Food

Bikin Melongo, Mi Kakap Kering Jumbo Ini Ada di Yogyakarta!

Restoran Mahkota Tiongsan di yogyakarta menjual mi kakap kering yang ukurannya jumbo! Seperti apa ya penampilannya?

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna

Ilustrasi Makan Mie Goreng (Pixabay/andibreit)
Ilustrasi Makan Mie Goreng (Pixabay/andibreit)

Guideku.com - Jika biasanya mi yang kamu lihat di pasaran hanya seukuran telapak tangan, jangan kaget ya lihat mi yang disajikan Restoran Mahkota Tiongsan. Kamu bisa menemukan mi kakap kering yang ukurannya jumbo di sini! Mi ini besarnya bahkan bisa menutupi kepalamu, lho! Wah, gede banget.

Makanan berukuran raksasa ini disebut dengan mi kakap kering dan dijual oleh Restoran Mahkota Tiongsan. Restoran yang berdiri di Jalan Pajeksan, Gondomanan ini sudah berdiri sejak 1937 silam lho. Wah, legendaris juga ya.

Restoran Chinese yang sudah sepuh ini, menjual mi ikan kakap yang bisa langsung disantap maupun yang kering.

Menu dengan nama Mi Kakap Tiongsan kering memiliki 2 ukuran. Mi Kakap Tiongsan kecil, pas banget untuk dinikmati oleh 2 hingga 3 orang.

Sedangkan Mi Kakap Tiongsan yang besar, cocok untuk disantap 4 sampai 5 orang. Dijamin kenyang! 

Mi Kakap Tiongsan (TikTok @makan.pakereceh)
Mi Kakap Tiongsan (TikTok @makan.pakereceh)

Melansir dari akun Instagram @mahkotaresto, Rabu (7/10/2020)mi ini diolah dari ikan kakap, telur dan tepung. Proses pengolahan mi pun masih menggunakan cara tradisional. Tak heran, rasa yang ditawarkan masih otentik dan khas.

Akun jejaring sosial TikTok @makan.pakereceh viral usai mengunggah video saat membeli mi kering berukuran jumbo ini. Dalam video singkat tersebut, ditunjukkan wujud mi dengan diameter yang lebih besar dari kepala manusia.

Tentu saja, banyak warganet yang kaget ketika melihat mi tersebut, "Mohon maaf, butuh panci segede apa masaknya?" ujar warganet.

"Kalau mau masak mi ini, panci nenek yang biasa dipakai masak pas lebaran bakal keluar ya," tulis warganet lainnya.

Untuk harga dari mi kakap kering ukuran besar, dibanderol seharga Rp 220 ribu. Bisa dibilang harga ini terbilang cukup mahal. Namun rasa dan porsinya tentu tidak mengecewakan.

Mi Kakap Tiongsan ini belum diberi bumbu,  sehingga kamu bisa berkreasi dalam mengolahnya. Kamu bisa menjadikannya mi berkuah atau goreng.

Untuk kamu yang berada di luar Yogyakarta, jangan khawatir! Resto Mahkota Tiongsan ini melayani pengiriman ke luar kota, lho!

Daya simpan dari mi kakap kering ini pun terbilang awet kok. Jika disimpan dalam suhu ruang, mi kakap ini bisa bertahan sampai dengan satu bulan. Bahkan kalau disimpan dalam kulkas, mi kakap ini bisa awet sampai tiga bulan lho, mantap sekali bukan?

Restoran ini tak hanya menjual mi kakap,  ada pula menu tambahan seperti bakso kakap dan lumpia Hong Kong.

Selama pandemi Covid-19 restoran ini buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB. Jangan lupa untuk mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan ya.

Berita Terkini