Ini 3 Perbedaan Ngayogjazz 2018 dengan Tahun-tahun Sebelumnya

Yuk ramaikan!

Dany Garjito | Aditya Prasanda
Kamis, 15 November 2018 | 20:15 WIB
Konferensi Pers Ngayogjazz 2018 di Hotel Innside (Guideku.com/Adit)

Konferensi Pers Ngayogjazz 2018 di Hotel Innside (Guideku.com/Adit)

Guideku.com - Berbahagialah, Ngayogjazz 2018 hadir kembali.

Diselenggarakan untuk ke-12 kalinya, Ngayogjazz tahun ini akan digelar di Desa Gilangharjo, Pandak, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Dihelat pada hari Sabtu, 17 November 2018, festival tahunan ini rencananya akan berlangsung sedari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Baca Juga: Peti Jenazah Pramugari Lion Air JT 610 Tiba, Kartini: Ini Ibu Nak

(Ngayogjazz Official)
(Ngayogjazz Official)

 

Tercatat 40 kelompok musik akan berpartisipasi mengisi 6 panggung yang tersebar di Desa Gilangharjo.

Dari Kika Sprangers Quintet (Belanda), Ozma Quintet (Perancis), Idang Rasidji feat. Tompi dan Margie Segers, Tohpati Bertiga hingga beragam komunitas Jazz se-Nusantara dihadirkan untuk menghibur para penikmat musik di Yogyakarta.

Baca Juga: Garuda Indonesia Caplok Sriwijaya Air, Ini Penjelasannya

Lantas, adakah hal berbeda yang disajikan Ngayogjazz 2018 kali ini? Tim Guideku.com menemukan jawabannya melalui Novindra Diratara atau yang akrab disapa Gus Vin, panitia penyelenggara Ngayogjazz dalam konferensi pers yang diadakan festival tahunan tersebut, Kamis (15/11/2018) di Hotel Innside, Yogyakarta.

1. Desa jadi mitra yang aktif

Gus Vin menyebut tak ada perbedaan signifikan yang akan ditawarkan Ngayogjazz tahun ini.

Baca Juga: Turis Dipalak di Taksi, Sopir: Ngitungnya Pakai Aplikasi Nih!

Namun ada perkembangan menarik yang dirasakan Ngayogjazz sebagai festival budaya yang sudah belasan tahun terselenggara.

''Rasanya sama saja Ngayogjazz tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, tahun ini kami merasa cukup berhasil menggaet desa menjadi mitra yang turut aktif mendukung Ngayogjazz,'' papar Gus Vin.

Warga Desa Gilangharjo, tempat penyelenggaraan Ngayogjazz 2018, menurut Gus Vin, memiliki antusias yang bahkan melampaui ekspektasi panitia.

Baca Juga: Dari Rock Sampai Klasik, Inilah 5 Negara Bagi Kamu Penggila Musik

Saking antusiasnya, saat panitia belum melakukan persiapan, warga telah menyisir sejumlah perencanaan, mulai dari mengatur alur lalu lintas hingga segala macam persiapan yang berfungsi untuk kelangsungan acara dengan berkoordinasi bersama karang taruna setempat.

2. Jazz tidak lagi eksklusif

Konferensi Pers Ngayogjazz 2018 di Hotel Innside (Guideku.com/Adit)
Konferensi Pers Ngayogjazz 2018 di Hotel Innside (Guideku.com/Adit)

 

Selain itu, menurut Gus Vin satu hal yang membuat Ngayogjazz berbeda dengan festival jazz pada umumnya yakni keberhasilan festival tahunan ini meleburkan musik jazz di masyarakat sehingga tak lagi jadi musik yang eksklusif.

''Di sisi lain, Ngayogjazz sebagai produk seni menurut saya cukup berhasil membuat jazz menjadi sesuatu yang tidak eksklusif hingga dapat dinikmati banyak kalangan dengan latar belakang yang berbeda,'' tambah Gus Vin.

3. Mendatangkan lebih banyak musisi luar negeri

Gus Vin juga menyebut salah satu hal yang membedakan Ngayogjazz tahun ini dengan tahun sebelumnya yakni keberhasilan panitia bekerja bersama lembaga kebudayaan seperti IFI (Institut Français Indonesia) dan Erasmus Huis guna mendatangkan musisi-musisi luar negeri.

''Tahun ini ada banyak tamu dari luar negeri yang bersedia terlibat di Ngayogjazz seperti Kika Sprangers Quintet dari Belanda, Ozma Quintet dari Perancis, dan Rodrigo Parejo Quartet dari Spanyol. Tak hanya itu, tahun ini kita juga berhasil mendatangkan musisi jazz legendaris Indonesia sekaliber Idang Rasidji, Mergie Segers hingga Tompi,'' terang Gus Vin.

Saat ditanya alasan mengapa banyak musisi luar negeri yang terlibat tahun ini, Gus Vin menyebut:

''Hal ini guna mengembangkan lebih lebar jaringan kultural kita. Kami berharap musisi-musisi dari luar negeri akan menceritakan kembali pengalaman mereka saat bermain di Desa Gilangharjo. Mereka juga bisa merasakan makanan dan pengalaman bersentuhan dengan masyarakat dan kebudayaan Indonesia. Nantinya ini bisa bermanfaat untuk pariwisata Jogja dan Indonesia,'' lengkap Gus Vin.

Berita Terkait TERKINI
Ada banyak promo menarik saat kamu memutuskan liburan pakai kartu kredit....
event | 16:59 WIB
Ada berbagai program mudik gratis 2024 yang terlalu sayang dilewatkan....
event | 16:59 WIB
Film Tekken 2 Kazuyas Revenge ini akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) pukul 23....
event | 14:48 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) akan menayangkan film Greenland pada pukul 21.00 WIB....
event | 14:35 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Minggu (25/12/2023) akan menayangkan film bergenre action/mandarin rilis tahun 2016 b...
event | 15:12 WIB
Berikut sinopsis film Batman v Superman: Dawn of Justice yang akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, M...
event | 14:59 WIB
Film Hacksaw Ridge ini dijadwalkan akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Minggu (24/12/2023) pukul 23.30 WIB....
event | 20:18 WIB
Film Hellboy (2019) akan menghiasi layar bioskop Trans TV hari ini, Minggu (24/12/2023) pukul 21.30 WIB. Film ini bergen...
event | 19:49 WIB
Film bergenre action yang dirilis tahun 2011, dan disutradarai oleh Olivier Megaton, yakni Colombiana dijadwalkan tayang...
event | 08:35 WIB
Film Wonder Woman (2017) akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Jumat (22/12/2023) pukul 21.30 WIB. Dibintangi Gal G...
event | 08:17 WIB
Tampilkan lebih banyak