5 Fakta Menarik Wisata Alas Kedaton Bali Monkey Forest: Cek Lokasi, Harga Tiket dan Fasilitas Lengkapnya di Sini

Alas Kedaton Bali merupakan salah satu wisata alam yang berada di Tabanan. Objek wisata ini terkenal dengan monyet ekor panjang yang dipercaya untuk menjaga kesucian pura Kedaton Bali, yuk simak 5 hal menarik lainnya.

Isma Ningsih
Minggu, 12 November 2023 | 10:00 WIB
Penari di Alas Kedaton Tabanan Bali / Instagram @
alas.kedaton

Penari di Alas Kedaton Tabanan Bali / Instagram @ alas.kedaton

Guideku.com - Apa saja sih hal menarik tentang wisata Alas Kedaton Bali atau yang biasa disebut dengan Monkey Sanctuary ini? 

Halo traveller, kali ini guideku.com akan mengulas tentang wisata alam Alas Kedaton, yang berada di Raya Alas Kedaton, Kukuh, Kec. Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. 

Jika bosan dengan wisata pantai di Bali, Alas Kedaton bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat tujuan travelling selanjutnya, untuk menjelajahi pulau Dewata. 

Baca Juga: Promotor Resmi Batalkan Konser Bring Me The Horizon Hari Kedua di Jakarta

Ada banyak hal menarik yang bisa anda temui di Alas Kedaton Tabanan. Tidak hanya terkenal dengan Monyet Ekor panjang saja, namun disini pengunjung bisa belajar tentang kebudayaan dan nilai-nilai sejarah dari Pura Kedaton yang ada di hutan seluas 7 hektar ini. 

5 Fakta Menarik Wisata Alas Kedaton Bali  

1. Sejarah Singkat Alas Kedaton 

Baca Juga: Lokasi Syuting Miniseri Gadis Kretek yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling atau Staycation

Disebut Alas Kedaton, lantaran di dalam hutan tersebut ada sebuah pura yang bernama pura Alas Kedaton. 

Dilansir dari berbagai sumber, Pura Alas Kedaton di bangun oleh Mpu Kuturan ketika pemerintahan seorang Raja bernama Raja Sri Masula Masuli. Berdasarkan prasasti Desa Sading, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung tertera Raja Sri Masula Masuli pernah memerintah di pulau Bali sampai tahun 1328 masehi.

2. Arsitektur Pura Alas Kedaton 

Baca Juga: Resep Daging Sapi Lada Hitam yang Terenak di Dunia, Wajib Banget Dicoba!

Ada yang menarik dari bangunan pura Alas Kedaton. Jika biasanya bangunan pura bagian dalamnya menjulang lebih tinggi, namun beda halnya dengan Pura Alas Kedaton, dimana bagian pintu depan pura lebih tinggi dibandingkan bangunan pura bagian dalam. 

3. Harga Tiket Masuk Wisata Alas Kedaton

Menilik dari instagram @alas.kedaton, tiket masuk untuk wisata ini cukup terjangkau. Untuk pengunjung dewasa tiket masuknya Rp. 20.000 dan anak-anak Rp. 15.000. 

Sedangkan untuk pengunjung mancanegara sebesar RP. 30.000 dan anak-anak Rp. 20.000

4. Jam Buka Alas Kedaton Tabanan Bali

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata alam satu ini, Alas Kedaton Tabanan buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB hingga 05.00 WIB. 

 

5. Daya Tarik Wisata Alas Kedaton

Wisata ini terkenal dengan monyet ekor panjang yang menghuni hutan Kedaton dengan jumlah lebih dari 2000 ekor. 

Kera-kera tersebut cenderung lebih tertarik dengan pengunjung yang membawa makanan. Terutama kacang-kacangan. 

Monyet atau kera yang ada di Alas Kedaton sudah jinak lho, jadi jangan khawatir. Meski begitu pengunjung juga harus tetap menjaga sikap.

Tidak hanya itu saja, walau bagaimanapun Kera-kera disana tetaplah termasuk hewan liar, maka dari itu pengunjung disarankan untuk menyembunyikan barang-barang bawaannya di dalam tas, supaya kera tidak dengan barang bawaan pengunjung. 

Jika ingin berinteraksi langsung, bawalah sedikit makanan seperti kacang, pisang atau makanan lainnya untuk diberikan pada Kera. 

Jangan khawatir dalam kawasan tersebut juga ada guide atau penjaga untuk menemani wisatawan dalam berinteraksi dengan monyet ekor panjang.

Waktu-waktu tertentu pengunjung bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni budaya bali. Tak jarang pula di Pura Alas Kedaton ini juga diselenggarakan upacara Adat. Biasanya wisatawan asing maupun lokal akan lebih tertarik jika ada event-event tertentu yang tengah digelar.

Tidak hanya kera, ternyata di Alas Kedaton juga ada beberapa hewan lain seperti ular dan kelelawar. Pengunjung juga bisa berfoto bersama dengan hewan-hewan tersebut dengan menggunakan aksesoris seni budaya Bali.(*)

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak