Food

Ngangenin, Ini 4 Rekomendasi Kuliner Bantul Dekat Museum History of Java

Puas menikmati wisata edukasi di Museum History of Java, yuk berburu kuliner khas Bantul berikut ini.

Dany Garjito | Arendya Nariswari

Waroeng Pohon Omah Swah. (Instagram/@nurirashahira)
Waroeng Pohon Omah Swah. (Instagram/@nurirashahira)

Guideku.com - Meskipun lokasi kabupaten Bantul terbilang sedikit jauh dari jantung Kota Yogyakarta, kawasan ini rupanya menyimpan segudang pesona luar biasa memikat khususnya untuk para wisatawan.

Salah satunya yang wajib kalian sambangi ketika berkunjung ke Bantul ialah Museum History of Java. Bangunan museum ini begitu khas, bak Piramida Giza yang ada di Mesir.

Meskipun namanya terdengar sangat tradisional, jangan salah, di sini kalian bisa belajar budaya Jawa dengan cara berbeda, lengkap menggunakan teknologi kekinian.

Nah, usai berkunjung ke Museum History of Java, kalian juga bisa berburu kuliner lezat lho di Bantul, yuk intip selengkapnya di bawah ini.

1. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto (Guideku.com/Adit)
Mangut Lele Mbah Marto (Guideku.com/Adit)

 

Meskipun sedikit harus blusukan, Mangut Lele Mbah Marto ini rasa-rasanya pantang untuk kalian lewatkan begitu saja.

Sajian ikan lele di sini dihidangkan dengan kuah sanran dan bumbu pedas yang luar biasa menggugah selera. Kuliner legendaris ini namanya sudah populer dan terbilang selalu laris manis menjelang jam makan siang.

Kini warung Mangut Lele Mbah Marto ini ada dua, yang pertama berada di Jalan Sewon Indah dan Jalan Parangtritis kilometer 14,5, Desa Gaduh Patalan.

Dari Museum History of Java, Mangut Lele Mbah Marto ini berjarak kurang lebih 1,9 kilometer atau dapat ditempu dalam waktu 6 menit berkendara.

Bukan hanya mangut lele, Mbah Marto juga punya sajian gudeg khas Yogyakarta yang juga wajib kalian coba.

2. Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa Mbah Mo. (Instagram/@makankalap)
Bakmi Jawa Mbah Mo. (Instagram/@makankalap)

 

Tak kalah legendaris, inilah dia Bakmi Jawa Mbah Mo. Sudah berdiri sejak tahun 1986, Mbah Mo punya sajian bakmi Jawa yang rasanya nendang luar biasa.

Uniknya lagi, Bakmi Jawa Mbah Mo ini tetap terasa gurih manis sedap tanpa tambahan kecap. Rahasia kelezatan Bakmi Jawa Mbah Mo yang tidak bisa ditemukan di tempat lain ini terletak pada racikan telur bebek dan daging ayam kampungnya.

Buka mulai pukul 17.00-23.00 WIB, Bakmi Jawa Mbah Mo ini beralamat di Jalan Parangtritis Kilometer 11, Trirenggo, Bantul.

Bakmi Jawa Mbah Mo sendiri berjarak kurang lebih 5,9 kilimeter dari Museum History of Java atau dapat ditempuh selama 12 menit berkendara.

3. Kafe 80's Bocor Alus

Kafe 80's Bocor Alus. (Guideku/Arendya)
Kafe 80's Bocor Alus. (Guideku/Arendya)

 

Pengen yang kekinian, tapi nggak jauh-jauh bikin kalian bernostalgia? Nah, Kafe 80s Bocor Alus ini bisa jadi jawaban atas rasa gundah gulana yang kalian rasakan.

Unik bukan main, Kafe 80S Bocor Alus ini bak mesin waktu yang akan membawa kalian bernostalgia. Selain instagenic dan dipenuhi barang antik, papan tulisan di Kafe 80s Bocor Alus ini siap membuat kalian baper.

Soal makanan juga jangan ditanya deh, Kafe 80s Bocor Alus ini punya berbagai menu yang dibanderol mulai dari harga dibawah Rp 10 ribuan.

Beberapa di antaranya ada sayur asem, lodeh sampai dengan berbagai macam gorengan. Buka mulai pukul 11.00-23.30 setiap harinya, Kafe 80s Bocor Alus ini beralamat di Jalan Parangtritis Kilometer 5,5.

Jaraknya dari Museum History of Java hanya 850 meter atau bisa ditempuh travelers dengan hanya 3 menit berkendara saja.

4. Waroeng Pohon Omah Sawah

Waroeng Pohon Omah Swah. (Instagram/@nurirashahira)
Waroeng Pohon Omah Swah. (Instagram/@nurirashahira)

 

Syahdunya bukan main, Waroeng Pohon Omah Sawah ini cocok banget untuk kalian kunjungi bersama keluarga dan sahabat.

Area warung makan yang terbilang luas dan Instagramable serta teduh dikelilingi pohon ini punya sajian menu spesial yakni Ingkung Ayam.

Segala jenis macam makanan di Waroeng Pohon Omah Sawah ini juga terbilang cukup terjangkau yakni dibanderol mulai dari harga Rp 5 ribuan.

Beralamat di Jalan Parangtritis Kilometer 6, Waroeng Pohon Omah Sawah ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Lokasi Waroeng Pohon Omah Sawah juga tidak terlalu jauh dari Museum History of Java atau sekitar 650 meter saja. Menariknya lagi, rumah makan ini juga punya fasilitas berupa WiFi!

Jadi bagaimana travelers? Siap menjelajah kuliner di Bantul yang lokasinya tak jauh dari Museum History of Java ini?

Berita Terkait

Berita Terkini