Food

Terbukti Ampuh! Begini Cara Mudah Usir Semut di Makanan

Sering bikin risih, simak cara ampuh dan mudah agar makanan tidak dikerubuti semut.

Arendya Nariswari

Ilustrasi semut. (Pixabay/Alexas_Fotos)
Ilustrasi semut. (Pixabay/Alexas_Fotos)

Guideku.com - Saat sedang menghidangkan atau menyimpan makanan, tak jarang serangga datang dan hinggap sehingga membuat kita risih. 

Lalu sebenarnya, bagaimana cara mudah mengusir semut di makanan?

Kendati tidak menyebabkan bahaya pada semut, faktanya hal ini tetap membuat banyak orang risih.  Untuk itu, berikut Guideku.com rangkum dari Suara.com cara mengusir semut di makanan.

Pastikan bahwa bahan atau alat yang Anda gunakan untuk mengusir semut tidak akan membahayakan bagi makanan. Jadi coba gunakan alat dan bahan alami yang dapat dengan mudah ditemukan di rumah.

1. Bawang putih

Ilustrasi bawang putih. (Pexels.com/Cats Coming)
Ilustrasi bawang putih. (Pexels.com/Cats Coming)

Bisa dipastikan bahwa bumbu dapur satu ini ada di rumah Anda. Selain berguna untuk penyedap makanan, bawang putih juga dapat digunakan untuk mengusir semut di makanan.

Caranya cukup kupas bawang putih dan iris secukupnya, lalu tempatkan bawang putih di dekat makanan yang dikerumuni oleh semut

2. Lemon

Ilustrasi lemon. (Pexels/Lukas)
Ilustrasi lemon. (Pexels/Lukas)

Kandungan asam sitrat pada lemon sangat tidak disukai semut, oleh karena itu perasan lemon akan sangat efektif untuk mengusir kumpulan semut yang mendekati makanan.

Caranya cukup dengan menyemprotkan atau memeras lemon pada makanan yang didatangi semut. Namun pastikan bahwa makanan tersebut tetap nikmat setelah tercampu air lemon

3. Kopi

Biji kopi salah satu bahan pangan yang banyak mengandung kaffein. [Shutterstock]
Biji kopi salah satu bahan pangan yang banyak mengandung kaffein. [Shutterstock]

Selain cocok untuk diseduh, kopi juga cocok untuk mengusir semut, lho! Aroma kopi yang nikmat untuk kita cium ini rupanya justru dibenci oleh semut. Baunya yang menyengat akan membuat semut menjauhi area yang dipenuhi dengan kopi.

4. Garam

Ilustrasi Garam. (freepik)
Ilustrasi Garam. (freepik)

Siapa yang tidak punya bumbu dapur satu ini? Rasanya yang berlawanan dari gula membuat semut tidak tertarik dengannya.

Oleh karena itu, Anda dapat menaburkan sedikit garam pada area makanan yang didatangi semut. Namun pastikan bahwa garam ini tidak akan merusak cita rasa makanan Anda

5. Panaskan di atas kompor

Ilustrasi kompor. (Pexels)
Ilustrasi kompor. (Pexels)

Salah satu cara ampuh mengusir semut adalah dengan memanaskannya. Oleh karena itu cara ini dapat Anda pilih dengan catatan makanan yang dikerubungi semut terletak pada piring keramik atau terbuat dari bahan yang tahan panas.

Caranya cukup nyalakan api kecil kompor dan letakkan piring di atasnya hingga semut-semut menghilang

6. Hair Dryer

Jika Anda memiliki hair dryer di rumah, Anda dapat menggunakannya untuk mengusir semut di makanan. Cara mengusir semut di makanan memakai hair dryer mungkin belum banyak diketahui orang.

Namun terbukti ampuh. Kalian hanya perlu memastikan bahwa kecepatan hair dryer tidak terlalu tinggi sehingga tidak akan membahayakan makanan. Cukup arahkan hair dryer pada pinggir piring dengan kecepatan rendah

Demikian beberapa mengusir semut di makanan yang dapat Anda coba. (Suara.com/Rifan Aditya)

Berita Terkait

Berita Terkini