Mitos dan Fakta Lodge on the Ellidaey Islandia 'Rumah Paling Kesepian di Dunia', Minat Berkunjung?

Lodge ini adalah sebuah rumah putih tunggal yang terletak di tengah Pulau Ellidaey yang tidak berpenghuni di lepas pantai selatan Islandia.

Caca Kartiwa
Selasa, 28 November 2023 | 16:00 WIB
Rumah paling kesepian di dunia (Instagram/ @h0dur)

Rumah paling kesepian di dunia (Instagram/ @h0dur)

Guideku.com - Pulau Ellidaey (Elliðaey) di Islandia merupakan sebuah pulau terpencil yang terkenal dengan rumahnya yang sangat aneh. Rumah ini diberi julukan 'Loneliest House in the World' atau 'rumah paling kesepian di dunia'.

Pada akhir tahun 2020, potret rumah ini di atas batu terpencilnya menjadi viral, memicu gelombang minat dari pengguna internet.

Apa Itu 'Loneliest House in the World'?
Tempat tinggal yang disebut 'Loneliest House in the World' adalah Lodge on the Ellidaey, juga disebut sebagai Ellidaey Island Lodge.

Baca Juga: Hallgrimskirkja: Simbol Keagungan Arsitektur Islandia yang Megah bak Film Fantasi

Lodge ini adalah sebuah rumah putih tunggal yang terletak di tengah Pulau Ellidaey yang tidak berpenghuni di lepas pantai selatan Islandia. Pulau ini sendiri adalah anggota paling timur laut dari 15 hingga 18 pulau yang termasuk dalam kepulauan yang dikenal sebagai Vestmannaeyjar (Kepulauan Westman).

Dari Ellidaey, tanah yang dihuni terdekat adalah Pulau Heimaey, yang merupakan pulau terbesar di Vestmannaeyjar.

Pulau ini juga merupakan pulau terbesar dan paling padat penduduknya di lepas pantai selatan Islandia, berjarak empat mil laut.

Baca Juga: Rekomendasi Kue Pukis Enak dan Legit di Bandung, Teman Ngemil Saat Musim Hujan

Mitos Tentang 'Loneliest House in the World'
Mungkin tidak mengejutkan, beberapa mitos tetap beredar tentang rumah paling kesepian di dunia seperti dilansir dari a-z-animals.

1. Menyimpan rahasia gelap
Tak sedrama rumor yang beredar, tidak ada "rahasia gelap" yang mengelilingi Lodge on the Ellidaey.

Lodge itu juga tidak sepenuhnya "kosong" mengingat ribuan orang telah menginap di sana selama bertahun-tahun. Kemungkinan besar, sedikit pengunjung ke Lodge karena lokasinya yang sulit dijangkau.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Sanghyang Kenit Bandung yang Disebut Seindah Sungai Aare di Swiss

2. Lodge Telah Kosong Selama Lebih dari 100 Tahun
Sekali lagi, hal ini jelas tidak benar. Lodge ini telah dikunjungi oleh banyak orang selama beberapa dekade terakhir.

3. Penyanyi Björk Pernah Tinggal di Sana
Salah satu mitos paling populer berkaitan dengan penyanyi-penulis lagu Islandia, Björk, yang beberapa klaim pernah tinggal di Lodge di "Pulau Björk" tersebut.

Ini tidak benar. Björk tidak pernah tinggal di Lodge atau memiliki properti tersebut. Sebenarnya, pemerintah Islandia menawarkan kepada Björk sebuah pulau bernama Ellidaey pada tahun 2000.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Curug Malela di Bandung: Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, dan Spot Wisata

Pulau ini terletak di teluk dangkal bernama Breiðafjörður di barat Islandia. Namun, pada tahun 2004, Björk menolak tawaran tersebut karena khawatir pulau itu akan menjadi tujuan wisata yang ramai.

4. Dibangun Miliarder Untuk Sembunyi dari Serangan Zombie
Mungkin ada orang yang akan melakukan segala cara untuk melarikan diri dari zombie, tetapi pembangun Lodge bukanlah salah satunya.

Tidak ada catatan seorang miliarder dalam sejarah Lodge, apalagi yang takut akan apokalips zombie. Meskipun teori ini menarik, kebenaran yang ada nyatanya biasa saja.

5. Hasil Editing
Tidak dapat dipungkiri, beberapa pengguna internet meragukan keberadaan rumah tunggal di lokasi yang begitu terpencil. Ini membuat beberapa orang mengklaim bahwa foto-foto terkenal dari Lodge itu dipalsukan.

Ini tidak benar - foto-foto tersebut asli, begitu juga dengan Lodge.

6. Ada Rumah Lain di Pulau Ellidaey
Ini tidak sepenuhnya benar - dengan catatan. Lodge adalah satu-satunya tempat tinggal sebenarnya di pulau itu, tetapi bukan satu-satunya struktur.

Bangunan lain, yang jauh lebih kecil, masih berdiri di pulau tersebut selain dari Lodge. Namun, bangunan tersebut hanya digunakan untuk penyimpanan.

Sejarah Sebenarnya 'Loneliest House in the World'
Seperti yang sepertinya tepat, sejarah lengkap rumah paling sepi di dunia ini relatif kabur.

Berbagai rumor beredar tentang lima keluarga yang tinggal di Pulau Ellidaey pada abad ke-18, tetapi ini tidak dapat dipastikan.

Menurut pengecekan fakta internet Snopes, mungkin (meskipun, seperti yang disoroti oleh situs tersebut, tidak terkonfirmasi) orang-orang tinggal di pulau ini pada berbagai waktu sebelum atau sesudah abad ke-18 untuk berburu, berburu, atau bertani.

Yang pasti adalah bahwa Ellidaey Hunting Association membangun Lodge ini pada tahun 1953 untuk tempat tinggal pemburu puffin. Apakah para pemburu masih menggunakan Lodge untuk tujuan ini saat ini tidak jelas.

Dua YouTuber dalam beberapa tahun terakhir telah membantu mempopulerkan legenda Lodge ini.

Pada tahun 2017, YouTuber Bjarni Sigurdsson melakukan perjalanan ke Lodge di Ellidaey dan mendokumentasikannya di saluran YouTube-nya.

Pada tahun 2021, YouTuber Ryan Trahan menghabiskan satu malam di pulau itu untuk menemukan kebenaran tentang Lodge dan memposting videonya di saluran YouTube-nya.

Bagi Anda yang berniat berwisata ke Lodge tersebut harus tahu bahwa tempat itu sulit dijangkau, setidaknya untuk sebagian besar orang.

Untuk mencapai Lodge di Ellidaey, pengunjung harus pertama-tama menaiki feri menuju pulau Heimaey yang berdekatan.

Selanjutnya, mereka harus melintasi perairan Islandia yang berbahaya dan sering diselimuti kabut menggunakan perahu kecil yang berangkat dari kota Vestmannaeyjar.

Jika berhasil sampai di sana, langkah terakhir melibatkan mendaki tebing pulau yang berbahaya.

Meskipun beberapa laporan mencatat bahwa lebih dari 11.000 orang telah berhasil mengakses Lodge ini, tetapi perlu diingat bahwa perjalanan ini tidak direkomendasikan bagi wisatawan yang kurang berpengalaman karena tingkat kesulitannya yang tinggi.

Berita Terkait TERKINI
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Garut ini menawarkan berbagai atraksi alam, kuliner lezat, dan kegiatan seru untuk pengunjung yang ingin menghabiskan wa...
travel | 19:34 WIB
Jika kamu belum menentukan destinasi wisata untuk libur Tahun Baru, bisa mencoba mengunjungi tempat wisata yang berada d...
travel | 19:20 WIB
Terdapat sejumlah destinasi wisata di Bekasi yang dapat menjadi pilihan untuk anak-anak selama liburan....
travel | 08:49 WIB
Dirangkum oleh Guideku, berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung yang menarik dikunjungi saat libur Natal dan Tahun ...
travel | 10:00 WIB
Jelang momen libur Natal dan Tahun Baru, berwisata akan menjadi pilihan banyak orang untuk menghabiskan waktu berlibur....
travel | 09:32 WIB
Tampilkan lebih banyak