Ini Lho Wisata Bali Barat dengan Pesona Laut yang Menakjubkan, Mau Liburan ke Pulau Menjangan?

Pulau Menjangan adalah salah satu wisata Bali Barat yang cukup banyak diminati oleh wisatawan. Wisata satu ini menyuguhkan keindahan alam pantai bawah laut yang menkjubkan, lokasi dan tarif tiket untuk masuk Pulau Menjangan simak ulasan berikut ini.

Isma Ningsih
Selasa, 14 November 2023 | 08:00 WIB
Potret Pulau Menjangan Wisata Bali Barat

Potret Pulau Menjangan Wisata Bali Barat

Guideku.com - Apakah anda sedang mencari rekomendasi tempat wisata Bali Barat? Jika iya, liburan ke Pulau Menjangan bisa menjadi salah satu alternatif tempat untuk dituju. 

Jika biasanya pengunjung atau wisatawan Bali, dominan berlibur ke wilayah pantai Kuta, Sanur dan beberapa pantai di bagian wilayah Denpasar dan Badung, maka tak ada salahnya jika anda mencoba untuk berlibur ke wilayah Bali Barat. 

Tak kalah menarik dari pantai-pantai lainnya, Pulau Menjangan menawarkan sejuta pesona alam yang akan membuat para pengunjung takjub. 

Baca Juga: Ini Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits dan Kekinian

Tentang Pulau Menjangan 

Pulau Menjangan adalah salah satu pulau kecil yang terletak di bagian wilayah Bali Barat, tepatnya di Kabupaten Jembrana

Jika anda tahu tentang Taman Nasional Bali Barat, Pulau Menjangan termasuk bagian di dalamnya. Arti Menjangan sendiri adalah Rusa atau juga biasa disebut dengan Kijang. 

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bandung yang Instagramable, Cocok Buat Kamu yang Suka Berswafoto

Selain pantai, di pulau satu ini pengunjung akan menemukan berbagai jenis hewan yang penghuni Pulau Menjangan, diantaranya adalah Rusa, Monyet, Banteng, Luntung, Kalong dan berbagai jenis lainnya. Dilansir dari berbagai sumber, ada sekitar 160 hewan yang dilindungi di Taman Nasional Bali Barat. 

Seseorang tengah berpotret di pintu masuk Pulau Menjangan, Wisata Bali Barat / @donda_v
Seseorang tengah berpotret di pintu masuk Pulau Menjangan, Wisata Bali Barat / @donda_v

 

Lokasi dan Akses Menuju Pulau Menjangan 

Baca Juga: Deretan Tempat Wisata di Bandung Mirip Luar Negeri

Pulau Menjangan memang berada di wilayah Bali Barat, akan tetapi lokasinya terpisah dengan pulau Bali. Sehingga wisatawan diharuskan untuk menaiki perahu guna menuju ke pulau tersebut. 

Bagi anda yang ingin ke Pulau Menjangan, bisa melalui akses pelabuhan Lalang dan Pemuteran. Disana pengunjung akan banyak menemui jasa penyebrangan menuju Menjangan Island. 

Dibutuhkan waktu 30 menit untuk menyebrang dari Pelabuhan Lalang menuju Menjangan. 

Baca Juga: Nikita Willy Sebut Istanbul Kota Ramah Balita, Mana Saja Objek Wisata yang Bisa Dikunjungi Bersama Anak-anak?

Harga Sewa Perahu Bermotor dari Labuhan Lalang ke Pulau Menjangan 

Tentu untuk menuju wisata Pulau Menjangan, anda harus menyiapkan sejumlah uang sebagai bekal untuk biaya transportasi ataupun membeli berbagai keperluan selama berlibur. 

Untuk biaya sewa perahu bermotor kisaran Rp.550.000 per perahu. Di Labuhan Lalang juga banyak yang menawarkan jasa snorkeling. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut di Pulau Menjangan, bisa menggunakan jasa tersebut. 

Berapa Harga Tiket Masuk ke Pulau Menjangan?

Penting untuk diketahui berapa sih tarif untuk masuk ke wisata Bali Barat yang satu ini? Untuk tiket masuk WNI murah saja, hanya RP. 15.000 per orang. Sedangkan untuk WNA Rp. 200.000. 

Jika anda menyewa perahu biayanya Rp. 550.000 per perahu. Kemudian untuk pemandu wisata sekitar Rp. 250.000. Apabila ingin menjelajahi wisata bawah laut, bisa sewa alat snorkeling sebesar Rp. 40.000 dan pelampung Rp. 25.000.

Jadi itulah informasi tentang wisata Bali Barat alias Pulau Menjangan, salah satu wisata alam dan pantai yang paling banyak diminati oleh wisatawan. 

Intinya, anda bisa menuju ke Pulau Menjangan melalui Labuhan Lalangan yang terletak di Jalan Labuhan Lalang, Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng, Buleleng Bali.(*)

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak