Alasan Gunung Bawah Laut Selatan Jawa Dinamai 'Jogo Jagad'

Gunung bawah laut di Selatan Jawa resmi dinamai 'Jogo Jagad' apa alasan dibalik penamaan tersebut?

Caca Kartiwa
Sabtu, 25 November 2023 | 14:30 WIB
Ilustrasi gunung bawah laut Jogo Jagad (Instagram/ @ppklp.big)

Ilustrasi gunung bawah laut Jogo Jagad (Instagram/ @ppklp.big)

Guideku.com - Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai Badan Informasi Geospasial (PPKLP BIG) telah mengumumkan nama resmi untuk gunung bawah laut yang ditemukan pada tahun 2022 lalu, dan kini disebut sebagai 'Jogo Jagad'. Kabar ini tersebar melalui unggahan Instagram resmi BIG.

'Jogo Jagad' disahkan menjadi nama gunung bawah laut di Selatan Jawa," tulis keterangan BIG dalam unggahannya, dikutip Sabtu (25/11/2023).

Menurut keterangan BIG, penamaan 'Jogo Jagad' telah disahkan dalam sidang ke-36 Sub Committee on Undersea Features Names (SCUFN) di Wollongong, Australia, yang berlangsung pada 6-10 November 2023.

Baca Juga: Bandara Indonesia Masuk 10 Besar Bandara Family Friendly, Kalahkan Singapura dan Jepang

Lokasi gunung bawah laut ini terletak sekitar 260 km di selatan Kabupaten Pacitan, berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dengan tinggi mencapai 2.300 meter dari dasar laut dan kedalaman mencapai 6.000 meter, gunung ini memiliki garis tengah sekitar 10 km.

Puncaknya, jika dilihat dari permukaan air, mencapai tinggi 3-4 km. Koordinat geografis gunung ini terletak pada 111.039 BT dan 10.661 LS.

Baca Juga: Harga Promo Kereta Cepat Whoosh Naik Jadi Rp200 Ribu, Tak Berlaku untuk Waktu Ini

Penamaan 'Jogo Jagad' pada gunung bawah laut ini merupakan hasil pengusulan dari Pemerintah Kabupaten Pacitan setelah menerima temuan dari BIG.

Proses tersebut telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi.

Proses penamaan rupabumi di Indonesia diatur oleh National Names Authority (NNA) atau Badan Informasi Geospasial (BIG), dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi sesuai dengan Pedoman Penamaan Rupabumi (PP PNR) dan resolusi UNGEN.

Baca Juga: Orchid Forest Cikole: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional, Opsi Isi Liburan Akhir Tahun

Beberapa syarat tersebut mencakup penggunaan bahasa Indonesia, abjad romawi, penghormatan terhadap keberagaman, pembatasan jumlah kata maksimal, dan menghindari penggunaan nama orang yang masih hidup.

Nama 'Jogo Jagad' diusulkan dengan bentuk harapan memberi kebaikan bagi warga sekitar. Hal itu disampaikan oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji.

"Usulan nama itu kami sampaikan saat diundang pertemuan via Zoom. Kemudian diminta menyampaikan usulan nama," kata Indrata, Senin (20/1) dikutip dari Antara 25 November.

Dengan penamaan resmi ini, 'Jogo Jagad' menjadi bagian dari warisan geografis Indonesia yang diberi nama dengan mempertimbangkan nilai budaya, sejarah, dan aspek toponimi.

 

Berita Terkait TERKINI
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Garut ini menawarkan berbagai atraksi alam, kuliner lezat, dan kegiatan seru untuk pengunjung yang ingin menghabiskan wa...
travel | 19:34 WIB
Jika kamu belum menentukan destinasi wisata untuk libur Tahun Baru, bisa mencoba mengunjungi tempat wisata yang berada d...
travel | 19:20 WIB
Terdapat sejumlah destinasi wisata di Bekasi yang dapat menjadi pilihan untuk anak-anak selama liburan....
travel | 08:49 WIB
Dirangkum oleh Guideku, berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung yang menarik dikunjungi saat libur Natal dan Tahun ...
travel | 10:00 WIB
Jelang momen libur Natal dan Tahun Baru, berwisata akan menjadi pilihan banyak orang untuk menghabiskan waktu berlibur....
travel | 09:32 WIB
Jika kamu ingin pergi ke tempat wisata untuk menghabiskan libur akhir tahun di Bandung, maka perlu mengetahui berbagai d...
travel | 21:23 WIB
Tampilkan lebih banyak