Keuntungan dan Pertimbangan Memilih Penerbangan Pagi, Traveler Pemula Wajib Tahu

Mengetahui alasan mengapa melakukan penerbangan dengan pesawat pada pagi hari lebih menguntungkan.

Caca Kartiwa
Rabu, 22 November 2023 | 09:15 WIB
ILUSTRASI. Pesawat terbang belatar langit jingga (Unsplash/Clay Banks)

ILUSTRASI. Pesawat terbang belatar langit jingga (Unsplash/Clay Banks)

Guideku.com - Bagi seorang traveler, melakukan perjalanan wisata antar wilayah menggunakan pesawat bukanlah hal asing.

Namun, jika Anda seorang traveler baru, jika hendak melakukan penerbangan dengan pesawat disarankan pada pagi hari. Kenapa?

Penerbangan pagi umumnya lebih disukai dibandingkan opsi siang atau malam karena biasanya lebih sedikit masalah di awal hari.

Baca Juga: Mau Tahun Baruan di Sumedang? Intip 3 Hotel Ini yang Bisa Kamu Jadikan Alternatif Untuk Penginapan!

Ada beberapa alasan mengapa penerbangan pagi cenderung kurang mengalami keterlambatan dan pembatalan.

Pertama-tama, biasanya tidak ada tumpukan keterlambatan sebelum penerbangan pagi.

Selain itu, pertimbangan cuaca di pagi hari juga berpengaruh.

Baca Juga: Viral di TikTok: Toilet SPBU Estetik di Sukabumi Mirip Hotel, Bikin Melongo!

"Dari segi cuaca, tidak ada begitu banyak ketidakstabilan karena suhu lebih dingin. Oleh karena itu, jika ada hujan, itu tidak akan parah," kata mantan pilot Dr. Dan Bubb, seorang profesor di University of Nevada, Las Vegas, seperti dilansir laman Travel + Leisure.

Selain itu, jika Anda memilih penerbangan pagi, itu memberi Anda sepanjang hari untuk opsi cadangan jika sesuatu tidak berjalan lancar.

Hal lain, tarif pesawat cenderung lebih murah pada jam-jam yang kurang populer.

Baca Juga: Fans Coldplay yang Gagal Nonton Konser Dapat Tiket Gratis untuk Tur 2024

Menurut agen perjalanan online Trip.com, keberangkatan penerbangan sebelum pukul 9 pagi lebih murah dibandingkan perjalanan sore atau malam.

Sementara menurut Expedia’s 2023 Air Travel Hacks Report, penerbangan yang berangkat di pagi hari kurang cenderung mengalami keterlambatan dibandingkan dengan yang lepas landas pada sore dan malam hari.

Berdasarkan data status penerbangan, penerbangan setelah pukul 15.00 memiliki peluang dibatalkan 50 persen lebih tinggi, rata-rata, dibandingkan dengan yang berangkat lebih awal dalam sehari.

Seperti yang dijelaskan oleh Forbes, ruang udara cenderung lebih lengang di pagi hari, karena semua penerbangan dari hari sebelumnya telah lama mendarat.

Tetapi seiring dengan penumpukan pesawat dan menunggu lepas landas, pengendali lalu lintas udara mulai menunda keberangkatan dan pendaratan.

Memesan penerbangan di pagi hari juga meningkatkan peluang Anda untuk dijadwalkan ulang ke penerbangan lain yang berangkat pada hari itu jika penerbangan asli Anda dibatalkan.

Selain dari keterlambatan dan pembatalan, penerbangan di pagi hari memiliki keuntungan tambahan yaitu kurang rentan terhadap turbulensi.

Menurut National Severe Storms Laboratory, sebagian besar badai petir cenderung terjadi pada sore hari.

Dengan begitu, memilih penerbangan pagi bukan hanya menghindari masalah, tetapi juga memberikan pengalaman perjalanan yang lebih mulus dan mungkin lebih hemat biaya.

Berita Terkait TERKINI
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Garut ini menawarkan berbagai atraksi alam, kuliner lezat, dan kegiatan seru untuk pengunjung yang ingin menghabiskan wa...
travel | 19:34 WIB
Jika kamu belum menentukan destinasi wisata untuk libur Tahun Baru, bisa mencoba mengunjungi tempat wisata yang berada d...
travel | 19:20 WIB
Terdapat sejumlah destinasi wisata di Bekasi yang dapat menjadi pilihan untuk anak-anak selama liburan....
travel | 08:49 WIB
Dirangkum oleh Guideku, berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung yang menarik dikunjungi saat libur Natal dan Tahun ...
travel | 10:00 WIB
Jelang momen libur Natal dan Tahun Baru, berwisata akan menjadi pilihan banyak orang untuk menghabiskan waktu berlibur....
travel | 09:32 WIB
Tampilkan lebih banyak