Mengenal Kapal Pinisi, Inspirasi Pembukaan Asian Para Games 2018

Bukan cuma cerminan budaya Indonesia, kapal ini juga bermakna ketangguhan.

Dinar Surya Oktarini | Amertiya Saraswati
Senin, 08 Oktober 2018 | 15:30 WIB
Kapal Para-Nisi (instagram.com/kemenpar)

Kapal Para-Nisi (instagram.com/kemenpar)

Guideku.com - Bagi kamu yang sempat menonton Opening Ceremony Asian Para Games 2018 tanggal 6 Oktober lalu, pasti kamu sudah tidak asing dengan penampakan kapal kayu yang bertuliskan Para-Nisi di bagian badan kapal.

Di kapal ini pula, kita bisa melihat kata-kata seperti Equality, Determination, Courage, dan Inspiration sebelum akhirnya bendera Asian Paralympic Committee dibentangkan.

Kerennya lagi, bendera berbentuk layar tersebut dikibarkan oleh seorang atlet penyandang diabilitas yang memanjat naik kapal Para-Nisi tersebut.

Baca Juga: Di Balik Keindahan Kae Sa Luk, Seni Ukir Buah di Thailand

Aksi tersebut sukses mendapat gemuruh tepuk tangan dari para penonton yang hadir di pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Kapal Para-Nisi (instagram.com/kemenpar)
Kapal Para-Nisi (instagram.com/kemenpar)

 

Namun, tahukah kamu kalau kapal Para-Nisi ini sebenarnya merupakan replika dari kapal Pinisi yang merupakan kebanggaan rakyat Sulawesi Selatan?

Baca Juga: Mengapa di Kudus Banyak Olahan Kuliner Daging Kerbau?

Yup, kapal Para-Nisi ini rupanya terinspirasi dari kapal Pinisi yang sudah menjadi bagian dari budaya Sulawesi Selatan. Meski kelihatannya kuno, nyatanya kapal Pinisi ini masih diproduksi hingga sekarang, lho!

Kapal yang terbuat dari kayu ini bisa dibilang istimewa karena proses pembuatannya dilakukan tanpa menggunakan paku maupun peralatan modern.

Buat kamu yang penasaran dengan kapal yang menjadi inspirasi di balik kemeriahan Pembukaan Asian Para Games 2018 ini, kamu bisa berkunjung ke Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, untuk melihat proses pembuatannya.

Baca Juga: Pulau Cincin di Danau Loktak Ini Bisa Bergerak, Mengapa?

Kapal Pinisi (Wikipedia Commons)
Kapal Pinisi (Wikipedia Commons)

 

Keahlian membuat kapal tradisional ini rupanya dimiliki oleh suku Bugis Makassar dan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya selama ratusan tahun lamanya.

Tidak hanya itu, kapal Pinisi juga terkenal dengan ketangguhannya. Konon, sekitar abad 14 lampau, kapal Pinisi sudah digunakan untuk menjelajah samudera di seluruh dunia.

Baca Juga: Cantiknya Sungai Lima Warna, Cano Cristales di Kolombia

Jadi, nggak heran kalau Kapal Pinisi dipilih sebagai salah satu inpirasi di balik kemeriahan Pembukaan Asian Para Games 2018 ini, guys.

Selain mencerminkan hebatnya budaya Indonesia, ternyata kapal ini juga menggambarkan arti sebuah ketangguhan.

Yuk kita semangati atlet-atlet di Asian Para Games 2018 ini agar mereka bisa setangguh kapal Pinisi!

Berita Terkait TERKINI
Ada banyak promo menarik saat kamu memutuskan liburan pakai kartu kredit....
event | 16:59 WIB
Ada berbagai program mudik gratis 2024 yang terlalu sayang dilewatkan....
event | 16:59 WIB
Film Tekken 2 Kazuyas Revenge ini akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) pukul 23....
event | 14:48 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) akan menayangkan film Greenland pada pukul 21.00 WIB....
event | 14:35 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Minggu (25/12/2023) akan menayangkan film bergenre action/mandarin rilis tahun 2016 b...
event | 15:12 WIB
Berikut sinopsis film Batman v Superman: Dawn of Justice yang akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, M...
event | 14:59 WIB
Film Hacksaw Ridge ini dijadwalkan akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Minggu (24/12/2023) pukul 23.30 WIB....
event | 20:18 WIB
Film Hellboy (2019) akan menghiasi layar bioskop Trans TV hari ini, Minggu (24/12/2023) pukul 21.30 WIB. Film ini bergen...
event | 19:49 WIB
Film bergenre action yang dirilis tahun 2011, dan disutradarai oleh Olivier Megaton, yakni Colombiana dijadwalkan tayang...
event | 08:35 WIB
Film Wonder Woman (2017) akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Jumat (22/12/2023) pukul 21.30 WIB. Dibintangi Gal G...
event | 08:17 WIB
Tampilkan lebih banyak