Eksplorasi Keindahan Pulau Hong di Thailand: Destinasi Wisata Ajaib di Krabi Selatan

Tentang Pulau Hong yang jadi salah satu destinasi wisata andalan Thailand.

Caca Kartiwa
Rabu, 29 November 2023 | 13:30 WIB
Pulau Hong di Thailand (Unsplash/ Andre Bestman)

Pulau Hong di Thailand (Unsplash/ Andre Bestman)

Guideku.com - Jika Anda berencana menghabiskan liburan akhir tahun di Thailand, Pulau Hong bisa jadi salah satu opsi yang dikunjungi.

Pulau Hong, atau dikenal sebagai Koh Hong, merupakan sekumpulan batuan besar yang terletak di lepas pantai Krabi di selatan Thailand.

Pulau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Than Bok Khorani dan dijaga oleh pemerintah untuk menjaganya tetap alami dan tidak terlalu dikembangkan.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Terbaik Membeli Kopi Berkualitas di Bandung

Daya tarik utama Pulau Hong adalah formasi batu kapurnya yang sangat mengesankan, air lautnya yang jernih, dan pantainya yang berpasir putih halus seperti gula.

Pulau ini menjadi surga bagi pecinta alam dengan kehidupan laut yang kaya, terumbu karang berwarna-warni, dan berbagai spesies ikan.

Aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung termasuk snorkeling, berenang, dan kayaking di laut berwarna biru tosca. Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi Laguna Hong yang hanya dapat diakses melalui perahu melalui celah sempit.

Baca Juga: Langgar Aturan, Bule di Bali Jadi Bahasan Media Luar Negeri

Meskipun pulau ini tidak memiliki restoran, pengunjung dapat membawa bekal makanan dan minuman sendiri.

Pulau Hong menjadi destinasi populer untuk tur sehari dari Krabi dan Phuket, dan dapat dikunjungi dari November hingga Maret untuk mendapatkan cuaca yang hampir sempurna.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Hong adalah selama musim kemarau, dari November hingga April, ketika cuaca cenderung cerah dan lautnya tenang, menciptakan pengalaman pulau tropis yang ideal dengan air yang jernih untuk berenang dan snorkeling.

Baca Juga: Informasi dan Syarat Masuk Le Cordon Bleu, Almamater Chef Renatta Moeloek

Penting untuk dicatat bahwa meskipun periode ini dikenal sebagai musim kemarau, hujan masih mungkin terjadi, sehingga penting untuk selalu siap menghadapi hujan sesekali.

Berkunjung ke Pulau Hong selama pagi atau sore dapat membantu menghindari waktu ramai, yang biasanya terjadi antara pukul 8 pagi hingga 6 sore.

Jika Anda memiliki kebebasan dalam merencanakan kunjungan, disarankan untuk tiba di pagi hari atau menjelang sore agar dapat menikmati matahari terbenam yang indah.

Perlu diingat bahwa pulau ini dapat menjadi sangat ramai selama waktu puncak tahun (Desember hingga Maret).

Untuk mengoptimalkan kunjungan, pertimbangkan untuk datang lebih awal atau lebih sore dan menjelajahi area pulau yang kurang ramai.

Selama musim kemarau, terdapat berbagai aktivitas populer yang dapat dinikmati di Pulau Hong, Thailand. Beberapa di antaranya melibatkan:

1. Berlayar dan Menjelajahi Gua Laut
Pengunjung dapat menjelajahi gua-gua laut dan laguna di sekitar Pulau Hong dengan perahu kano, memungkinkan mereka melihat formasi batu kapur yang menakjubkan dan keajaiban alam tersembunyi.

2. Berenang dan Snorkeling
Air laut yang jernih di sekitar Pulau Hong menawarkan peluang luar biasa untuk berenang dan snorkeling.

Pengunjung dapat menemukan kehidupan laut yang beragam dan terumbu karang yang berwarna-warni di bawah permukaan.

3. Berjemur dan Bersantai
Pantai berpasir putih yang indah di pulau ini memberikan setting yang sempurna untuk berjemur dan bersantai. Pengunjung dapat bersantai dan menikmati suasana tenang.

4. Hiking dan Eksplorasi Alam
Pulau Hong dikelilingi oleh hutan tropis yang kaya, menjadikannya lokasi ideal bagi pecinta alam dan pendaki.

Menjelajahi jalur-jalur pulau dan mengamati kehidupan liar setempat dapat menjadi pengalaman yang memuaskan.

5. Tur Perahu dan Melihat-lihat Pulau
Mengambil tur perahu di sekitar Pulau Hong dan atraksi tetangganya adalah cara populer untuk merasakan keindahan alam di daerah tersebut.

Island hopping memungkinkan pengunjung untuk menemukan lanskap dan pemandangan laut yang beragam.

6. Observasi Burung
Pulau Hong merupakan rumah bagi berbagai jenis burung, menjadikannya destinasi yang sangat baik untuk penggemar observasi burung.

Pengunjung dapat memiliki kesempatan untuk mengamati burung tropis berwarna-warni dan kehidupan liar lainnya.

Aktivitas-aktivitas ini menawarkan berbagai pengalaman bagi pengunjung untuk dinikmati selama kunjungan mereka ke Pulau Hong, memberikan peluang untuk petualangan, relaksasi, dan penghargaan terhadap keindahan alam pulau ini.

Berita Terkait TERKINI
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Garut ini menawarkan berbagai atraksi alam, kuliner lezat, dan kegiatan seru untuk pengunjung yang ingin menghabiskan wa...
travel | 19:34 WIB
Jika kamu belum menentukan destinasi wisata untuk libur Tahun Baru, bisa mencoba mengunjungi tempat wisata yang berada d...
travel | 19:20 WIB
Terdapat sejumlah destinasi wisata di Bekasi yang dapat menjadi pilihan untuk anak-anak selama liburan....
travel | 08:49 WIB
Dirangkum oleh Guideku, berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung yang menarik dikunjungi saat libur Natal dan Tahun ...
travel | 10:00 WIB
Jelang momen libur Natal dan Tahun Baru, berwisata akan menjadi pilihan banyak orang untuk menghabiskan waktu berlibur....
travel | 09:32 WIB
Tampilkan lebih banyak