Tempat Wisata dan Nongkrong dekat dari Stasiun Bogor, Pas Buat Liburan Akhir Tahun dan Hemat Ongkos!

Liburan ke kota Bogor memang menjadi destinasi bagi para sebagian orang yang berasal dari luar Bogor. Terkadang kebanyakan menggunakan KRL untuk menuju kota Bogor dinilai efisien dan murah. Selain itu didekat Stasiun KRL terdapat tempat wisata lho!

Rivaldi
Kamis, 23 November 2023 | 16:10 WIB
Alun - Alun kota Bogor. Sumber Tribun Bogor - Tribunnews.com

Alun - Alun kota Bogor. Sumber Tribun Bogor - Tribunnews.com

Guideku.com - Kota Bogor merupakan salah satu kawasan yang berada di daerah Bogor dan menjadi pusat kegiatan dari orang-orang yang berasal dari kabupaten. Banyak aktivitas atau kegiatan perdagangan terjadi disini, tak heran jika kita bisa menemukan berbagai macam jajanan kaki lima dimana-mana. 

Apalagi akses menuju Kota Bogor terbilang cukup mudah dijangkau dan murah dengan moda transportasi KRL atau Comuter line yang bisa terhubung sampai ke daerah Ibu kota Jakarta. Justru dengan akses yang mudah ini banyak orang dari luar Bogor atau berada di kabupaten ujung Bogor bisa ke kota Bogor dengan mudah. Selain itu, terdapat banyak tempat liburan atau wisata yang letaknya cukup dekat dengan stasiun KRL. 

Penasaran tempat apa sajakah itu? Mari simak bacaan ini! 

Baca Juga: Butuh Ngonser? Ini Dia 5 Festival Musik yang Akan Datang di Kota Bandung, Catat Tanggalnya Ada yang Gratis!

1. Alun-alun Bogor 

Jaraknya hanya beberapa langkah saja setelah keluar dari stasiun KRL bogor. Tempat ini sangat pas untuk kamu yang mau menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, pacar dan teman karena tempat ini sangat pas untuk berekreasi dan banyak alat permainan untuk si kecil bermain yang pastinya terjamin keamanannya. Namun pada sore hari hingga ke malam hari dan hari-hari libur atau weekend adalah waktu dimana alun-alun bogor ramai pengunjung dan penuh satu alun-alun. Tetapi di samping kiri dan kanan alun-alun bogor terdapat penjual jajanan kaki lima yang terdiri banyak pilihan. 

2. Kebun Raya Bogor 

Baca Juga: Mau Tahun Baruan di Sumedang? Intip 3 Hotel Ini yang Bisa Kamu Jadikan Alternatif Untuk Penginapan!

Destinasi wisata kedua yang dekat dengan stasiun Bogor adalah Kebun Raya Bogor. Siapa sih yang tidak tau dengan tempat yang satu ini? Kebun Raya Bogor terkenal akan keanekaragaman hayati. Berbagai spesies tumbuhan yang langka bisa kamu jumpai disini. Yang paling tak kalah serunya adalah ketika melihat kawanan rusa berkumpul disekitar Istana Presiden yang jaraknya dekat bahkan bersebelahan dengan kebun raya Bogor. 

Tempat ini wajib didatangi buat Moms yang suka piknik di tengah kota. Jarak dari Stasiun Bogor ke Kebun Raya Bogor ini sangat dekat sekali karena hanya 3,3 km sehingga bisa dijangkau dalam hitungan menit bila menggunakan transportasi umum dan bisa juga ditempuh sambil berjalan kaki. Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani yang di dalamnya terdapat ribuan jenis tumbuhan dan pohon hijau sehingga nuansanya sangat asri. 

Kebun raya Bogor berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122 dengan sistem operasi yang buka pada hari senin-minggu dari jam 08.00 - 16.00 WIB. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Alam Kawasan Sumedang yang Cocok Didatangi Pas Liburan Akhir Tahun Dan Natal!

3. Museum Zoologi 

Terletak disamping atau sebelah gerbang kebun raya bogor terdapat destinasi wisata baru nih yakni museum zoologi! Cocok buat kamu yang kurang puas bermain dan bersantai di kebun raya Bogor bisa langsung berkunjung ke Museum Zoologi. 

Museum Zoologi menawarkan koleksi yang kaya dan beragam tentang keanekaragaman hayati, terutama hewan-hewan. Kamu dapat mengeksplorasi berbagai pameran yang mencakup spesies hewan dari berbagai belahan dunia, termasuk mamalia, burung, reptil, dan serangga. Museum ini juga dilengkapi dengan informasi pendidikan yang menarik tentang habitat, perilaku, dan adaptasi hewan.

4. Taman Sempur 

Taman Sempur terletak dekat Lapangan Basket, RT.01/RW.01, Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 18529. Tempat ini sering dipakai untuk track lari, berolahraga, senam dan masih banyak aktifitas lainnya. Selain taman sempur di seberangnya terdapat taman kencana yang pas dijadikan sebagai tempat untuk mengobrol dan menghabiskan waktu dengan teman, pasangan, maupun keluarga. Selain itu, Terdapat huruf dari kata "Sempur" yang sering dipakai sebagai latar belakang foto orang-orang. 

Taman sempur buka dari pagi hari sekitar jam 06.00 - 21.00 WIB pada jam normal dan kemungkinan bisa mengalami perubahan jika ada jam malam. Akses menuju Taman Sempur terbilang cukup dekat dari Stasiun Bogor yakni bisa ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri jalanan di sepanjang istana presiden maupun menaiki transportasi umum atau kendaraan online. 

5. Taman Meksiko 

Berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata No.13, RT.04/RW.02, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16136 dan jam operasional sekitar Senin–Minggu (08.00–17.00 WIB). 

Taman Meksiko sebenarnya adalah salah satu bagian dari Kebun Raya Bogor. Namun, karena kepopulerannya, tempat wisata ini kerap kali didatangi terpisah oleh para wisatawan. Taman Meksiko merupakan taman yang di dalamnya terdapat koleksi puluhan jenis kaktus. Berhubung ditata dengan apik, maka tampilannya menjadi sangat instagrammable sehingga banyak dijadikan sebagai spot berfoto.

Jadi, untuk berkunjung ke Taman Meksiko anda harus melewati beberapa area yang ada di dalam Kebun Raya Bogor dan memang memiliki karakteristik yang berbeda dengan tempat-tempat lain di kebun raya bogor. Dikarenakan desain interior dan tumbuhan kaktus yang membuatnya terlihat berbeda dengan tempat-tempat yang ada di kebun raya bogor. 

Nah, itu dia beberapa tempat wisata atau tempat nongkrong yang jaraknya lumayan dekat dengan stasiun Bogor. Wah ternyata banyak dan lumayan beragam ya mulai dari destinasi wisata alam hingga tempat rekreasi juga ada. Dalam jangka waktu dekat, kamu mau milih pergi kemana nih? Jika berkunjung ke Bogor. 

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak