Wimby Anandya: Jadi Barista Perbanyak Relasi dan Pengetahuan

Barista tak hanya sekadar menyajikan kopi, lebih dari itu . . .

Dinar Surya Oktarini | Aditya Prasanda
Minggu, 16 Desember 2018 | 11:00 WIB
(Instagram Wimby Anandya Putri)

(Instagram Wimby Anandya Putri)

Guideku.com - Nyaris setahun, Wimby Anandya Putri menekuni profesi barunya sebagai barista di SUA Coffee, sebuah Coffee Shop di kawasan Demangan, Yogyakarta. Dan ini kali kesekian peruntungan yang coba ia tempuh.

Beragam pekerjaan sempat ia cicipi dari freelance di museum dan kompetisi basket DBL (Development Basketball League) hingga menjadi pramugari maskapai penerbangan, Batik Air.

Pekerjaan yang disebutkan terakhir boleh disebut punya andil besar hingga Wimby kini memutuskan menapaki dunia perkopian sebagai jalan hidupnya.

Baca Juga: Khawatir Dipersekusi, Australia Larang Warganya ke Bali

Kerasnya tuntutan kerja sebagai pramugari membuat Wimby berani banting setir menjadi seorang peracik kopi dengan lingkungan kerja yang lebih bersahabat.

Saran sang kakak yang mengarahkan Wimby untuk menyematkan lamaran demi lamaran ke coffee shop di Yogyakarta pun jadi babak pembuka perjalanan baru gadis kelahiran 1997 tersebut.

''Aku balik ke Jogja bulan Februari kemarin, akhirnya mikir-mikir nyari kerjaan yang beda aja. Dari saran kakak, aku mulai memasukkan CV ke bermacam coffee shop di Jogja. Lalu Maret masuk SUA Coffee,'' tutur Wimby saat ditemui Guideku.com.

Baca Juga: Australia Resmi Akui Yerusalem Barat Ibukota Israel, Tapi...

(Instagram Vigiliusandoyo)
(Instagram Vigiliusandoyo)

 

Tak sekalipun Wimby menyesali keputusannya bekerja sebagai barista, ia mengaku lebih menikmati kesehariannya saat ini.

''Saat menjadi pramugari, aku ngerasa kurang cocok dengan lingkungan kerjanya, tekanannya juga besar. Beda dengan sekarang. Jadi barista itu seru. Kalo di SUA Coffee, bekerja itu berasa seperti tidak sedang kerja, karena selalu senang, nggak pernah ada tekanan dan temannya banyak,'' ungkap Wimby sumringah.

Baca Juga: Di Negara Ini Ada yang Korupsi Rp 10 Ribu Dipenjara, di Sini?

Tak hanya lepas dari tekanan pekerjaan yang tidak ringan kala harus mengudara 4 kali dalam sehari selama 6 hari dalam sepekan, sebagai barista Wimby mengaku menemukan banyak hal baru yang sebelumnya tak pernah ia bayangkan, dari sekadar obrolan dengan bermacam klien hingga bertemu banyak teman.

''Dunia kopi itu ternyata tidak hanya sekadar menikmati dan menyajikan kopi. Dari kopi, aku bisa bertemu banyak sekali relasi dan menambah banyak pengetahuan yang nggak pernah aku bayangkan sebelumnya,'' terang Wimby.

(Instagram SUA Coffee)
(Instagram SUA Coffee)

 

Baca Juga: Dari Pramugari Jadi Barista, Ini Alasan Wimby Anandya Hijrah

Menyadari networking begitu penting dalam dunia barista, penggemar kopi latte dan ice americano ini mengaku cukup tertantang memperlebar jaringan pertemanan dan tak kenal henti menambah pengetahuannya soal dunia kopi.

''Untuk nambah relasi dan pengetahuan soal kopi biasanya aku main ke coffee shop. Lalu jika melihat ada sesuatu yang belum pernah aku lakukan, kepo gitu ke baristanya, nanya banyak hal, kenalan dengan banyak barista, datang ke coffee week, dan ngelihat lomba latte art,'' tutup Wimby.

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak