Food

Disebut Tangkal Corona, Emak-emak Bule Taruh Bawang Bombay di Sudut Rumah

Beredar pesan WhatsApp yang menyebutkan jika bawang bombay ampuh tangkal corona.

Angga Roni Priambodo | Amertiya Saraswati

Bawang Bombay Cegah Corona (twitter.com/temmyoseni73)
Bawang Bombay Cegah Corona (twitter.com/temmyoseni73)

Guideku.com - Seiring dengan merebaknya wabah COVID-19, pesan-pesan yang mengklaim bahwa makanan atau minuman tertentu dapat menangkal virus corona makin banyak beredar.

Salah satu yang terbaru adalah dengan menggunakan bawang bombay.

Jika di Indonesia bawang bombay banyak dibicarakan karena harganya yang mengalami kenaikan, di luar negeri bawang bombay malah dipercaya dapat menangkal corona.

Hal ini dapat dilihat dari unggahan viral netizen bernama Temmy Oseni di Twitter. Melansir dari DailyMail, Temmy yang berasal dari Irlandia mengunggah foto bawang bombay yang sudah separuh dipotong di sudut-sudut rumahnya.

"Ibuku sudah meletakkan bawang bombay di setiap sudut kamar di rumah karena saran dari WhatsApp. Ini adalah puncak dari sekte ibu-ibu WhatsApp," tulisnya yang gagal paham.

Bawang Bombay Cegah Corona (twitter.com/temmyoseni73)
Bawang Bombay Cegah Corona (twitter.com/temmyoseni73)

Sejalan dengan Temmy Oseni, banyak pula netizen yang mengaku gagal paham. Namun, para netizen menyebutkan jika ibu mereka juga berlaku serupa.

"Ibuku juga..."

"Ibuku berpikir semua di WhatsApp adalah fakta."

"Ibuku menaruh semangkok air di sudut ruangan untuk menangkap roh jahat," curhat netizen lain.

Meski begitu, ada juga yang menyebutkan jika bawang bombay sebenarnya dapat memberikan manfaat.

"Bawang bombay menarik racun keluar. Orang-orang meletakkannya di bawah bantal, kaos kaki atau pakaian, atau di sisi tempat tidur ketika sakit."

"Aku menunjukkan ini ke ibuku. Ibuku bilang itu benar, itu adalah cara orang Perancis selamat dari wabah," imbuh netizen.

Namun, hingga kini masih belum ada bukti ilmiah jika bawang bombay mentah dapat membantu melawan virus corona. Bagaimana menurutmu?

Berita Terkait

Berita Terkini