Daftar Tempat Wisata Cirebon yang Murah Meriah

Dikenal sebagai tanah Wali, Cirebon sekarang ini sudah menjadi tujuan destinasi wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung.

Hakim
Sabtu, 11 November 2023 | 08:13 WIB
Rekomendasi tempat wisata Cirebon yang murah meriah, bisa mendapat banyak pengetahuan selain menikmati keindahan alam. (Instagram/WisataCirebonraya).

Rekomendasi tempat wisata Cirebon yang murah meriah, bisa mendapat banyak pengetahuan selain menikmati keindahan alam. (Instagram/WisataCirebonraya).

Guideku.com - Dikenal sebagai tanah Wali, Cirebon sekarang ini sudah menjadi tujuan destinasi wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung.

Terlebih lagi, di Kabupaten Cirebon sekarang ini punya banyak pilihan destinasi wisata, mulai dari wisata kuliner, wisata industri kreatif, wisata budaya, wisata alam sampai wisata religi.

Selanjutnya, daerah yang berada di kawasan pantai utara Jawa Barat ini sejak dulu memang banyak cerita perjalanan yang cocok dikunjungi oleh pemburu wisata.

Baca Juga: Pesona Tersembunyi di Garut, Menjelajahi Hidden Gem Mata Air Cigede Cibuyutan

Tak hanya itu, banyak juga sejumlah tempat wisata Cirebon yang tergolong terjangkau, karena tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmati keindahan dan suasananya.

Berikut rekomendasi tempat wisata Cirebon yang murah bisa dikunjungi bersama keluarga.

1. Batu Lawang

Baca Juga: Konser Bring Me The Horizon di Jakarta Terhenti di Tengah, Penonton Sempat Ricuh

Destinasi wisata Batu Lawang ini menyuguhkan keindahan patahan batu setinggi 50 meter. Banyak spot foto yang tentu Instagramable, dan sangat cocok menjadi pilihan untuk tempat liburan.

Untuk bisa sampai ke lokasi, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup menantang karena lokasinya berada di atas bukti. Tepatnya, berada di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon.

Jika tertarik datang ke sini, kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp7.000 per orang untuk bisa menikmati udara sejuk di wisata Batu Lawang.

Baca Juga: Bukan Hanya Dodol, Ini Daftar Makanan Khas Garut yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh, Mulai yang Manis hingga Pedas Nampol

2. Wisata Cikuya

Ada hal yang unik jika kamu datang ke tempat wisata kura-kura belawa ini, karena kamu bisa melihat jenis kura-kura endemik yang hanya bisa ditemukan di Cirebon.

Lokasinya berada di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Uniknya, satwa yang sering disebut sebagai kura-kura Belawa ini karena tempurungnya menyerupai punggung manusia.

Baca Juga: 6 Objek Wisata Menarik di Brussel, Kota Tempat Fuji Kecopetan Saat Travel ke Belgia

Bukan tanpa alasan, karena terdapat legenda warga setempat di mana dulunya ada seorang pria bernama Jaka Saliwah, yang selalu dikucilkan karena memiliki warna kulit berbeda pada tubuhnya, yakni sebelah putih dan sebelah hitam.

Karena tidak tahan dengan tindakan perundungan yang dilakukan orang-orang disekitar. Akhirnya Jaka Saliwah mendatangi Syekh Datuk Putih untuk berguru ilmu agama dengan harapan bisa mendapat warna kulit seperti manusia normal.

Namun, nyatanya setelah lama berguru, warna kulit yang dia miliki pun tak kunjung berubah. Sampai akhirnya ia murka lalu merobek Alquran lalu membuangnya ke sebuah telaga kecil.

Tanpa diduga, robekan Alquran itu menghilang lalu muncul kura-kura, kemudian wajah Jaka Saliwah pun secara mendadak menjadi normal. Dari kisah legenda ini, akhirnya tempat ini dikenal dengan Cikuya berada di Desa Belawa.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Untuk harga tiket masuk Rp3.000 per orang (anak-anak), dan Rp50.000 per orang (Dewasa).

3. Banyu Panas Palimanan

Sumber air panas ini banyak dipercaya mampu mengobati penyakit kulit, dan melepas lelah usai menjalankan aktivitas seharian.

Berlokasi di sekitar pabrik semen tiga roda atau tepatnya, di Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, mungkin tempat ini cocok untuk menghabiskan waktu santai akhir pekan kamu.

Namun, perlu dicatat pemandian air panas ini memberlakukan jam operasional mulai pukul 06.00-18.00 WIB setiap harinya. Untuk harga tiket masuk Rp7.000 per orang.

4. Situ Sedong

Sebuah danau yang berada di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon ini menyajikan keindahan alam. Danau yang dibangun pada tahun 1918 saat zaman kolonial Belanda ini mampu memperdaya mata, dan dapat merubah suasana hati menjadi tenang.

Untuk bisa berkunjung ke tempat wisata ini, kamu tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup siapkan uang Rp5.000 untuk harga tiket masuk per orang agar bisa menikmati keindahan alam di Situ Sedong ini.

Nah, kalau sore hari Situ Sedong ini menyuguhkan pemandangan yang menawan saat masuk di waktu matahari mulai terbenam. Apalagi, bilamana kondisi cuaca cerah kami juga bisa menikmati landscape Gurung Cirebon yang terlihat jelas.

5. Pantai Kejawanan

Berlokasi di Kota Cirebon, kini Pantai Kejawanan sudah di pugar oleh pemerintah setempat dan lebih banyak dijadikan lokasi liburan akhir pekan saja.

Waktu yang tepat untuk menikmati suasana pantai, kamu direkomendasikan datang pada sore hari. Selain bisa menikmati pemandangan matahari terbenam, bisa juga melihat latar belakang Gunung Ciremai yang menjulang tinggi dari Pantai Kejawanan.

Untuk bisa ke lokasi wisata ini, kamu cukup menyiapkan uang sebesar Rp6.000. Di sini juga kamu bisa melakukan aktivitas memancing, menyewa kapal nelayan untuk sekadar berkeliling di sekitar pantai.

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak