Food

Unik, Kuliner Ini Sengaja Disajikan Dingin saat Musim Panas!

Bukan sekadar es krim atau jus buah, yuk kenalan dengan kuliner yang menyegarkan ini.

Rendy Adrikni Sadikin | Amertiya Saraswati

Kuliner yang sengaja disajikan dingin! (Unsplash)
Kuliner yang sengaja disajikan dingin! (Unsplash)

Guideku.com - Saat udara sedang panas-panasnya, pasti banyak yang kepikiran untuk makan es krim atau mencari minuman dingin. Tapi, bagaimana dengan makanan? Ternyata, kuliner dari Jepang dan Korea ini memang sengaja disajikan dingin saat musim panas tiba, lho!

Meski kedengarannya aneh dan tidak biasa, inilah daftar kuliner unik khas musim panas yang sudah diringkas Guideku.com.

1. Somen

Somen (pinterest.com)
Somen (pinterest.com)

Kuliner yang satu ini berupa mie putih yang terbuat dari gandum. Mie ini disajikan dingin dan dimakan dengan cara mencelupkannya terlebih dahulu ke dalam kuah.

2. Hiyashi chuka

Hiyashi chuka (pinterest.com)
Hiyashi chuka (pinterest.com)

Sedikit mirip dengan somen, tapi kalau hiyashi chuka ini dibuat dengan menggunakan mie ramen dingin yang dihiashi irisan sayuran tipis-tipis dan pelengkap lainnya. Penampilannya saja sudah berwarna-warni dan menarik, lho!

3. Rei shabu

Rei shabu (pinterest.com)
Rei shabu (pinterest.com)

Kalau mendengar shabu-shabu, pasti yang ada di bayangan kita adalah daging dan sayur yang dimasak dalam kuah kaldu mendidih. Namun, rei shabu ini berbeda karena dagingnya disajikan dalam kondisi dingin sementara sayurannya masih mentah.

4. Tanuki udon

Tanuki udon (pinterest.com)
Tanuki udon (pinterest.com)

Tanuki udon ini mirip dengan somen, tapi sesuai namanya, mie yang digunakan adalah mie udon. Kuliner yang satu ini biasanya disajikan dengan topping sayuran segar, rumput laut, dan agedama (remah tempura).

5. Naengmyeon

Naengmyeon (pinterest.com)
Naengmyeon (pinterest.com)

Beralih ke Korea, kali ini ada mie yang disajikan dengan kuah kaldu dingin, daging, dan telur. Hm, kelihatannya lezat, ya?

6. Naeng kongguksu

Naeng kongguksu (pinterest.com)
Naeng kongguksu (pinterest.com)

Mie yang satu ini lebih unik lagi! Alih-alih kuah kaldu, naeng kongguksu disajikan dengan kuah dingin yang terbuat dari kedelai yang digiling. Kira-kira seperti apa nih rasanya?

7. Chogye guksu

Chogye guksu (pinterest.com)
Chogye guksu (pinterest.com)

Ternyata ada lagi nih sajian mie dari Korea yang kuahnya cukup unik. Sesuai namanya, ‘cho’ berarti cuka dan ‘gye’ berarti ayam, kuah chogye guksu dibuat dari perpaduan kaldu ayam dan cuka yang didinginkan, lalu diberi taburan ayam.

8. Memilmakguksu

Memilmakguksu (pinterest.com)
Memilmakguksu (pinterest.com)

Terakhir, ada memilmakguksu atau mie soba yang biasanya disajikan saat musim panas dengan kuah kaldu, kimchi, sayuran, daging, dan gochujang (pasta cabai merah).

Bagaimana? Tertarik mencoba kuliner dingin yang dapat menyegarkanmu di tengah udara panas ini?

Berita Terkait

Berita Terkini