Keunikan Onsen, Jenis-Jenis Pemandian yang Harus Diketahui Saat Wisata ke Jepang

Dengan kurang lebih 30.000 spa mata air panas di seluruh Jepang, onsen memiliki sejarah panjang sebagai daya tarik pariwisata, menarik banyak pengunjung yang ingin bersantai di alam

Caca Kartiwa
Sabtu, 02 Desember 2023 | 10:00 WIB
ILUSTRASI, Onsen (Unsplash/ Roméo A)

ILUSTRASI, Onsen (Unsplash/ Roméo A)

Guideku.com - Jika Anda sedang berencana atau sedang berwisata ke Jepang, untuk liburan akhir tahun misalnya, mencoba Onsen adalah satu hal yang wajib ada dalam list.

Onsen, pemandian air panas tradisional Jepang, adalah tempat umum yang umumnya ditemukan di wilayah dengan sumber air panas alami.

Tempat ini menggunakan air panas dari mata air panas, dan istilah "onsen" sering digunakan untuk merujuk pada penginapan di sekitar mata air panas atau resor onsen.

Baca Juga: Bergenre Horor, 'Malam Para Jahanam' Janjikan Ketegangan Lebih dari Film Hantu

Dengan kurang lebih 30.000 spa mata air panas di seluruh Jepang, onsen memiliki sejarah panjang sebagai daya tarik pariwisata, menarik banyak pengunjung yang ingin bersantai di alam dan mengalami pengalaman "komunikasi tanpa busana" untuk meruntuhkan batasan sosial dalam suasana santai onsen.

Di Jepang, terdapat banyak resor onsen terkenal, terutama di daerah pedesaan, di mana pemandian onsen dapat dinikmati di ryokan, hotel, dan pemandian umum.

Menginap semalam di ryokan onsen sangat direkomendasikan bagi setiap pengunjung yang ingin merasakan pengalaman unik ini.

Baca Juga: Sangat Worth It! 10 Film ini Cocok Ditonton ketika Bulan Desember dan Tahun Baru 2024!

Meskipun ribuan onsen tersebar di seluruh Jepang, secara umum, mereka dapat dibagi menjadi beberapa jenis utama yang harus memenuhi kriteria tertentu untuk dianggap sebagai onsen.

Onsen memiliki kriteria tertentu yang harus dipenuhi, di antaranya adalah berasal dari mata air panas alami, baik secara alami atau dari lubang yang dibor secara artifisial.

Suhu air panas harus di atas 25°C dan mengandung setidaknya satu dari 19 jenis mineral yang berbeda.

Baca Juga: Tiongkok Uji Coba Bebas Visa 6 untuk Negara, Ada Indonesia?

Setelah memenuhi kriteria ini, onsen mulai memiliki perbedaan. Berikut beberapa istilah yang perlu diingat, melansir dari berbagai sumber.

Ryokan onsen: Biasanya terdapat di penginapan tradisional Jepang yang disebut ryokan. Ryokan onsen menawarkan pengalaman budaya lengkap dengan kamar tatami, makanan kaiseki, dan yukata.

Rotenburo: Ini adalah kolam mandi terbuka, sering terletak di alam. Sebagian besar onsen memiliki rotenburo, di mana Anda dapat menikmati pengalaman tenang berendam di air kaya mineral di kolam luar ruangan dengan pemandangan indah di sekitarnya.

Baca Juga: Pasar Antik Cikapundung Bandung, Surga Kolektor Barang Lawas

Uchiburo: Ini adalah kolam mandi dalam ruangan dengan desain yang bervariasi dari yang klasik hingga modern.

Konyoku: Sebagian besar pemandian mata air panas terpisah antara pria dan wanita, tetapi beberapa pemandian campuran dapat ditemukan, terutama di lokasi tradisional dan terpencil. Beberapa mengikuti tradisi telanjang, sementara yang lain memberikan opsi penggunaan handuk atau jubah untuk privasi.

Nekorobi: Merupakan pengalaman berbaring di atas batu alami dengan air panas yang mengalir. Pengalaman ini memungkinkan Anda bersantai dengan nyaman sambil menatap langit, karena aliran air yang berkelanjutan menjaga Anda tetap hangat dan rileks.

Hinoki: Pemandian air panas yang dibuat dari kayu hinoki, pohon cemara yang berasal dari Jepang, dikenal dengan daya tahan alaminya dan aroma lemon yang menyegarkan.

Masih banyak jenis onsen lain yang belum disebutkan, mulai dari pemandian dengan mineral tertentu seperti sulfur dan hidrogen, hingga pemandian pasir (sunaburo), pemandian uap (mushiburo), dan lainnya.

 

 

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak