Food

Jangan Sampai Rusak! Simak 5 Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet

Yuk intip 5 cara menyimpan daging di kulkas agar awet dan kualitasnya terjaga.

Hiromi Kyuna

Ilustrasi daging. (Unsplash/Armando Ascorve Morales)
Ilustrasi daging. (Unsplash/Armando Ascorve Morales)

Guideku.com - Saat Idul Adha, sejumlah orang akan mendapatkan daging kurban. Bahkan ada yang mendapatkan persediaan daging melimpah di hari spesial ini.

Saat jumlah daging terlalu banyak dan tak bisa dimasak dalam 1 waktu, Anda pun harus menyimpan di kulkas. Tentu saja Anda berharap agar daging yang didapat tetap berkualitas baik meski disimpan dalam waktu lama.

Rupanya ada sejumlah cara menyimpan daging agar awet, lho. Penyimpanan yang tepat akan menjaga daging tetap memiliki kondisi baik meskipun disimpan beberapa waktu di kulkas.

Suara.com telah merangkum cara menyimpan daging agar awet dari berbagai sumber. Yuk kita simak.

Ilustrasi daging beku (Unsplash.com/Victoria Shes)
Ilustrasi daging beku (Unsplash.com/Victoria Shes)

1. Hindari mencuci daging sebelum disimpan.

Setelah mendapatkan daging dan ingin menyimpannya di kulkas, ada baiknya untuk tidak mencucinya terkebug dulu, Pasalnya, kandungan air di dalam daging bisa bertambah dan membuatnya jadu cepat rusak.

Pencucian juga beresiko membyuat daging terkontaminasi bakteri dari air atau tempat pencuciannya.

2. Potong-potong daging

Memotong daging dengan bentuk lebih kecil akan memudahkan saat nantinya daging membeku. Daging berukuran kecil akan lebih mudah dicairkan ketimbang yang berukuran besar.

3. Simpan daging di wadah yang rapat

Tempatkan daging di wadah yang rapat dan kedap udara untuk mengurangi kemungkinan adanya freezer burn. Freezer burn adalah kondisi daging yang diselimuti kristal es.

4. Segera masukkan ke dalam kulkas

Suhu mampu mempengaruhi pertumbuhan bakteri. Daging mentah lebih baik tak disimpan terlalu lama di suhu ruang.

Ada baiknya untuk meletakkan daging di chiller beberapa saat kemudian pindahkan ke freezer. Hal ini agar daging tak mengalami perubahan suhu yang drastis dan merusak kualitas.

5. Beri catatan tanggal

Pemberian catatan tanggal ini untuk mengurangi resiko lupa sudah berapa lama daging itu ada di kulkas. Pasalnya daging memiliki daya simpan yang berbeda-beda satu sama lain.

Itulah 5 cara menyimpan daging agar awet yang dapat dilakukan di rumah. Daging-daging yang melimpah bisa disimpan dengan cara yang bisa menjaga kualitas daging. Selamat mencoba!

Berita Terkait

Berita Terkini