Dikenal Mahal, Simak Keistimewaan dari Daging Wagyu

Harga jualnya tinggi, ternyata ini alasan mengapa daging wagyu terkenal mahal.

Arendya Nariswari
Selasa, 21 September 2021 | 17:00 WIB
Ilustrasi daging wagyu. (Pixabay/z0man)

Ilustrasi daging wagyu. (Pixabay/z0man)

Guideku.com - Daging sapi wagyu adalah salah satu makanan terbaik di dunia. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang apa itu daging wagyu seperti disadur dari laman Robb Report, Minggu (19/9/2021).

Beberapa kali mungkin daging wagyu kerap wira-wiri terlihat diulas oleh artis ternama atau chef. Bagi orang awam, mungkin daging ini terlihat biasa. Namun jika dipelajari ciri khasnya, daging wagyu sendiri punya keistimewaan baik dari segi rasa maupun tampilan. 

Lalu Apa itu Daging Wagyu?

Baca Juga: Akhirnya Bisa Tidur Nyenyak, Ternyata Ini Perbedaan Gelato dan Es Krim

Umumnya daging wagyu sendiri diolah menjadi steak yang sangat empuk, berlemak, dan kaya umami, telah identik dengan kemewahannya seperti halnya kaviar atau truffle hitam. Ada beberapa hal menarik tentak steak wagyu yang masih belum banyak diketahui orang.

Sederhananya, wagyu berarti wa (Jepang) dan gyu (sapi) atau sapi Jepang. Pengucapannya wah-gyoo, bukan wah-goo. Wagyu pada awalnya adalah hewan rancangan yang dipilih karena ketahanan fisiknya. Hewan ini memiliki lebih banyak sel lemak yang menyimpan sumber energi.

Potongan daging sapi terbaik yang kaya dan lezat ini langsung larut begitu menyentuh lidah. Meski dimasak dengan medium atau medium-well, rasa dagingnya tetap juicy.

Baca Juga: Sisca Kohl Bikin Es Krim Pizza, Begini Respon dari Bule Italia

Perbedaan Wagyu Amerika dan Wagyu Jepang

Selain teknik peternakan sapi yang berbeda, perbedaan besar antara Wagyu Amerika dan Wagyu Jepang adalah ras murni, di mana Wagyu Amerika adalah hasil persilangan. Karena itu, Wagyu Amerika tidak memiliki rasa umami yang manis seperti Wagyu Jepang dan tidak se-meleleh saat dikonsumsi. Namun hal ini bukan berarti bahwa Wagyu Amerika tidak enak.

Di Jepang, ada 4 ras Wagyu, seperti Japanese Black (dominan diekspor ke AS), Japanese Brown (di AS disebut Red Wagyu), Japanese Polled, dan Japanese Shorthorn. Produksi daging sapi Wagyu di Jepang sangat diatur ketat. Hanya genetika yang terbukti baik yang disimpan untuk dikembangbiakkan.

Baca Juga: Sempat Jadi Kurir Makanan, Pria Ini Akhirnya Kerja di Perusahaan Bonafide

Olahan Daging Wagyu yang Lezat dan Sehat

Rasa unik dan kelembutan daging wagyu yang highly marbled membuatmu mendapat pengalaman makan yang tak tertandingi. Itulah mengapa daging wagyu menjadi daftar menu utama di banyak restoran mewah.

Ahli kesehatan menemukan rasio lemak tak jenuh tungguh dan lemak jenuh lebih tinggi di dalam wagyu dibandung daging sapi lainnya. 40% asam stearate memiliki dampak minimal dalam meningkatkan kadar kolesterol. Kandungan asam linoleate 30% lebih banyak dari jenis daging sapi lainnya juga memiliki sedikit efek buruk kesehatan. Sehingga kandungan wagyu baik untuk kesehatan manusia.

Baca Juga: Ternyata Bisa Dilakukan di Rumah, Ini Cara Mudah Pasteurisasi Susu Segar

Bahkan Wagyu telah menjadi aset berharga Jepang karena nilai produknya yang tinggi. Untuk itu, ekspor daging wagyu sangatlah diatur dan diawasi dengan ketat.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai apa itu daging wagyu. Sudahkah kamu mencicipi daging sapi premium satu ini? (Suara.com/Ulil Azmi)

Berita Terkait TERKINI
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Tampilkan lebih banyak