Restoran Braga Permai, Menyusuri Jejak Kuliner dan Sejarah di Jantung Bandung

Berdiri sebagai saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia, Braga Permai tidak hanya menyajikan hidangan lezat, tetapi juga menggambarkan kisah perkembangan kota Bandung.

Caca Kartiwa
Kamis, 30 November 2023 | 14:00 WIB
Restoran Braga Permai, Bandung (Instagram/ @bragapermaibandung)

Restoran Braga Permai, Bandung (Instagram/ @bragapermaibandung)

Guideku.com - Sebagai salah satu ikon kuliner di jantung Kota Bandung, Braga Permai bukan sekadar restoran biasa. Dengan sejarah yang melacak perjalanan waktu hingga lebih dari satu abad, tempat makan ini menjadi bagian hidup kota dengan daya tarik dan keunikan tersendiri.

Berdiri sebagai saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia, Braga Permai tidak hanya menyajikan hidangan lezat, tetapi juga menggambarkan kisah perkembangan kota Bandung.

Maison Bogerijen, nama asli restoran ini, didirikan pada tahun 1918 oleh L Van Bogerijen sebagai tempat makan bagi para pejabat kolonial.

Baca Juga: 5 Tempat Staycation di Bogor, Dijamin Bikin Anak Happy

Braga Permai memulai perjalanan sejarahnya di persimpangan Jalan Bragaweg dan Oude Hospitalweg.

Pada awalnya, kota Bandung memiliki wilayah 'teritorial' tersendiri pada era 1900-an. Braga, yang terletak di tengah kota, menjadi pusat hiburan bagi kalangan menengah ke atas dan pejabat kolonial.

Sementara itu, masyarakat pribumi dan menengah kebawah menemukan hiburan di tempat lain seperti Alun-alun, Tegallega, dan titik-titik lainnya.

Baca Juga: Melacak Jejak Kuliner Bersejarah di Toko Roti Sumber Hidangan Jalan Braga Bandung

Pada tahun 1931, Braga Permai mendapatkan penghargaan lambang agung Kerajaan Belanda, menjadikannya penyedia hidangan khas Belanda untuk Ratu Belanda.

Meski lokasinya telah berpindah, restoran ini tetap mempertahankan keaslian beberapa bagian bangunannya, diakui sebagai Bangunan Cagar Budaya oleh Perda Kota Bandung No:7 tahun 2018.

Ciri khas Braga Permai terlihat pada meja dengan payung-payung merah melengkung yang menjadi daya tarik visual.

Baca Juga: Murah Banget, Ini Harga Paket Kano Menyusuri Wisata Mangroves Baros di Yogyakarta

Meskipun fasadnya mengalami perubahan, nuansa klasik dan elegan tetap terasa di dalamnya, menghadirkan suasana bersejarah dan nyaman bagi para pengunjung.

Restoran ini tidak hanya mencuri perhatian dengan arsitektur dan dekorasinya, tetapi juga dengan menu otentik yang telah terjaga rasa dan keasliannya sejak pertama kali berdiri.

Salah satu hidangan andalan adalah creamy soup, menyuguhkan karakter rasa yang bersih dan gurih dengan potongan ayam, jamur, dan garlic bread yang memikat selera.

Braga Permai bukan sekadar restoran, melainkan sebuah perjalanan melintasi sejarah kuliner dan kemerdekaan.

Setiap hidangan yang disajikan membawa cerita panjang dari masa lalu, menjadikannya destinasi kuliner yang tak hanya lezat tetapi juga sarat makna.

Sambangi Braga Permai di Jl. Braga No. 58, Braga, Bandung, nikmati hidangan otentik dan telusuri kekayaan sejarahnya di setiap sajian yang disuguhkan.

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak