Food

Usai Sempat Santap Jamur Enoki, 4 Orang Ini Meninggal Dunia

Jamur enoki impor dari Korea ini terbukti mengandung bakteri yang menyebabkan wabah listeria.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari

Ilustrasi jamur enoki. (Unsplash/Lisanto)
Ilustrasi jamur enoki. (Unsplash/Lisanto)

Guideku.com - Belum lama ini, publik digegerkan denga meninggalnya 4 orang usai sempat mengonsumsi jamur enoki.

Padahal sejatinya, jamur enoki merupakan salah satu bahan makanan yang kerap diolah bersamaan dengan sup atau digoreng biasa kemudian dijadikan lauk pauk atau sayur.

Dikutip Guideku.com dari laman Next Shark, Jumat (13/3/2020), jamur enoki yang diimpor dari Korea Selatan tersebut terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogenes yang menyebabkan wabah listeria.

Menurut laporan kementerian kesehatan setempat, sebanyak tiga puluh orang dilaporkan mengalami sakit usai mengonsumsi jamur tersebut.

Hingga saat ini dikabarkan bahwa 17 negara bagian di Amerika Serikat dikonfirmasi memiliki wabah listeria.

Empat orang yang meninggal dunia usai mengonsumsi jamur enoki tersebut dikabarkan berasal dari New Jersey, California dan Hawaii.

Jamur enoki yang diduga kuat terkontaminasi bakteri penyebab wabah listeria ini dijual oleh perusahaan Sun Hong Foods dan diketahui kini berbasis di California.

Ilustrasi jamur enoki. (Unsplash/Nathalie Jolie)
Ilustrasi jamur enoki. (Unsplash/Nathalie Jolie)

 

Jamur dengan ciri-ciri memanjang tersebut diimpor dari Korea kemudian didistribusikan ke Florida, Texas, Oregon, Washington serta Illinois.

Pihak perusahaan sendiri telah melakukan tindakan, dengan menarik produk jamur enoki tersebut pada Senin (9/3/2020) lalu.

Sebelumnya pihak Departemen Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Michigan juga telah mengambil sampel bahwa jamur enoki tersebut positif mengandung bakteri yang menyebabkan wabah listeria.

Biasanya orang yang terinfeksi wabah listeria awalnya akan mengalami nyeri otot, sakit kepala hingga demam. Wabah listeria sangat berisiko terutama jika menyerang orang lanjut usia, wanita hamil dan bayi.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) dan Food and Drug Administration (FDA) juga telah memberikan himbauan terhadap masyarakat untuk menghindari terlebih dahulu jamur enoki impor dari Korea. Wabah listeria sendiri menurut CDC mampu bertahan hidup lebih lama ketika berada pada suhu dingin.

Berita Terkait

Berita Terkini