Food

Jangan Sembarangan, Ini Tips Memasak Ikan dari Air Banjir

Bagaimana cara mengolah ikan dari hasil memancing di air banjir?

Dany Garjito

Ilustrasi Ikan Salmon. (Unsplash/LoveToTakePhotos)
Ilustrasi Ikan Salmon. (Unsplash/LoveToTakePhotos)

Guideku.com - Ada saja aktivitas yang dilakukan warga saat banjir melanda, mulai dari berenang hingga memancing. Mereka umumnya melakukan hal itu sebagai sarana hiburan, sembari menunggu banjir reda. Dan bukan tak mungkin mereka akan mendapat beberapa potong ikan hasil mengail atau memancing di air banjir.

Lalu, bolehkah ikan hasil memancing di air banjir tersebut dikonsumsi? Ternyata boleh saja. Menurut ahli gizi Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, ikan hasil pancingan di air banjir boleh dikonsumsi.

"Nggak apa-apa, makan saja ikannya, toh dimasak," ujar Prof. Sulaeman, Rabu (1/1/2020), seperti dikutip dari Suara.com.

Meski begitu, Prof. Sulaeman mengingatkan ikan jangan dulu langsung diolah. Sebaiknya, ikan dibiarkan dulu berenang di dalam air bersih selama beberapa jam agar kuman dari air banjir keluar melalui insangnya.

"Kalau saya sarankan, sebelum ikan digoreng, sebelum ikannya mati, dibiarkan dia berenang di air yang bersih, supaya keluar kotorannya. Paling beberapa jam atau semalaman," ungkap Prof. Sulaeman.

Saran lainnya, ikan sebaiknya dimasak dengan cara digoreng, jangan dibakar ataupun diolah dengan cara lain. Ini karena menggoreng ikan lebih ampuh membunuh kuman dibanding dengan cara dibakar.

"Setelah itu, ikan boleh digoreng hingga matang. Jangan dibakar, karena kalau dibakar cenderung bagian dalamnya tidak matang. Kalau tidak matang, bakteri-bakterinya belum mati, masih hidup," tutupnya.

SUARA.com/Dini Afrianti Efendi

Berita Terkait

Berita Terkini