Cerita Seram Rumah Pengabdi Setan di Pangalengan Bandung yang Jadi Objek Wisata Horor

Cerita-seram yang menyelimuti rumah di Pangalengan Bandung yang jadi lokasi syuting film Pengabdi Setan. Penyuka wisata horor wajib kunjungi.

Caca Kartiwa
Jum'at, 10 November 2023 | 19:00 WIB
Cerita seram yang menyelimuti rumah di Pangalengan, Bandung, yang dijadikan lokasi syuting film Pengabdi Setan 2017 (Instagram/ @michaell_mike)

Cerita seram yang menyelimuti rumah di Pangalengan, Bandung, yang dijadikan lokasi syuting film Pengabdi Setan 2017 (Instagram/ @michaell_mike)

Guideku.com - Rumah Tua Pangalengan di Kabupaten Bandung menjadi viral saat dijadikan lokasi syuting film horor Indonesia "Pengabdi Setan".

Rumah ini pun kemudian menjadi salah satu objek wisata horor di Bandung karena berbagai desas-desus cerita seram yang menyertainya.

Lokasi rumah tua ini terletak di area kantor perkebunan Kertamana, yang berada dalam wilayah PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 8, di desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Lesehan di Bandung yang Enak, Suasananya Menggoda

Rumah dalam film ini sebenarnya berasal dari sejarah yang unik.

Awalnya, rumah tersebut merupakan rumah dinas bagi pegawai perkebunan setingkat kepala bagian atau staf.

Warga sekitar sering kali melaporkan penampakan seorang wanita Belanda dan bahkan anak-anak kecil Belanda bermain di sekitar rumah ini.

Baca Juga: Ini Tempat Makan Prasmanan Bandung yang Enak dengan Harga Terjangkau

Asal usul rumah ini menyiratkan kisah seorang tuan tanah perkebunan Belanda dan keluarganya yang meninggal dunia, meninggalkan rumah ini di antara hutan pinus yang menjulang tinggi.

Bangunan yang kemudian populer dengan julukan Rumah Pengabdi Setan kini menjadi objek wisata horor yang menarik karena sejumlah cerita mencekam yang beredar.

Dikabarkan, para penjaga yang bertugas memeriksa rumah tersebut sering kali mengaku telah bertemu dengan penampakan seorang wanita Belanda dan bahkan anak-anak kecil Belanda.

Baca Juga: 5 Objek Wisata di Bandung yang Jadi Lokasi Syuting Film Blockbuster Indonesia

Beberapa dari mereka mendengar suara anak kecil bermain di dalam rumah ini, dengan suara yang terdengar seolah-olah berbicara dalam bahasa Belanda.

Bahkan, ada yang melaporkan penampakan pocong di antara pepohonan pinus saat melakukan inspeksi.

Salah satu warga pernah mengalami pengalaman menyeramkan saat melintasi depan rumah ini dengan sepeda motor pada malam hari.

Ia merasa ada yang menaiki sepeda motornya, bahkan merasa ada yang menahan dan bersandar pada tengkuk lehernya, serta merasa seperti sedang distandari oleh seorang anak kecil Belanda.

Ketika ia menoleh ke belakang, ia melihat penampakan wajah yang tak jelas, dan ketika menengok ke depan, ia melihat dua anak kecil berpenampilan seperti anak-anak Belanda.

Kejadian lainnya yang menciptakan suasana misterius adalah perubahan suhu di sekitar rumah ini.

Warga yang mencoba mencapai rumah ini melintasi hutan pinus merasakan suhu sangat dingin, tetapi ketika tiba di depan rumah, suhu tiba-tiba menjadi hangat, meskipun rumah tersebut seharusnya kosong tanpa penghuni, perubahan suhu ini tampaknya mustahil terjadi.

Ada pula pengakuan warga yang menyebutkan saat melintas di depan rumah, mereka melihat bayangan putih yang bergerak cepat melewati jendela dapur.

Disebutkan, di area dapur ada sebuah sumur tua yang terletak di samping rumah.

Konon, suatu waktu mereka mencium aroma bunga melati yang sangat tajam, menciptakan atmosfer yang sangat mistis.

Selain itu, terdapat juga kejadian misterius yang terekam oleh kamera, seperti penampakan pria berpakaian ala Belanda, suara-suara kaki di dalam rumah, seolah-olah rumah tersebut dihuni seperti rumah pada umumnya.

Yang paling mencolok adalah penangkapan bayangan makhluk aneh di antara hutan pinus, yang diduga sebagai pocong.

Rumah Pengabdi Setan di Pangalengan, yang telah menjadi objek wisata horor, menyimpan berbagai kisah mencekam yang menarik minat pengunjung yang mencari pengalaman seram.

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak