Event

Wayang Ajen, Wakil Indonesia di Asian Traditional Puppet Show

Diam-diam, wayang Ajen ini sudah mendunia, lho!

Agung Pratnyawan | Amertiya Saraswati

Wayang Ajen, Wakil Indonesia di Asian Traditional Puppet Show (facebook.com/kemenpar)
Wayang Ajen, Wakil Indonesia di Asian Traditional Puppet Show (facebook.com/kemenpar)

Guideku.com - Pernah dengar yang namanya wayang ajen? Beda dengan wayang kulit atau wayang golek yang sudah akrab di telinga, wayang ajen ini memang masih cukup jarang diketahui.

Namun, diam-diam, rupanya kesenian wayang yang berasal dari Sanggar Purwa Pujangga di Bekasi ini sudah mendunia lho!

Wayang ajen sendiri memang merupakan bentuk kesenian tradisional Indonesia yang sudah dipadukan dengan unsur-unsur modern. Hal ini dilakukan agar kesenian wayang dapat mengikuti perkembangan zaman.

Bentuk wayang ajen mirip dengan wayang golek, namun tokohnya tak hanya tokoh-tokoh wayang tradisional seperti Gareng atau Petruk. Sebagai gantinya, ada juga tokoh seperti Jokowi atau Wali Songo. Unik, kan?

Tidak cuma itu, pertunjukan wayang ajen pun dikolaborasikan dengan elemen kekinian seperti perpaduan gamelan jawa dengan musik pop, jazz, atau rock.

Pertunjukan Wayang Ajen (instagram.com/wayangajen)
Pertunjukan Wayang Ajen (instagram.com/wayangajen)

 

Hal inilah yang membuat wayang ajen mendunia dan mendapat apresiasi dari banyak negara.

Salah satunya adalah Asian Traditional Puppet Show yang digelar pada tanggal 2-8 Oktober 2018 di Jeonju, Korea Selatan. Di event ini, wayang ajen akan menjadi wakil kesenian tradisional Indonesia di kancah internasional.

Pertunjukan khusus wayang ajen akan mendapat waktu dua hari, yaitu pada tanggal 5-6 Oktober, dengan durasi per penampilan selama 60 menit.

Tidak tanggung-tanggung, wayang ajen ini akan dikolaborasikan dengan teknologi multimedia yang memesona, komposisi musik gamelan, lighting, hingga efek spektakuler lainnya.

Pertunjukan Wayang Ajen (instagram.com/wayangajen)
Pertunjukan Wayang Ajen (instagram.com/wayangajen)

 

Pertunjukan wayang ajen di Korea Selatan ini akan mengambil tema Kebersamaan menuju Perdamaian dan menggunakan bahasa pengantar yaitu bahasa Indonesia.

Meski begitu, saat pertunjukan, akan disediakan translate ke dalam bahasa Korea sementara Ki Dalang Wawan Ajen bersama timnya menggelar penampilan mereka.

Perlu kamu ketahui, ini bukan pertama kalinya wayang ajen tampil di kancah internasional, lho. Diam-diam wayang ajen ini merupakan kesenian tradisional Indonesia yang sudah dipamerkan di 51 negara.

Korea Selatan sendiri sudah tiga kali mendapat jatah pertunjukan wayang ajen ini.

Nah, bagaimana denganmu? Tertarik untuk menonton wayang ajen juga?

Berita Terkait

Berita Terkini