Food

Santap Makanan di Kuil, 11 Orang Tewas dan Puluhan Lain Keracunan

Saat semua silap dengan agama, nalar pun dikebiri.

Dinar Surya Oktarini | Aditya Prasanda

Ilustrasi masakan India (Pixabay /Shameersrk)
Ilustrasi masakan India (Pixabay /Shameersrk)

Guideku.com - Buruknya pengelolaan festival agama di India kerap menyebabkan tidak sedikit relawan yang terlibat di dalamnya termasuk pihak keamanan kewalahan menghadapi kerumunan masa yang hadir.

Hal serupa terjadi pada upacara umat Hindu di sebuah kuil di India, Sabtu (15/12/2018) yang menelan 11 orang korban tewas dan 29 orang lainnya kritis akibat menyantap nasi persembahan yang diduga mengandung racun.

Para pasien yang masih bertahan, menjalani masa perawatan di bermacam rumah sakit di Mysore, sebuah kota di negara bagian Karnataka. Tubuh mereka menggelepar, pernapasan sesak, dan diare tak terhindarkan.

Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

Dari sejumlah saksi mata yang mengikuti upacara keagamaan di Kuil Kicchukatti Maramma, makanan yang dihidangkan di kuil mengeluarkan bau menyengat serupa tomat busuk.

Nahas antrian masyarakat yang berebut tempat paling depan, tanpa pikir panjang menyantap nasi persembahan tersebut.

Tak butuh waktu lama, mereka yang menyantap hidangan itu lantas muntah dan mengeluarkan busa yang begitu banyak dari mulut.

Petugas kesehatan setempat mengeluarkan diagnosa awal yang menyebut tak menepis kemungkinan orang-orang itu terkena dampak racun yang dicampurkan ke dalam beras.

Sebab kejadian ini, pemerintah India mengumumkan akan memberikan kompensasi sebesar 500 ribu rupee atau sekitar Rp 100 juta pada masing-masing keluarga korban.

Berita Terkait

Berita Terkini