Libur Tahun Baru Gak Perlu Khawatir Meninggalkan Rumah, Lakuin Ini!

Tips aman liburan tahun baru seperti memberi tahu kepala RT atau satpam, menjaga penampilan rumah agar tidak terlihat kosong, dan meminta bantuan kerabat untuk pengawasan.

Early Meidiasa
Selasa, 05 Desember 2023 | 10:59 WIB
Gak takut lagi meninggalkan rumah kosong saat libur tahun baru, lakuin hal ini

Gak takut lagi meninggalkan rumah kosong saat libur tahun baru, lakuin hal ini

Guideku.com - Pernah gak sih merasakan khawatir saat meninggalkan rumah pas liburan tahun baru 2024? Sekarang gak perlu takut lagi karena kamu bisa ikutin tips and trick ini.

Berikut adalah beberapa tips dan trick untuk menjaga rumah tetap aman ketika Anda melakukan liburan tahun baru dan meninggalkannya kosong:

1. Beritahukan kepada RT atau Satpam Lokal
Jika Anda merasa khawatir terkait keamanan rumah saat mudik lebaran, disarankan untuk memberi tahu kepala RT atau satpam di sekitar tempat tinggal Anda. Kepala RT dapat membantu meningkatkan pengawasan terhadap rumah Anda, sementara satpam dapat memberikan bantuan dalam memperketat penjagaan rumah dan menanggapi situasi yang mencurigakan.

Baca Juga: Ramah di Kantong! 4 Hotel Murah di Jogja untuk Liburan Akhir Tahun

2. Jaga Privasi Rumah yang Kosong
Penting untuk tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa rumah Anda sedang kosong. Hindari memberi isyarat seperti halaman yang tidak terawat atau lampu yang selalu mati sepanjang hari. Anda dapat meminta bantuan kerabat untuk menjaga penampilan rumah agar terlihat terawat selama Anda berada dalam perjalanan liburan.

3. Percayakan Rumah pada Kerabat Terpercaya
Untuk meningkatkan keamanan rumah, manfaatkan dukungan dari kerabat terpercaya. Selain membantu menjaga penampilan rumah, mereka juga dapat membantu mengawasi dan memeriksa kondisi rumah secara rutin selama Anda pergi.

4. Penitipan Hewan Peliharaan
Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang sulit dibawa saat mudik, sebaiknya pertimbangkan untuk menitipkannya ke tempat penitipan hewan terpercaya atau serahkan kepada keluarga terdekat yang tidak ikut liburan. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesejahteraan dan keamanan hewan peliharaan Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Bandung, Habiskan Libur Akhir Tahun 2023 di Sini

5. Tutup Semua Lubang Pembuangan
Selain memperhatikan keamanan, jaga juga kebersihan rumah dengan menutup semua lubang pembuangan seperti saluran air di kamar mandi dan tempat cuci piring. Langkah ini dapat mencegah hewan atau serangga masuk ke dalam rumah selama Anda tidak berada di sana.

6. Nonaktifkan Aliran Air, Listrik, dan Gas
Untuk mengurangi risiko kecelakaan dan kerusakan, pastikan untuk mematikan seluruh aliran air, listrik, dan gas sebelum Anda pergi. Ini termasuk mencabut regulator dari tabung gas agar menghindari potensi kebocoran yang berbahaya.

7. Bersihkan dan Kosongkan Kulkas serta Dispenser
Sebagai langkah pencegahan tambahan, kosongkan kulkas dan dispenser untuk mencegah kerusakan dan memastikan keamanan selama Anda tidak berada di rumah. Ini juga dapat membantu mencegah makanan membusuk yang dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Baca Juga: Tempat Wisata Glamping Populer di Bandung, Cocok untuk Menikmati Libur Akhir Tahun 2023

8. Kosongkan Penampungan Air
Mengosongkan penampungan air adalah tindakan penting untuk mencegah genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit yang dapat disebabkan oleh nyamuk.

9. Simpan Barang Berharga dengan Aman
Pastikan untuk menyimpan barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, dan dokumen penting di tempat yang aman, seperti dalam brankas. Langkah ini dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap barang berharga Anda.

10. Bersihkan Rumah Sebelum Pergi
Menghabiskan waktu membersihkan rumah sebelum berangkat dapat membantu Anda kembali ke rumah yang bersih dan teratur setelah perjalanan mudik. Selain itu, rumah yang terawat dapat memberikan kesan bahwa ada orang yang merawatnya, meskipun Anda tidak berada di sana.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru 2024, Ketahui Destinasi Wisata Sesuai dengan Tipe Karakter Liburan

11. Manfaatkan Lampu Otomatis (Sensor)
Gunakan lampu otomatis yang dapat mendeteksi sensor cahaya untuk membantu menciptakan kesan bahwa rumah tidak kosong. Dengan menggunakan lampu otomatis, Anda dapat membuat rumah terlihat dihuni, meskipun Anda sedang melakukan liburan.

12. Pasang Alarm Kebakaran
Pasang alarm kebakaran sebagai langkah keamanan tambahan untuk melindungi rumah dari risiko kebakaran. Alarm ini dapat memberi peringatan dini dan memungkinkan tetangga atau pihak berwenang untuk merespons segera jika terjadi kebakaran.

13. Manfaatkan CCTV
Pertimbangkan untuk memasang sistem pengawasan CCTV yang terhubung dengan smartphone Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memantau keadaan rumah secara real-time dan mengambil tindakan jika terjadi situasi yang mencurigakan.

14. Pastikan Semua Pintu dan Jendela Terkunci
Sebelum meninggalkan rumah, pastikan bahwa semua pintu dan jendela sudah terkunci dengan baik. Tambahan gembok pada pintu-pintu kunci juga dapat meningkatkan keamanan rumah Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat merasa lebih tenang dan yakin meninggalkan rumah saat libur tahun baru, sambil fokus menikmati waktu berkualitas dengan keluarga.

Berita Terkait TERKINI
Inilah deretan tempat wisata Cianjur yang cocok dikunjungi saat musim libur Lebaran....
travel | 11:30 WIB
Beberapa destinasi wisata religi ini cocok dikunjungi saat libur Lebaran....
travel | 11:15 WIB
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Tampilkan lebih banyak