Food

Nggak Perlu Takut, Cek Fakta di Balik Kopi Luwak yang Terbakar

Jangan mudah termakan berita hoax ya, guys!

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Ilustrasi Kopi (Pixabay)
Ilustrasi Kopi (Pixabay)

Guideku.com - Ada-ada saja jenis informasi yang tersebar di media sosial belakangan ini. Salah satunya adalah video viral yang beredar di instagram mengenai seorang lelaki yang membakar bubuk kopi.

Bubuk kopi yang kemudian diketahui sebagai kopi cap luwak ini sontak membuat heboh dan resah masyarakat.

Banyak yang mengira bahwa insiden ini sama artinya dengan bubuk kopi tersebut tidak layak untuk dikonsumsi atau dapat membahayakan kesehatan. Duh, ada-ada saja, kan?

Padahal, di balik video kopi cap luwak terbakar tersebut, sebenarnya ada penjelasan ilmiahnya, lho!

Ilustrasi Bubuk Kopi (Pixabay)
Ilustrasi Bubuk Kopi (Pixabay)

Sebenarnya, bubuk kopi bisa terbakar akibat kandungan oksigen yang ada di dalam gula. Seperti yang kita tahu, banyak kopi-kopi kemasan yang sudah mengandung gula di dalamnya.

Nah, kandungan gula dalam bentuk serbuk inilah yang membuat bubuk kopi jadi mudah terbakar saat terkena kontak dengan api.

Penjelasan itu juga sudah didukung oleh BPOM yang menyatakan bahwa serbuk kopi cap luwak dapat terbakar karena bentuk partikelnya yang halus, serta kadar minyak dan air yang rendah.

Bukan cuma kopi, ternyata produk makanan lainnya seperti bubuk cabe, bubuk merica, terigu, pati jagung, kentang, hingga susu bubuk pun rupanya bisa dengan mudah terbakar, lho! Jadi, kopi bukan satu-satunya minuman atau makanan yang bisa terbakar, nih.

Meski begitu, bukan berarti produk-produk tersebut tidak aman dan dapat tahu-tahu meledak, kan?

Makanya, jangan mudah termakan hoax sebelum mempelajari informasi sebenarnya ya, guys!

Berita Terkait

Berita Terkini