Food

Dikira Goreng Singkong Pakai Sampo, Ternyata Ini yang Sesungguhnya Terjadi

Sedang asyik goreng singkong, tiba-tiba muncul busa mirip dengan sampo, ada apa sebenarnya?

Silfa Humairah | Arendya Nariswari

Singkong Goreng Mekar. (Instagram/@susan_mellyani⁣)
Singkong Goreng Mekar. (Instagram/@susan_mellyani⁣)

Guideku.com - Gorengan memang menjadi salah satu makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya gorengan ini terbuat dari berbagai bahan makanan, seperti tempe, tahu, pisang hingga singkong

Nah, singkong goreng inilah yang cukup menjadi primadona para penikmat kuliner. Umumnya, agar cita rasanya semakin gurih dan nikmat, sebelum digoreng, singkong akan direndam selama beberapa menit dengan menggunakan bumbu halus. 

Namun siapa sangka, belum lama ini, ada seorang ibu-ibu mengalami kejadian tak terduga ketika sedang memasak singkong goreng di dapur?

Sungguh-sungguh terjadi, belum lama ini publik digemparkan dengan sebuah cuplikan video yang diunggah kembali oleh akun Instagram @masakvirall.

Awalnya tidak ada yang aneh dalam video tersebut, hingga akhirnya pengguna TikTok memperlihatkan kondisi penggorengan di atas kompor.

Jika biasanya kondisi minyak goreng bening seperti biasa, lain halnya dengan yang terjadi pada video berikut ini.

Bak Masak Pakai Shampoo, Munculnya Busa saat Goreng Singkong Ini Bikin Syok. (Instagram/@masakvirall
Bak Masak Pakai Shampoo, Munculnya Busa saat Goreng Singkong Ini Bikin Syok. (Instagram/@masakvirall

Bukannya tetap bening, minyak yang digunakan untuk menggoreng singong tadi justru mengeluarkan banyak busa. Bahkan tidak sedikit warganet yang mengira pengguna ibu dari pengguna TikTok tersebut menggunakan sampo untuk menggoreng singkong.

"Jadi ibu aku lagi goreng singkong, pas goreng malah keluar busa, kasihan tapi kok ngakak," tulis pemilik akun TikTok @mags_rin tersebut.

Sontak, tidak sedikit warganet lain yang ikut terkejut ketika melihat video tersebut. Beberapa orang bahkan tidak mengira akan keluar busa sebanyak itu ketika singkong tersebut sedang digoreng.

"Harusnya sebelum digoreng, singkongnya direndam dulu pakai air kapus sirih, dan jangan lupa dibilas bersih," sebut salah seorang warganet memberikan penjelasan.

"Aku pernah kayak gitu, gara-garanya singkongnya direndam pakai air kapur, tapi kapurnya kebanyakan, jadi kayak masak pakai shampoo," imbuh warganet lain.

"Minyaknya overdosis kali ya itu," timpal warganet lain memberikan tanggapan bernada candaan melalui kolom komentar.

Hingga Senin (24/8/2020), video singkong goreng yang wujud minyaknya berubah menjadi berbusa bak sampo tersebut telah ditonton sebanyak 160 ribu kali oleh warganet. Wah, adakah yang pernah mengalami kejadian serupa?

Berita Terkait

Berita Terkini