Belajar Sambil Liburan? Intip 5 Situs atau Cagar Budaya Sumedang yang Masih Terjaga Baik Hingga Kini!

Mau belajar sejarah sambil jalan-jalan? Boleh saja. Sumedang tak hanya terkenal dengan daerah penghasil kuliner olahan tahunya. Tapi lebih daripada itu, ada situs atau cagar budaya yang bisa kamu gali di tanah pasundan ini.

Rivaldi
Rabu, 15 November 2023 | 13:25 WIB
Banyak wisata bersejarah yang tersebar di beberapa wilayah Sumedang, Jawa Barat.

Banyak wisata bersejarah yang tersebar di beberapa wilayah Sumedang, Jawa Barat.

Guideku.com - Berkunjung ke daerah Kabupaten Sumedang pasti anda akan merasakan betapa kentalnya budaya di tataran sunda pada daerah ini. Sumedang memang dikenal orang-orang sebagai daerah berbudaya. Tradisi-tradisi leluhur mereka masih ada yang dilakukan hingga saat ini.

Sumedang tak hanya terkenal dengan makananya, Tahu sumedang dan julukan sebagai Kota pendidikan karena terdapat banyak Universitas baik yang negeri maupun yang swasta seperti Universitas Padjadjaran, IKOPIN, ITB Jatinangor, UPI Sumedang, IPDN dan masih banyak lagi lainnya.

Sumedang juga memiliki situs atau cagar budaya yang masih terpelihara dengan baik hingga saat ini lho. Cocok banget buat kamu yang suka sejarah, sambil berliburan sambil belajar.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Dekat Unpad Jatinangor, Cocok Untuk Meeting dan Kumpul Bersama!

1.      Gunung Kunci

Meskipun dikenal dengan nama Gunung Kunci, namun kawasan wisata ini sebenarnya merupakan sebuah bukit kecil yang letaknya tak jauh dari Alun-alun Kota Sumedang. Tepatnya berada di sekitar 250 meter sebelah barat alun-alun. Objek wisata bersejarah ini merupakan benteng pertahanan yang dibangun oleh Belanda. Dimana di dalam benteng terdapat beberapa ruangan yang memiliki fungsinya masing-masing. Kamu bisa menyaksikan peninggalan sejarah ini untuk melengkapi perjalanan wisatamu di Kota Sumedang. Terletak di Gunung Panjunan, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45311.

2.      Makam Cut Nyak Dhien

Pasti kalian semua sudah tidak asing dengan pahlawan wanita gagah berani yang berasal dari tanah aceh. Beliau diasingkan oleh Belanda ke daerah Sumedang hingga akhir hayatnya. Taman makam pahlawan ini cukup sering dikunjungi oleh pelayat dari berbagai daerah baik dari daerah Sumedang juga maupun dari luar Sumedang. Terletak di Sukajaya, Kec. Sumedang Sel., Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45311.

3.      Museum Prabu Geusan Ulun

Buat kamu yang suka sejarah kolonialisme wajib berkunjung ke museum ini karena terdapat banyak sekali benda-benda peninggalan sejarah zaman penjajahan. Selain itu juga terdapat pelestarian mengenai alat-alat musik tradisional. Terletak di Jl. Prabu Geusan Ulun No.408, Regol Wetan, Kec. Sumedang Sel., Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45311.

4.      Mata Air Sirah Cipelang

Bagi kamu yang ingin healing dan menenangkan jiwa yang panas dengan yang sejuk-sejuk wajib berkunjung di Mata Air Sirah Cipelang. Suasana alamnya yang masih sangat alami dengan hawa sejuk yang bikin fresh pikiran bisa menjadi penawar penat setelah sibuk dengan rutinitas sehari-hari. Apalagi lingkungan di sekitar mata air masih sangat asri sehingga menyejukkan pandangan. Sangat cocok bagi kamu yang berburu foto instagramable. Lokasi: Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

5.      Jembatan Cincin cikuda

Bagi mahasiswa di Jatinangor pasti sudah tidak asing dengan tempat bernama Jembatan cincin. Dulunya jembatan ini merupakan jalur kereta api yang menghubungkan Rancaekek-Tanjungsari-Sumedang yang bertujuan untuk menjangkau perkebunan di daerah Jatinangor, serta mendukung pertahanan militer di wilayah Sumedang. Jembatan ini berada di daerah Cikuda, Jatinangor, Sumedang. Saat ini jembatan cincin menjadi sebuah jalur transportasi alternatif yang menghubungkan desa Cikuda dengan Cisaladah. 

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak