Alasan Gunung Bawah Laut Selatan Jawa Dinamai 'Jogo Jagad'

Gunung bawah laut di Selatan Jawa resmi dinamai 'Jogo Jagad' apa alasan dibalik penamaan tersebut?

Caca Kartiwa
Sabtu, 25 November 2023 | 14:30 WIB
Ilustrasi gunung bawah laut Jogo Jagad (Instagram/ @ppklp.big)

Ilustrasi gunung bawah laut Jogo Jagad (Instagram/ @ppklp.big)

Guideku.com - Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai Badan Informasi Geospasial (PPKLP BIG) telah mengumumkan nama resmi untuk gunung bawah laut yang ditemukan pada tahun 2022 lalu, dan kini disebut sebagai 'Jogo Jagad'. Kabar ini tersebar melalui unggahan Instagram resmi BIG.

'Jogo Jagad' disahkan menjadi nama gunung bawah laut di Selatan Jawa," tulis keterangan BIG dalam unggahannya, dikutip Sabtu (25/11/2023).

Menurut keterangan BIG, penamaan 'Jogo Jagad' telah disahkan dalam sidang ke-36 Sub Committee on Undersea Features Names (SCUFN) di Wollongong, Australia, yang berlangsung pada 6-10 November 2023.

Baca Juga: Bandara Indonesia Masuk 10 Besar Bandara Family Friendly, Kalahkan Singapura dan Jepang

Lokasi gunung bawah laut ini terletak sekitar 260 km di selatan Kabupaten Pacitan, berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dengan tinggi mencapai 2.300 meter dari dasar laut dan kedalaman mencapai 6.000 meter, gunung ini memiliki garis tengah sekitar 10 km.

Puncaknya, jika dilihat dari permukaan air, mencapai tinggi 3-4 km. Koordinat geografis gunung ini terletak pada 111.039 BT dan 10.661 LS.

Baca Juga: Harga Promo Kereta Cepat Whoosh Naik Jadi Rp200 Ribu, Tak Berlaku untuk Waktu Ini

Penamaan 'Jogo Jagad' pada gunung bawah laut ini merupakan hasil pengusulan dari Pemerintah Kabupaten Pacitan setelah menerima temuan dari BIG.

Proses tersebut telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi.

Proses penamaan rupabumi di Indonesia diatur oleh National Names Authority (NNA) atau Badan Informasi Geospasial (BIG), dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi sesuai dengan Pedoman Penamaan Rupabumi (PP PNR) dan resolusi UNGEN.

Baca Juga: Orchid Forest Cikole: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional, Opsi Isi Liburan Akhir Tahun

Beberapa syarat tersebut mencakup penggunaan bahasa Indonesia, abjad romawi, penghormatan terhadap keberagaman, pembatasan jumlah kata maksimal, dan menghindari penggunaan nama orang yang masih hidup.

Nama 'Jogo Jagad' diusulkan dengan bentuk harapan memberi kebaikan bagi warga sekitar. Hal itu disampaikan oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji.

"Usulan nama itu kami sampaikan saat diundang pertemuan via Zoom. Kemudian diminta menyampaikan usulan nama," kata Indrata, Senin (20/1) dikutip dari Antara 25 November.

Dengan penamaan resmi ini, 'Jogo Jagad' menjadi bagian dari warisan geografis Indonesia yang diberi nama dengan mempertimbangkan nilai budaya, sejarah, dan aspek toponimi.

 

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak