Event

Sukses Pikat Menpar, Ini Rahasia Sukses Festival Gandrung Sewu

Pesona seribu penari ini memang tak bisa dilewatkan begitu saja

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Festival Gandrung Sewu (facebook.com/Kemenpar)
Festival Gandrung Sewu (facebook.com/Kemenpar)

Guideku.com - Baru Jumat lalu, tepatnya pada tanggal 20 Oktober 2018, 1.200 penari berselendang merah memenuhi pesisir pantai Boom, Banyuwangi dalam rangka Festival Gandrung Sewu 2018.

Pagelaran sendratari rakyat yang satu ini memang megah dan memukau. Tak hanya ditunggu-tunggu, penampilan Gandrung Sewu tahun ini pun sukses mendapat respons baik dari warga lokal, wisatawan, turis, hingga pemerintah.

Salah satunya adalah Menpar Arief Yahya, yang menyatakan bahwa kesuksesan Festival Gandrung Sewu 2018 ini membuatnya layak kembali masuk ke daftar Top 100 Calendar of Events.

Hal ini diputuskan setelah tim kurator Kemenpar sendiri melihat dan menilai bahwa kualitas pelaksanaan Festival Gandrung Sewu terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Festival Gandrung Sewu (instagram.com/Kemenpar)
Festival Gandrung Sewu (instagram.com/Kemenpar)

 

Menpar juga menjelaskan bahwa tidak mudah bagi suatu event untuk masuk ke dalam daftar Top 100 Kalender Event Nasional.

Bagaimana tidak, sebuah event harus bersaing dengan lebih dari 200 event dan festival lain se-Indonesia sebelum akhirnya dinyatakan lolos penilaian Kemenpar.

Menurut Arief Yahya, kunci kesuksesan Gandrung Sewu ini dapat dilihat dari aspek 3C yang terdiri dari creativity, cultural, dan commercial. Ketiga aspek ini digunakan untuk menilai baik atau tidaknya sebuah pertunjukan Seni.

Dilansir Guideku.com dari laman facebook resmi Kemenpar, Gandrung Sewu ini dinyatakan sebagai festival yang sangat kreatif.

Festival Gandrung Sewu (instagram.com/Kemenpar)
Festival Gandrung Sewu (instagram.com/Kemenpar)

 

Hal ini dapat dilihat dari jumlah penampilnya yang kolosal, konfigurasi tari yang apik dan berkelas dunia, serta keseluruhan festival yang tampak cameragenic.

Tidak hanya itu, Festival Gandrung Sewu pun juga mampu memikat para penonton secara offline atau secara langsung.

Menpar juga menambahkan bahwa Gandrung Sewu adalah pertunjukan yang berbasis dan berakar dari budaya lokal Banyuwangi. Menurutnya, hal ini dapat menambah nilai dari Festival Gandrung Sewu.

Festival Gandrung Sewu sendiri bukanlah satu-satunya festival dari Banyuwangi yang sukses masuk ke dalam daftar Top 100 Kalender Event Nasional.

Selain Festival Gandrung Sewu, ada juga event International Tour de Banyuwangi Ijen dan Banyuwangi Ethno Carnival yang sudah dipastikan masuk ke dalam daftar.

Tertarik berkunjung ke Banyuwangi?

BACA JUGA: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Nginap di Grand Ambarrukmo Yogyakarta

Info review Hotel, Restoran, Cafe, dan Produk silakan hubungi kontak Guideku.com

Berita Terkait

Berita Terkini