Liburan di Bandung Enggak Bawa Kendaraan Pribadi? Trans Metro Pasundan Bisa Jadi Solusi

Kehadiran bus rapid transit (BRT) Trans Metro Pasundan di Bandung dapat menjadi solusi bagi wisatawan yang tak membawa kendaraan pribadi saat melancog ke Bandung.

Muh Fauzan
Selasa, 14 November 2023 | 10:38 WIB
Armada Bus Trans Metro Pasundan tengah terparkir menunggu jadwal keberangkatan di IKEA Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Armada Bus Trans Metro Pasundan tengah terparkir menunggu jadwal keberangkatan di IKEA Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Guideku.com - Bagi anda yang akan atau sedang berlibur maupun berkunjung ke Bandung, tentunya tak lengkap jika berkeliling mencari tempat wisata atau tempat kuliner. Banyak para wisatawan yang datang ke Bandung menggunakan kendaraan pribadi masing-masing untuk memudahkan kegiatan mereka.

Nah, bagi anda yang tidak membawa kendaraan pribadi saat berkunjung ke Bandung tak perlu khawatir. Bandung saat ini sudah mempunyai sistem bus rapid transit (BRT) yang menghubungkan kota dan kabupaten di wilayah Bandung Raya. BRT tersebut ialah Trans Metro Pasundan. Anda dapat memanfaatkan bus Trans Metro Pasundan saat melancong ke Bandung.

BRT Trans Metro Pasundan yang diluncurkan dan diresmikan Desember 2021 silam ini beroperasi melayani masyarakat di Bandung Raya-- menghubungkan Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan sebagian Kabupaten Sumedang.

Trans Metro Pasundan sendiri memiliki lima koridor. Kelima koridor tersebut meliputi Koridor 1D Leuwipanjang-- Soreang via Tol Soroja, Koridor 2D IKEA Kota Baru Parahyangan-- Alun-Alun Bandung, Koridor 3D Baleendah-- Bandung Electronic Center (BEC), Koridor 4D Leuwipanjang-- Dago (Unpad Dipatiukur), dan Koridor 5D Dipatiukur-- Jatinangor.

Trans Metro Pasundan merupakan sistem BRT di Cekungan Bandung yang pengoperasiannya di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Repubulik Indonesia.

Hingga saat ini, sebanyak dua perusahaan menjadi operator bus Trans Metro Pasundan (TMP), yaitu Damri pada Koridor 1D, Koridor 4D, dan Koridor 5D serta Big Bird pada Koridor 2D dan Koridor 3D.

Adapun Trans Metro Bandung (TMP) atau Teman Bus Bandung ini dapat dipantau pergerakan dan posisinya melalui aplikasi Teman Bus yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store pada ponsel atau gawai. Trans Metro Pasundan sendiri beroperasi setiap hari mulai pukul 4.30-- 22.00 WIB.

Tarif yang harus dibayarkan penumpang Trans Metro Pasundan, yaitu sebesar Rp4.900 untuk semua koridor. Pembayaran tiket TMP dilakukan secara non-tunai, yaitu dengan kartu uang elektronik atau e-money (Mandiri, Tapcash BNI, Brizzi BRI, dan Flazz BCA) yang berlaku satu e-money hanya untuk satu penumpang

Anda juga dapat melakukan pembayaran non-tunai dengan scan QRIS melalui aplikasi mobile banking dan e-wallet (DANA, OVO, Gopay, Shopee Pay, dan lainnya). Khusus penumpang yang melakukan pembayaran dengan e-money berlaku tarif integrasi.

Jadi penumpang hanya membayar satu kali ketika berpindah bus pada koridor yang saling bersinggungan, dengan syarat masih dalam waktu 90 menit sejak melakukan tap atau pembayaran pertama di bus koridor sebelumnya.

Trans Metro Pasundan juga melewati berbagai mal maupun pusat perbelanjaan di Bandung Raya di antaranya Bandung Indah Plaza (BIP), Bandung Electronic Center (BEC), Istana Building Computer Center (IBCC), Paskal 23 Shopping Center, dan Indonesia Trade Center (ITC Kebon Kelapa),

Selain itu, TMP juga melewati Pasar Baru Trade Center dan Pasar Baru Heritage, Piset Square, King's Shopping Center, Istana Plaza (IP), Festival Citylink, Transmart Bojongsoang, Grand Yogya Kepatihan, Jatinangor Town Square (JaTos), Cimahi Mall, dan Transmart Cimahi.

Nah, jadi tak perlu risau lagi jika anda sedang melancong ke Bandung dan tak membawa kendaraan pribadi. Trans Metro Pasundan ini bisa menjadi alternatif bagi anda jika ingin beraktivitas seperti berlibur dan berbelanja (shopping) di Bandung. Semoga dapat membantu anda!

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak