Food

Ratu Elizabeth Minum Teh Pakai Susu Dituang di Akhir, Kamu Sekte yang Mana?

Lekat dengan budaya bangsawan Inggris, begini cara Ratu Elizabeth saat minum teh.

Silfa Humairah | Amertiya Saraswati

Ilustrasi tradisi minum teh. (Pixabay)
Ilustrasi tradisi minum teh. (Pixabay)

Guideku.com - Tradisi minum teh menjadi kebiasaan orang Inggris yang tidak bisa dilepaskan dari sajian sehari-hari. Perkara minum teh adalah sesuatu yang serius bagi masyarakat Inggris. Salah satu topik yang kerap diperdebatkan adalah urusan menuangkan susu ke dalam teh. Maka, tidak heran jika kebiasaan Ratu Elizabeth II dalam meminum teh ikut jadi sorotan.

Menurut pengakuan seorang mantan kepala pelayan seperti dilaporkan The Sun, sang Ratu rupanya menyukai teh jenis Earl Grey atau Assam.

Lebih lanjut, seorang mantan karyawan Pangeran Charles yang bernama Grant Harrold menyebutkan jika Ratu Elizabeth suka meminum teh Earl Grey atau Assam secara tradisional.

"Saya yakin Ratu menyukai Assam atau Earl Grey secara tradisional, dibuat dengan cara memasukkan daun teh ke poci dan diminum dengan cangkir keramik china," ungkapnya.

"Dia juga akan menyaring teh. Namun, adalah mitos bahwa anggota keluarga kerajaan menggunakan kelingking saat minum. Aku belum pernah melihatnya."

Ilustrasi minum teh panas dan kue atau roti (Pixabay/pompi)
Ilustrasi minum teh panas dan kue atau roti (Pixabay/pompi)

Sekadar informasi, Earl Grey merupakan varian teh yang memiliki rasa bergamot. Sementara Assam adalah teh hitam yang memiliki aroma wangi dan tumbuh di India.

Sementara untuk urusan susu, Ratu rupanya suka menuangkan susu setelah teh selesai diseduh. Menurutnya, ini adalah cara yang "tepat".

Tradisi ini sendiri bermula pada abad 18 silam, ketika ahli keramik Josiah Spode mulai membuat keramik china yang tidak pecah meski dituangi air panas.

Sejak saat itulah, keluarga bangsawan dan kerajaan mulai menggunakan keramik china untuk minum teh.

Di sisi lain, mereka yang tidak bisa membeli keramik china akan tetap memakai cangkir tanah liat. Bedanya, susu akan dituang lebih dulu dalam cangkir tanah liat untuk menghindari pecahnya cangkir akibat suhu panas teh. 

Berita Terkait

Berita Terkini