Travel

Lestarikan Budaya, Youtuber Ini Terkenal dengan Konten Berbahasa Daerah Lho

Youtuber ini pun bisa bertahan dan sukses dengan mengangkat bahasa daerah

Silfa Humairah

Bayu Skak.  (www.instagram.com)
Bayu Skak. (www.instagram.com)

Guideku.com - Indonesia kaya akan budaya, tradisi hingga bahasa daerah. Di tanah air, konten kreator saat ini menjadi salah satu profesi yang menjanjikan. Youtuber ini pun bisa bertahan dan sukses dengan mengangkat bahasa daerah.

Sederet youtuber berikut berhasil menarik perhatian masyarakat karena sering membuat konten berbahasa daerah. Sambil melestarikan bahasa daerah juga nih dilansir Guideku.com dari Keepo.me.

1.Bayu Skak

Bayu Skak.  (www.instagram.com)
Bayu Skak. (www.instagram.com)

Sejak masih duduk di bangku sekolah, Bayu Eko Moektito alias Bayu Skak sudah aktif membuat konten di Youtube. Konten yang diunggahnya berisi dagelan alias lawakan. Ia menjadi konten kreator pertama yang menggunakan bahasa daerah dan disukai oleh banyak orang. Karena kebanyakan menggunakan bahasa Jawa, ia pun menyediakan subtitle dalam bahasa Indonesia.

2.Arif Muhammad (Mak Beti)

Arif Muhammad (Mak Beti). (Instagram)
Arif Muhammad (Mak Beti). (Instagram)

Nama Arif Muhammad kini diperhitungkan sebagai salah satu Youtuber di tanah air. Awalnya, Arif hanya berniat iseng mengunggah video komedi ala dirinya. Namun siapa sangka, peran Mak Beti yang dibawakannya berhasil menarik perhatian. Selain itu, bahasa Jawa dan Batak Karo yang digunakannya juga membuat kontennya semakin disukai.

3.Fiksi Aunorofik

Fiksi Aunorofik. (Instagram)
Fiksi Aunorofik. (Instagram)

Fiksi Aunorofik mengunggah konten-konten Youtube yang berbahasa Sunda. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan bahasa Sunda. Kontennya biasanya berupa sitkom atau sekadar kebiasaan dan budaya orang Sunda.

4. D_Kadoor

D_Kadoor. (Instagram)
D_Kadoor. (Instagram)

Konten yang diunggah D_Kadoor sukses mencuri perhatian masyarakat. Tingkahnya yang kocak membuat masyarakat tak jemu untuk nonton. Ia biasanya berperan sebagai emak-emak yang marah-marah dengan bahasa Jawa Timuran khas dengan gaya berkerudung yang unik.

5. Korea Reomit

Korea Reomit. (Instagram)
Korea Reomit. (Instagram)

Korea Reomit adalah channel Youtube yang dikelola oleh Jang Hansol. Jang Hansol lahir di Korea Selatan namun sempat tinggal di Malang dari kecil sampai dewasa. Karena itulah, Hansol lumayan fasih berbahasa Jawa khas Malang. Di konten-konten Youtubenya ia kerap menggunakan bahasa Jawa khas Malang.

Wah..bahasa Indonesia kaya sekali ya, travelers harus belajar bahasa daerah juga nih kalau tertarik di daerah yang masih aktif gunakan bahasa daerah.

Berita Terkait

Berita Terkini