Jokowi Mampir di Sop Iga dan Ingkung Mbah Geol, Pemilik Warung Terkejut

Hendri Prasetyo, mengatakan bahwa Jokowi sangat menyukai makanan yang disajikan di warung tersebut.

Dany Garjito
Selasa, 31 Desember 2019 | 16:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) santap siang di Warung Sop Iga dan Ingkung Mbah Geol Bantul setelah meresmikan Bendung Kamijoro, Selasa (31/12/2019). - (SUARA kontributor/Julianto)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) santap siang di Warung Sop Iga dan Ingkung Mbah Geol Bantul setelah meresmikan Bendung Kamijoro, Selasa (31/12/2019). - (SUARA kontributor/Julianto)

Guideku.com - Setelah meresmikan Bendung Kamijoro di Kulon Progo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan langsung makan siang. Warung Sop Iga dan Ingkung Mbah Geol jadi tujuan. Lokasi Warung Sop Iga dan Ingkung Mbah Geol ada di Padukuhan Semampir, Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, yang menjadi pilihan Jokowi santap siang.

Warung makan yang berada di Jalan Raya Sedayu-Pajangan ini menjadi pilihan karena menu yang disajikan memiliki kekhasan tradisional. Sop iga dan ingkung ayam kampung menjadi pilihan Jokowi bersama rombongan.

Pemilik warung, Hendri Prasetyo, mengatakan bahwa Jokowi sangat menyukai makanan yang disajikan di warung tersebut. Untuk menjamu para tamu, termasuk presiden, kali ini pihaknya sengaja menghadirkan menu yang selama ini menjadi andalan dari warung tersebut.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendung Kamijoro, Warga Bantul dan Kulon Progo Rebutan Kaus

"Kami menyajikan ingkung original sama ingkung goreng," kata Hendri, Selasa (31/12/2019), seperti dikutip dari SuaraJogja.id.

Hendri mengaku, tidak ada hidangan khusus yang disajikan kepada Jokowi. Namun, menu yang dipesan oleh Jokowi adalah menu menu spesial di warung tersebut. Di antaranya iga bakar madu, gurame bakar madu, ayam ingkung Jawa original, ingkung Jawa bakar, serta ingkung Jawa goreng.

Untuk melepas dahaga, Jokowi memesan minuman tradisional beras kencur dan kunir asem. Disediakan pula melon squash dan juga leci squash, dan yang dipilih Jokowi ternyata kelapa muda murni.

Baca Juga: 7 Fakta Bendung Kamijoro yang Diresmikan Jokowi, Tamannya Instagenic Banget

"Kalau makanan yang disantap beliau Ingkung Jawa Original," tutur Hendri.

Ingkung Jawa Original adalah ingkung yang dimasak agak lama menggunakan santan dengan api kecil, sehingga keluarlah 'areh' atau sari santan.

Hendri Prasetyo, pemilik Warung Sop Iga dan Ingkung Mbah Geol Bantul, memberi keterangan pada wartawan setelah rumah makannya dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk santap siang, Selasa (31/12/2019). - (SUARA kontributor/Julianto)
Hendri Prasetyo, pemilik Warung Sop Iga dan Ingkung Mbah Geol Bantul, memberi keterangan pada wartawan setelah rumah makannya dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk santap siang, Selasa (31/12/2019). - (SUARA kontributor/Julianto)

Hendri mengaku sangat senang dan bangga didatangi oleh Jokowi. Namun dia sedikit terkejut dan tidak menyangka, tempat yang kecil ternyata dipilih oleh tamu negara selevel Presiden Jokowi.

Baca Juga: Beli Kaus di Malioboro, Jokowi Habiskan Uang Segini

Hendri mengatakan, dirinya dihubungi oleh pihak Paspampres sejak Jumat (27/12/2019), sehingga ia hanya memiliki waktu dua hari untuk menyiapkan tempat dan segala sesuatunya, termasuk makanan. Selain itu, sudah dilakukan juga uji menu yang oleh BPOM pagi sebelum Jokowi tiba.

"Tadi sebelum Bapak Jokowi ke sini sudah ada BPOM yang melakukan uji makanan yang kami sajikan," tambahnya.

Kontributor: Julianto

SuaraJogja.id/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Berita Terkait TERKINI
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Tampilkan lebih banyak