Food

Sensasi Nikmatnya Kopi Joss Khas Yogyakarta yang Membakar Lidah

Nggak cukup satu gelas, kopi yang satu ini dijamin bikin kamu nagih.

Tinwarotul Fatonah | Arendya Nariswari

Kopi Joss di Yogyakarta. (Instagram/@alafoodies)
Kopi Joss di Yogyakarta. (Instagram/@alafoodies)

Guideku.com - Jalan-jalan ke kota gudeg, nggak lengkap rasanya jika tidak wisata kuliner khas Yogyakarta. Buat kalian para pecinta kopi, ada menu unik khas Yogyakarta yang wajib banget kamu coba. Kopi Joss namanya, minuman yang satu ini punya ciri khas yang unik banget, lho.

Kalau biasanya penjual kopi menuangkan minuman di dalam gelas kemudian dihidangkan kepada pelanggan, beda dengan kopi Joss khas Yogyakarta ini. Penjual Kopi Joss akan mencelupkan arang ke dalam gelas kopi dalam keadaan panas. Mendapat julukan Kopi Joss karena ketika arang dimasukan ke dalam gelas, suaranya akan berbunyi "Josss," unik banget ya?

 

Nggak perlu khawatir, arang yang ada dalam Kopi Joss ini justru membrikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Arang yang dibakar dengan suhu 250 derajat biasanya akan berubah menjadi karbon aktif yang jadi pengikat racun di tubuh. Minuman ini juga punya julukan keren, lho. The Charcoal Coffee kalau orang asing menyebutnya.

Bukan sembarangan, arang yang digunakan untuk Kopi Joss haruslah yang berjenis Kayu Sambi. Arang ini biasanya berasal dari Kayu Sambi yang ada di Kalimantan. Biasanya penjual Kopi Joss tak hanya menjual minuman, melainkan berbagai kuliner unik khas Yogyakarta lainnya.

Kopi Joss di Yogyakarta. (Instagram/@devicngunyah,@aprieyanti)
Kopi Joss di Yogyakarta. (Instagram/@devicngunyah,@aprieyanti)

Mulai dari Sate Kere, hingga Nasi Kucing bisa kamu cicipi semua di sini. Nggak bakal bikin kantong kering, harga makanan dan minuman di sini murah-mutah banget.

Dengan uang Rp 15.000, kamu udah bisa makan kenyang dan minum enak di sini. Tertarik untuk mencoba? Jangan lupa mampir sini ya, kalau mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta.

Berita Terkait

Berita Terkini