Food

CEK FAKTA: Video Anak Disuapi Sop Berudu Terjangkit Virus Corona?

Narasi menyebutkan anak itu terjangkit Virus Corona. Ternyata ini faktanya!

Rendy Adrikni Sadikin

Anak Kecil di China Disuapi Kecebong Hidup, Videonya Viral. Tangkapan layar (twitter.com/ronnie_yeung)
Anak Kecil di China Disuapi Kecebong Hidup, Videonya Viral. Tangkapan layar (twitter.com/ronnie_yeung)

Guideku.com - Sebuah rekaman video yang memperlihatkan seorang anak di China disuapi sop berisi berudu oleh orang dewasa beredar di jagat maya. Video tersebut dikaitkan dengan Virus Wuhan atau Virus Corona yang tengah mewabah.

Video tersebut disebarkan oleh pengguna akun jejaring sosial Twitter.com, @_DavidAsher dan dibagikan sekitar 1,4 ribu kali oleh warganet. Mendadak, video tersebut pun viral di jagat maya.

Dalam narasi yang disampaikan melalui video tersebut, akun @_DavidAsher mengaitkannya dengan Virus Corona dan beberapa virus yang sempat muncul di China, yakni flu babi dan flu burung.

Akun tersebut juga menyebut masyarakat China merupakan masyarakat yang korup. Dia pun mengajak publik untuk menyelamatkan anak-anak di China, salah satunya yang menyantap sup berudu ini.

Berikut cuitan di akun Twitter tersebut seperti dikutip Guideku.com dari laman Turnbackhoax.id, Senin (27/1/2020):

“Flu babi muncul di Cina, dan flu burung menyebar dari Cina ke dunia, dan sekarang virus korona telah muncul, dan penyakit ini telah muncul di Cina.

Masyarakat Cina adalah masyarakat yang korup secara mental. Kita harus menyelamatkan anak-anak ini.

Tiongkok telah menjadi ancaman bagi kemanusiaan.

#Corona”.

Heboh video anak disuapi berudu. (Turnbackhoax.id)
Heboh video anak disuapi berudu. (Turnbackhoax.id)

 

PENJELASAN

Sejatinya, video tersebut merupakan fakta. Namun, konten asli tersebut dipadankan dengan konteks informasi yang salah. Dalam hal ini, sumber mencantumkan Virus Corona yang mewabah.

Sumber--dalam hal ini akun @_DavidAsher--membagikan video mengenai anak yang disuapi berudu hidup yang viral pada 2018. Kemudian, sumber menambahkan narasi yang tidak berkaitan sehingga menimbulkan kesimpulan yang salah.

Berita terkait anak yang disuapi berudu sempat dipublikasikan oleh laman The Strait Times pada 4 April 2018. Judul artikel tersebut: "Sebuah klip yang memperlihatkan orang dewasa menyuapi berudu ke anak kecil mendadak viral di China, dokter mengimbau kemungkinan infeksi".

“Sebuah klip video di media sosial Tiongkok memperlihatkan seorang dewasa yang memberi makan anak kecil apa yang tampak seperti berudu dalam mangkuk berisi cairan mendorong seorang dokter anak Tiongkok untuk memperingatkan masyarakat tentang kemungkinan infeksi yang dapat timbul akibat melakukannya.”

Heboh video anak disuapi berudu. (Turnbackhoax.id)
Heboh video anak disuapi berudu. (Turnbackhoax.id)

 

FAKTA

Konten ini hoaks. Konten yang asli terkait anak disuapi berudu disandingkan dengan informasi yang salah sehingga menimbulkan kesimpulan yang salah.

Berita Terkait

Berita Terkini