6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Turis Selama Berkunjung ke Korea Selatan

Hal-hal yang tidak bole dilakukan turis selama mengunjungi Korea Selatan terkait etika dan sopan santun.

Caca Kartiwa
Jum'at, 24 November 2023 | 17:30 WIB
ILUSTRASI. Potret suasana di Korea Selatan (Unsplash/ shawnanggg)

ILUSTRASI. Potret suasana di Korea Selatan (Unsplash/ shawnanggg)

Guideku.com - Saat Anda merencanakan kunjungan ke Korea Selatan, untuk liburan akhir tahun misalnya, penting untuk menyadari perbedaan budaya dan etika yang mungkin berbeda dengan negara asal.

Sebelum Anda terlalu bersemangat menjelajahi semua yang Korea Selatan tawarkan, luangkan waktu sejenak untuk memahami beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan selama perjalanan Anda.

1. Bicara dengan suara kencang di tempat umum
Meskipun hal ini mungkin terdengar biasa, penting untuk diingat bahwa berbicara dengan suara keras di tempat umum dianggap tidak sopan di Korea Selatan.

Baca Juga: Bukan Bandung, Ini Kota yang Jadi Pabrik Pertama Coklat Silverqueen

Pertimbangkan untuk menjaga volume suara Anda dan berbicara dengan 'suara dalam ruangan', terutama jika Anda belum mencapai usia di mana berbicara keras diterima.

2. Menunjukan tulang selangka
Tunjukkan rasa hormat terhadap budaya lokal dengan memperhatikan penampilan pribadi Anda. Hindari menunjukkan tulang selangka dengan pakaian yang terlalu terbuka seperti tank top atau open shoulder dress, terutama di lingkungan yang lebih konservatif.

Meskipun sebagian besar orang Korea tidak mempermasalahkan pakaian pendek atau rok mini, ada sedikit kehati-hatian terhadap standar ganda.

Baca Juga: Jelang Libur Tahun Baru 2024, Ini Rekomendasi Tempat Staycation di Bandung

3. Minum mendahului yang lebih tua
Budaya minum di Korea Selatan mencakup etiket yang berkaitan dengan usia. Orang termuda di meja sering menuangkan minuman untuk semua orang, sementara saat minum, memalingkan wajah sedikit dianggap sopan.

Pahami bahwa usia sering menjadi faktor penentu dalam dinamika kelompok minum di Korea Selatan.

4. Menerima sesuatu dengan satu tangan
Penting untuk diingat bahwa menerima sesuatu hanya dengan satu tangan dianggap tidak sopan di Korea Selatan.

Baca Juga: Viral Video Oknum Petugas Bagasi Bandara Banting Koper Penumpang Pesawat

Gunakan kedua tangan Anda seolah-olah Anda menerima penghargaan, dan pastikan untuk membiasakan diri menerima sesuatu secara dominan dengan tangan kanan.

5. Menatap orang lain
Hindari menatap orang lain di Korea Selatan, meskipun mereka mungkin terlihat seperti idola K-Pop favorit Anda. Menatap dianggap tidak sopan dan dapat membuat orang merasa tidak nyaman. Namun, perlu diingat bahwa aturan ini mungkin tidak berlaku sebaliknya.

6. Meletakkan kaki di atas furnitur
Penyandaran kaki di atas furnitur dianggap tidak sopan karena bagian bawah kaki dianggap "kotor" di budaya Korea Selatan. Jadi, hindari godaan untuk meletakkan kaki Anda yang lelah di kursi di seberang Anda.

Dengan memahami dan menghormati etiket lokal ini, Anda dapat membuat kunjungan Anda ke Korea Selatan menjadi lebih menyenangkan dan menghindari kejutan yang tidak diinginkan. Selamat menjelajah!

Berita Terkait TERKINI
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Garut ini menawarkan berbagai atraksi alam, kuliner lezat, dan kegiatan seru untuk pengunjung yang ingin menghabiskan wa...
travel | 19:34 WIB
Jika kamu belum menentukan destinasi wisata untuk libur Tahun Baru, bisa mencoba mengunjungi tempat wisata yang berada d...
travel | 19:20 WIB
Terdapat sejumlah destinasi wisata di Bekasi yang dapat menjadi pilihan untuk anak-anak selama liburan....
travel | 08:49 WIB
Dirangkum oleh Guideku, berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung yang menarik dikunjungi saat libur Natal dan Tahun ...
travel | 10:00 WIB
Jelang momen libur Natal dan Tahun Baru, berwisata akan menjadi pilihan banyak orang untuk menghabiskan waktu berlibur....
travel | 09:32 WIB
Tampilkan lebih banyak