Ide Sandiaga Uno Soal Gunung Bawah Laut Jogo Jagad Usai Resmi Dinamai

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyebut gunung bawah laut Jogo Jagad akan dijadikan objek wisata.

Caca Kartiwa
Rabu, 29 November 2023 | 14:00 WIB
Ilustrasi gunung bawah laut Jogo Jagad (Instagram/ @ppklp.big)

Ilustrasi gunung bawah laut Jogo Jagad (Instagram/ @ppklp.big)

Guideku.com - Pulau Jawa selatan kini menjadi rumah bagi keajaiban berupa gunung bawah laut yang baru diberi nama resmi, Jogo Jagad.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyambut baik hal ini dan, menurutnya, akan menjadi sesatu yang menarik sebagai daya taris wisata Indonesia.

Ditemukan oleh Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai Badan Informasi Geospasial (PPKLP BIG) pada tahun 2022, Jogo Jagad resmi mendapatkan pengakuan dalam sidang ke-36 Sub Committee on Undersea Features Names (SCUFN) di Wollongong, Australia, pada November 2023 lalu.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Terbaik Membeli Kopi Berkualitas di Bandung

Dalam acara Weekly Briefing with Sandi Uno, Sandiaga Uno menyambut baik pengesahan nama Jogo Jagad.

"Kami sambut dengan sangat bersyukur, karena ini akan menambah daya tarik dari para pecinta ekowisata mengenai fenomena The Ring of Fire di Indonesia," ucapnya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Senin (27/11/2023)

Menurut Sandiaga, keberadaan gunung bawah laut ini akan menjadi daya tarik utama bagi pecinta wisata alam.

Baca Juga: Langgar Aturan, Bule di Bali Jadi Bahasan Media Luar Negeri

"Nanti akan kita promosikan apalagi disahkannya di saat sidang internasional, itu yang menjadi kita bersama. Sukses spot-spot wisata kita jadi wisata kesejahteraan masyarakat," sambung ia.

Lokasi Jogo Jagad yang terletak sekitar 260 km dari selatan Kabupaten Pacitan, tepatnya di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, menambahkan nuansa keajaiban bawah laut di wilayah tersebut.

Dengan ketinggian sekitar 2.300 meter dari dasar laut dan kedalaman mencapai 6.000 meter, gunung ini memiliki garis tengah sekitar 10 km, menciptakan panorama yang menakjubkan di dasar lautan.

Baca Juga: Tak Perlu ke Amerika, Maluku Kini Punya 'Patung Liberty', Ini Lokasinya

Dari permukaan air, puncak Jogo Jagad tampak menjulang tinggi sekitar 3-4 km. Dengan koordinat lintang 111.039 BT dan bujur 10.661 LS, keberadaannya menjanjikan pengalaman unik bagi para penggemar wisata alam, sementara diharapkan turut memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar yang terlibat dalam sektor pariwisata.

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak