Merapat! Ini 5 Destinasi Wisata Dekat UIN Bandung, Cocok Untuk Mahasiswa Refreshing

Artikel ini membahas tentang 5 destinasi wisata menarik di Bandung Timur yang lokasinya tidak jauh dari kampus UIN Bandung

Gita Yulia
Selasa, 14 November 2023 | 10:30 WIB
Ilustrasi Merapat! Ini 5 Destinasi Wisata Dekat UIN Bandung, Cocok Untuk Mahasiswa Refreshing (Instagram/@tepikotahealing)

Ilustrasi Merapat! Ini 5 Destinasi Wisata Dekat UIN Bandung, Cocok Untuk Mahasiswa Refreshing (Instagram/@tepikotahealing)

Guideku.com - Bandung Timur, bagian yang tak kalah menarik dari kota kreatif Bandung. Di dalamnya menyimpan keindahan alam dan destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Mahasiswa UIN Bandung yang sehari-hari bergelut dengantumpukan tugas kuliah dan kemacetan Cibiru, mungkin sesekali perlu refreshing untuk menghilangkan kepenatan.

Dari beragam tempat wisata yang tersedia di Kota Bandung, Berikut ini adalah tempat wisata terdekat dengan kampus UIN Bandung sehingga mudah dijangkau mahasiswa.

Baca Juga: 5 Tempat Camping Terpopuler di Garut, Cocok Banget untuk Liburan Keluarga dengan Budget Ramah

1. Masjid Raya Al-Jabbar

Masjid Raya Al-Jabbar merupakan masjid agung provinsi jawa barat yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah tetapi juga pusat wisata religi dan edukasi.

Masjid ini terapung di atas danau buatan dengan arsitektur ikonik, empat menara, ruang salat monumental, museum, tata cahaya, serta pusat edukasi dan rekreasi edukasi.

Baca Juga: Ide Makanan dan Minuman Berbahan Dasar Jahe Selain Jadi Permen Seperti di 'Gadis Kretek'

Sebagai destinasi wisata edukasi, mesjid ini dilengkapi dengan adanya museum Rasulullah SAW, sejarah Islam di Jawa Barat. taman tematik dan juga perpustakaan.

Tak jauh dari kampus UIN Bandung, khususnya kampus 2, mesjid ini berlokasi di Jl. Cimincrang No.14, Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung

2. Wisata Batu Kuda Manglayang

Baca Juga: Rekomendasi Villa di Bandung Cocok untuk Staycation Bersama Keluarga Tercinta

Wisata dekat UIN bandung selanjutnya yaitu wisata batu kuda, tempat ini populer di kalangan mahasiswa uin bandung dengan tiket masuk terjngkau, antara 10-15 ribuan saja.

Pasalnya, wisata batu kuda menawarkan pesona alam hutan pinus yang asri, sejuk dan menenangkan, sehingga cocok rehat dari tugas kuliah dan nuansa Cibiru yang penuh kemacetan.

Daya tarik wisata batu kuda dintaranya yitu bisa dipakai untuk camping, hking ke gunung manglayng, hammocking, piknik keluarga, acara outbond maupun sekedar hunting foto.

Baca Juga: Ini Lho Wisata Bali Barat dengan Pesona Laut yang Menakjubkan, Mau Liburan ke Pulau Menjangan?

Tempat wisata bandung timur ini berlokasi masih tak begitu jauh dari UIN Bandung, tepatnya di Lereng Gunung Manglayang, desa Cibiru Wetan, kecamatan Cileunyi, Kota Bandung.

3. Tepi Kota Healling

Taman Tepi Kota Healing menjadi destinasi wisata yang terbilang cukup baru di Bandung Timur, Lokasinya berada di Jl. Padang Golf, Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung Jawa Barat.

Dengan HTM 10 ribu saja, destinasi wisata ini menawarkan keindahan alam dan fasilitas yang menarik, mulai dari taman kelinci, area bermain anak, area berkuda, skuter dan juga wisata kuliner yang menggugah selera.

4. Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci

Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci merupakan berada pada ketinggian 800 mdpl, pengunjung dapat menikmati panorama Kota Bandung dan Gunung Manglayang yang sejuk dan menyegarkan.

Selain menyuguhkan pemandangan indah, Pasir kunci juga memperkenalkan budaya tradisional Sunda. Di antaranya adalah pertunjukan tradisional "Reak" yang ditampilkan oleh anak-anak setempat.

5. Curug Cilengkrang

Curug Cilengkrang adalah destinasi wisata yang tepat untuk menghabiskan waktu di air saat musim kemarau yang panjang dan gerah. Lokasinya di Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kota Bandung.

Dengan tiket masuk terjangkau yaitu sekitar 10 ribu, air curug ini dapat menyegarkan tubuh, pemandangannya menawarkan udara yang begitu sejuk, dan spot foto instagramable tentunya.

Itulah tempat-tempat wisata menarik di Bandung Timur yang cocok untuk refreshing, khususnya untuk masyarakat setempat dan mahasiswa UIN Bandung.

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak