menjadi impian para wisatawan, dengan panorama alam yang menakjubkan dan udara sejuk yang memikat. (Freepik)

Guideku.com - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terus menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang gemar melakukan travelling. Salah satu destinasi yang paling diminati di dalam taman nasional ini adalah Bromo.

Alasan mengapa Bromo begitu diminati oleh para pelancong bukan hanya karena memungkinkan mereka untuk mengejar hobi traveling mereka, tetapi juga karena Bromo memiliki banyak lokasi dengan pemandangan alam yang memukau dan cuaca yang sejuk.

Dikutip dari situs travel, berikut ini adalah destinasi yang wajib dikunjungi saat travelling ke Bromo Tengger Semeru.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Bandung Kekinian, Mana yang Bikin Kamu Ketagihan?

Penanjakan 1

Penanjakan 1 adalah titik tertinggi yang menyajikan pemandangan matahari terbit terbaik di kawasan Bromo Tengger Semeru. Lokasi ini juga unik karena satu-satunya yang menyediakan fasilitas toilet umum dan kios-kios penjaja makanan, menjadikannya spot favorit pengunjung yang ramai mulai dari dini hari.

Untuk mencapai puncak Penanjakan 1, pengunjung harus berjalan kaki selama sekitar 15 menit. Sebaiknya mulai perjalanan sesegera mungkin, sekitar pukul 03:00, untuk menghindari keramaian yang bisa mengakibatkan kemacetan dan memungkinkan Anda menemukan tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit.

Baca Juga: Cara Nikmati 5 Kuliner Legendaris di Kota Yogyakarta, Bukan Cuma Gudeg lho

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies menjadi favorit para wisatawan yang ingin berfoto dengan latar belakang perbukitan hijau yang memukau.

Jika Anda ingin berkeliling bukit dengan lebih mudah, Anda memiliki opsi untuk menyewa kuda, dengan biaya mulai dari Rp100.000 per orang.

Baca Juga: Wisata Religi dan Sejarah: Menikmati Keunikan Masjid Lautze 2 di Tengah Kota Bandung

Sebagai tips, sebaiknya datang ke Bukit Teletubbies pada pukul 07:00 - 08:00, karena saat itu bukit terlihat lebih indah dengan cahaya matahari pagi yang memperindah pemandangan, serta sedikit kabut yang masih menyelimuti, menciptakan suasana yang magis.

Puncak B29

Puncak B29 adalah destinasi yang memukau untuk menikmati pesona Gunung Semeru yang diselimuti oleh awan saat matahari terbit. Dari sini, Anda dapat menyaksikan matahari terbit dengan pemandangan luar biasa dari Gunung Lemongan, Raung, dan Argopuro.

Baca Juga: Ide Wisata Musim Kemarau Panjang di Bandung, Mengunjungi Kawah Putih Ciwidey yang Mengering tapi Tetap Estetik

Setelah tiba di area parkir, perjalanan menuju puncak memerlukan jalan kaki sejauh 150 meter. Namun, tersedia juga layanan ojek yang dapat membawa Anda ke puncak dengan tarif sekitar Rp60.000 untuk pulang pergi.

Sebagai tips, disarankan untuk memulai perjalanan dari Lumajang daripada Probolinggo, karena jalur melalui Lumajang lebih lancar dan nyaman.

Kawah Bromo

Anda dapat mengunjungi Kawah Bromo untuk melihat kawah Gunung Bromo dari dekat sambil mendengarkan gemuruh aktifitas gunung tersebut. Perjalanan dari area parkir menuju puncak Gunung Bromo memerlukan waktu sekitar 45 menit dengan berjalan kaki, dan tersedia tangga dengan pegangan besi untuk memudahkan pendakian.

Saat berkunjung ke sini, disarankan untuk menggunakan masker atau penutup mulut untuk melindungi diri dari bau belerang yang menyengat dan mengenakan jaket atau syal untuk mengatasi angin kencang. Jika Anda ingin menghemat energi, Anda dapat menyewa kuda dengan biaya sekitar Rp150.000 untuk perjalanan pulang pergi.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah surga bagi para pecinta petualangan dan keindahan alam. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan perjalanan Anda ke sini dan nikmati keindahan alam yang luar biasa di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak