Libur Akhir Tahun Kunjungi Padang Savana Bromo? Catat Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berwisata ke padang savana agar tidak terjadi hal buruk seperti kebakaran akibat sesi foto prewedding beberapa waktu lalu.

Caca Kartiwa
Kamis, 23 November 2023 | 08:30 WIB
Lereng Gunung Bromo (Instagram/@paawijaya)

Lereng Gunung Bromo (Instagram/@paawijaya)

Guideku.com - Padang savana di Gunung Bromo kini menampilkan pemandangan yang semakin hijau setelah mengalami kebakaran akibat sesi foto prewedding menggunakan flare pada September 2023 lalu.

Meskipun sempat terbakar, kawasan ini perlahan memperlihatkan keindahannya dengan ditumbuhi oleh vegetasi hijau yang menyegarkan.

Kabar ini ramai dibicarakan di media sosial oleh para pelancong yang mulai mengunjungi Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Makan Terdekat dari Alun-alun Bandung

Namun, banyak komentar dari warganet yang menganggap bahwa kebakaran savana membawa manfaat, sehingga memicu respons dari pihak TNBTS yang menegaskan bahwa kebakaran hutan bukanlah hal yang seharusnya disyukuri.

“Jadi agak sedih baca kolom komentarnya nih. Semoga karhutla, di kawasan TN BTS tidak dijadikan hal yang harus disyukuri gitu ya. Karhutla walau beberapa kali terjadi tetapi tetap harus dikendalikan dan ditangani dengan maksimal,” tulis akun Instagram resmi @bbtnbromotenggersemeru.

Mereka menambahkan bahwa savana merupakan rumah bagi berbagai flora dan fauna yang dilindungi, dan perlu dijaga kelestariannya.

Baca Juga: Viral! Seorang Wanita Diduga Kesurupan dalam Pesawat Sampai Panjat Kursi

Ancaman kebakaran savana dapat mengancam keberlanjutan flora dan fauna tersebut, sehingga tidak hanya perlu dilihat dari aspek kehijauan saja, melainkan juga bagaimana biodiversitas keseluruhan terpengaruh setelah kebakaran.

Melansir berbagai sumber, saat berkunjung ke padang savana, ada beberapa kegiatan yang tidak diperbolehkan karena alasan lingkungan dan konservasi.

1. Flare dan berburu
Penggunaan flare atau kembang api dan berburu dilarang di banyak area yang dilindungi, karena dapat mengganggu satwa liar dan merusak ekosistem yang sensitif.

Baca Juga: Apakah Penumpang Boleh Tidur di Lantai Pesawat Selama Penerbangan Seperti yang Viral di Medsos?

2. Minuman beralkohol
Minuman beralkohol tidak diizinkan di beberapa area, karena dapat menyebabkan sampah dan masalah lingkungan lainnya.

3. Hewan peliharaan
Hewan peliharaan hanya diizinkan di area yang ditentukan, harus diikat dengan tali tidak lebih dari 6 kaki atau 1,8 meter, dan harus bersikap baik sepanjang waktu.

4. Berkemah tanpa izin
Berkemah dan penyimpanan makanan tunduk pada sistem izin dan kondisi tertentu, dan berkemah di beberapa area mungkin dilarang.

5. Mengganggu satwa liar
Beberapa area ditutup untuk melihat satwa liar dengan menggunakan cahaya buatan, karena dapat mengganggu dan membuat stres hewan.

6. Kendaraan tanpa izin
Mengemudikan atau memarkirkan kendaraan di beberapa area mungkin dilarang, karena dapat merusak ekosistem yang sensitif dan mengganggu satwa liar.

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak