SCROLL UNTUK MEMBACA ARTIKEL

Bagikan ke Whatsapp
bagikan ke WA
Rabu, 29 November 2023 | 15:00 WIB

Tak Kalah dari Blausee di Swiss, Sumedang Punya Danau Sebening Kaca

Caca Kartiwa
Potret keindahan Blausee di Swiss (Unsplash/ Asta Co)
Potret keindahan Blausee di Swiss (Unsplash/ Asta Co)

Guideku.com - Blausee adalah danau yang terletak di Bernese Oberland, Kandergrund, Swiss. Danau ini terletak dekat sungai Kander dan memiliki ketinggian 887 meter serta luas sekitar 0,64 hektar.

Danau ini dikelilingi oleh taman alam seluas 20 hektar dengan lanskap yang terbentuk oleh longsoran batu yang menyebabkan terbentuknya danau.

Blausee dianggap sebagai salah satu danau gunung paling indah di Swiss dan menjadi tujuan wisata yang populer karena airnya yang jernih sebening kaca.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Makan Kambing Guling di Bandung, Maknyuss untuk Musim Hujan

Bagi yang belum ke Swiss, tenang, Indonesia, juga punya danau yang airnya tak kalah jernih yakni Situ Biru Cilembang.

Tersembunyi di antara pesona alam Sumedang, Situ Biru Cilembang memiliki beberapa nama lain seperti Situ Biru Hariang, Danau Biru Hariang Cilembang, dan Labuan Cermin Cilembang, yang mengingatkan pada Labuan Cermin di Kaltim.

Tempat wisata alam ini menjadi destinasi yang belum begitu dikenal banyak orang, meskipun menyimpan potensi keindahan yang luar biasa.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Terbaik Membeli Kopi Berkualitas di Bandung

Kelebihan Situ Biru Cilembang terletak pada ketenangan suasana, karena tidak terlalu ramai, menciptakan liburan yang lebih intim dan nyaman bagi pengunjung yang menginginkan ketenangan.

Seperti namanya, danau ini memukau dengan airnya yang berwarna biru, menjadi pemandangan yang sangat memukau terutama saat sinar matahari menyinari danau ini.

Situ Biru Cilembang terletak di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Baca Juga: Informasi dan Syarat Masuk Le Cordon Bleu, Almamater Chef Renatta Moeloek

Akses menuju danau ini dapat dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, menawarkan pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Rute perjalanan dapat diarahkan menuju Gunung Puyuh Nangorak dan melanjutkan perjalanan hingga mencapai Hariang – Cisumur. Setelah itu, pengunjung dapat dengan mudah menemukan lokasi Situ Biru Cilembang.

Jam operasional Situ Biru Cilembang setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Tiket masuk tersedia dengan harga Rp. 10.000,- per orang.

Perlu dicatat bahwa pengunjung harus berjalan kaki sejauh 500 meter dari area parkir menuju Situ Biru Cilembang.

Meskipun kedalaman danau sekitar 3 meter, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang atau bermain air karena danau ini menjadi sumber air bersih bagi masyarakat sekitar.

Meski demikian, pengunjung dapat menikmati keindahan danau ini dengan mengabadikan momen lewat foto atau video, menjadikan Situ Biru Cilembang sebagai destinasi yang menawan bagi pencinta keindahan alam di Sumedang.

 

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

travel

Terkini

Load More
Ikuti Kami