Food

Duh, Gunakan Alat Makan yang Sama Bisa Tertular Virus Corona Covid-19 Lho

Virus corona Covid-19 bisa menyebar dari penggunaan alat makan yang sama lho

Silfa Humairah

Ilustrasi makan bersama di restoran. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi makan bersama di restoran. (Pixabay/Free-Photos)

Guideku.com - Kebiasaan memakai alat makan yang sama mesti dihindari sekarang. Virus corona Covid-19 bisa menyebar akibat menggunakan alat makan yang sama. Bagaimana penjelasannya?

Demi mencegah penyebaran wabah virus corona penyebab sakit Covid-19, setiap orang diharuskan menjaga kesehatan, kebersihan tubuh serta kebersihan lingkungan.

Mencuci tangan menjadi salah satu kampanye yang paling sering digaungkan kepada publik.

Namun selain menjaga kebersihan tangan, menjaga kebersihan mulut juga harus diperhatikan. Hal tersebut disampaikan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Sri Hananto Seno.

Dijelaskan oleh Seno, penularan virus corona bisa terjadi melalui mukosa mulut.

"Penyebaran virus bisa melalui mulut, hidung, mata. Gigi kan ada di mulut, ada jaringan lunaknya. Kalau komunikasi terlalu dekat bisa kena dropletnya," kata dokter Seno dalam konferensi pers siaran video Pepsodent X PDGI, Jumat (20/3/2020).

Itu artinya, seseorang yang terinfeksi virus corona bisa menyebarkan kepada orang lain melalui air liur, salah satunya terjadi melalui penggunaan alat makan yang sama.

"Misalnya ada anggota keluarga positif tapi gak terasa karena masa inkubasi belum tuntas. Pas masa inkubasi itu bisa lepas dari air liur kemudian ditularkan lewat sendok yang dipakai bersama," ucapnya.

Restoran juga bisa menjadi tempat penularan virus corona Covid-19 jika peralatan makan tidak dicuci dengan bersih.

"Makanya PDGI tekankan harus steril sebelum digunakan," tegas Seno.

Karenanya, Seno menyarankan sebaiknya alat-alat makan digunakan masing-masing. Tentu saja sambil tetap menjaga kebersihan tangan. (Lilis Varwati)

Berita Terkait

Berita Terkini