Uniknya Pasa Hwal, Tradisi Perebutan Kepemimpinan ala Suku Dayak

Bacanya bikin inget Wakanda, nih!

Angga Roni Priambodo | Amertiya Saraswati
Senin, 29 Oktober 2018 | 11:30 WIB
Ilustrasi Suku Dayak (Pixabay/darwisalwan)

Ilustrasi Suku Dayak (Pixabay/darwisalwan)

Guideku.com - Kalau kamu penggemar Marvel dan sudah menonton film Black Panther, pasti kamu tak asing dengan adegan upacara tradisional untuk merebut gelar kepemimpinan yang mengharuskan para calonnya untuk bertarung.

Dalam film itu, dikisahkan bahwa seorang pemimpin haruslah kuat agar dapat melindungi sukunya dari bahaya yang mengancam.

Nah, tahukah kamu kalau upacara tradisional macam ini ternyata benar-benar ada? Nggak perlu jauh-jauh ke Wakanda, kamu bisa menemukannya di daerah Kalimantan Utara, lho!

Baca Juga: Di Kampung Ini Emas Ditempa Menyerupai Daun, Seperti Apa?

Upacara tradisional ini dinamakan Pasa Hwal atau yang berarti gulat tradisional. Pasa Hwal sendiri merupakan salah satu budaya suku Dayak Sa'ban yang ditampilkan dalam Festival Budaya Irau Malinau 2018.

Pasa Hwal, Upacara Tradisional Suku Dayak (instagram.com/pesonaindahborneo)
Pasa Hwal, Upacara Tradisional Suku Dayak (instagram.com/pesonaindahborneo)

Pada Festival Budaya Irau Malinau, para penonton dapat melihat pria dewasa dari suku Dayak Sa'ban bergulat untuk memperebutkan gelar kepemimpinan.

Budaya ini sendiri berawal dari persaingan dua bersaudara di zaman dulu kala.

Baca Juga: Mengapa Emas di Negara Ini Begitu Disakralkan?

Awalnya, mereka bersaing untuk melompati batu tinggi dengan bambu runcing tajam di bagian atasnya. Atraksi pertama ini disebut Sa'ban Telmeh.

Dikisahkan, sang adik menjadi pemenang dalam lomba Sa'ban Telmeh ini. Tak terima, kakaknya pun kembali menantang adiknya melalui Pasa Hwal (gulat). Namun, lagi-lagi sang adiklah yang menang dan diangkat sebagai pemimpin.

Pasa Hwal, Upacara Tradisional Suku Dayak (instagram.com/pesonaindahborneo)
Pasa Hwal, Upacara Tradisional Suku Dayak (instagram.com/pesonaindahborneo)

Masyarakat suku Dayak Sa'ban masih sangat menghormati tradisi ini. Bagi mereka, hanya yang terkuat dan terbaiklah yang berhak untuk mendapat gelar pemimpin.

Baca Juga: Menikmati Rimbunnya Hutan Misiones di Argentina

Di sisi lain, mereka yang kalah dalam perlombaan Pasa Hwal akan diangkat menjadi prajurit. Tugas mereka adalah menjaga dan mempertahankan desa dari serangan musuh.

Meski kedengarannya tak biasa di zaman yang serba modern ini, namun suku Dayak Sa'ban tetap mempertahankan tradisi mereka sebagai bentuk penghormatan terhadap sejarah.

Bahkan, dalam Festival Budaya Irau Malinau 2018 ini, kamu bisa bertemu suku Dayak Sa'ban yang memiliki potongan rambut khas dan mengenakan busana dari kulit kayu, lho.

Baca Juga: Bening Bak Kaca, Begini Pesona Danau Derborence di Swiss

Unik juga kan, travelers?

Berita Terkait TERKINI
Film Tekken 2 Kazuyas Revenge ini akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) pukul 23....
event | 14:48 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) akan menayangkan film Greenland pada pukul 21.00 WIB....
event | 14:35 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Minggu (25/12/2023) akan menayangkan film bergenre action/mandarin rilis tahun 2016 b...
event | 15:12 WIB
Berikut sinopsis film Batman v Superman: Dawn of Justice yang akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, M...
event | 14:59 WIB
Film Hacksaw Ridge ini dijadwalkan akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Minggu (24/12/2023) pukul 23.30 WIB....
event | 20:18 WIB
Film Hellboy (2019) akan menghiasi layar bioskop Trans TV hari ini, Minggu (24/12/2023) pukul 21.30 WIB. Film ini bergen...
event | 19:49 WIB
Film bergenre action yang dirilis tahun 2011, dan disutradarai oleh Olivier Megaton, yakni Colombiana dijadwalkan tayang...
event | 08:35 WIB
Film Wonder Woman (2017) akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Jumat (22/12/2023) pukul 21.30 WIB. Dibintangi Gal G...
event | 08:17 WIB
Mengikuti kisah Harley Quinn yang, setelah putus dengan Joker, dihadapkan pada ancaman Roman Sionis, penguasa kejahatan ...
event | 09:06 WIB
Film aksi thriller Anna akan tayang dalam jadwal bioskop Trans TV hari ini, Kamis (21/12/2023) pukul 23.00 WIB....
event | 06:30 WIB
Tampilkan lebih banyak