Tak Asal Empuk, Simak 6 Tingkat Kematangan Steak yang Wajib Anda Ketahui

Terbuat dari bahan dasar daging yang juicy, ada perlunya Anda tahu tingkat kematangan steak.

Arendya Nariswari
Rabu, 29 September 2021 | 12:39 WIB
Ilustrasi steak. (Pixabay/@Shutterburn)

Ilustrasi steak. (Pixabay/@Shutterburn)

Guideku.com - Steak menjadi salah satu makanan yang cukup digemari oleh berbagai kalangan. Bahkan kekinian, tidak sedikit restoran steak di Indonesia yang jadi primadona masyarakat Tanah Air. 

Melansir dari laman spar.co.uk setidaknya ada enam tingkat kematangan steak yang dikategorikan berdasar suhu,

Umumnya orang Barat cenderung menyukai tingkat kematangan medium atau medium rare.

Baca Juga: 8 Tips Dapat Tiket Promo Pesawat Lebih Mudah

Lain halnya dengan selera orang Indonesia yang justru menyukai tingkat kematangan medium well atau bahkan welldone.

Lalu, kira-kira mana tingkat kematangan steak favourite kalian dan keluarga? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini yuk!

1. Bleu steak

Baca Juga: 6 Wisata di Singapura ala Marissa Nasution, yang Cocok Masuk Bucket List

Bleu steak merupakan tingkat kematangan tradisi bangsa Prancis. Cara memasak steak satu ini dilakukan dengan di bawah suhu tinggi dalam waktu yang sangat singkat, dan hanya digunakan untuk membakar bagian luar saja.

Tampilan daging bleu steak masih akan terlihat sangat merah dan matang di bagian luar saja. Steak ini mungkin sedikit tidak cocok untuk kamu yang menyukai tingkat kematangan sempurna. Namun, kerenyahan di luar dan kelembutan daging inilah yang menjadi daya tarik bleu steak.

2. Rare steak

Baca Juga: 7 Kuliner Singapura ala Chef Martin Praja yang Bisa Dicoba di Rumah

Untuk mendapatkan tingkat kematangan rare yang sempurna, kamu bisa memasak setiap sisi steak selama kurang lebih dua menit.

Tambahkan beberapa detik untuk membuat bagian tepi menjadi sedikit lebih kering. Hal ini juga dilakukan untuk mendapatkan 75% bagian dalam daging masih merah dengan sedikit darah masih mengalir.

3. Medium rare steak

Baca Juga: Diberi Kejutan Ulang Tahun di Dapur, Pria Ini Panik Gegara Terciduk Begini

Cara mendapatkan tingkat kematangan medium rare pada steak dapat kamu lakukan dengan membakar 3,5 menit pada setiap sisinya.

Ciri khas medium rare steak adalah bagian dalam daging yang terlihat setengah merah muda, setengah berwarna coklat.

Medium rare steak cocok disajikan dengan sayuran segar, seperti tomat, kacang polong, dan paprika.

4. Medium steak

Tingkat kematangan satu ini cukup populer di Indonesia. Untuk mencapai tingkat kematangan ini adalah memasak setiap sisi selama 4 menit pada setiap sisinya.

Pada tingkat kematangan ini, steak  masih terasa cukup juicy pada bagian dagingnya dan terdapat sedikit strip merah muda pada bagian tengah yang tidak lebih dari 25%.

5. Medium well steak

Semakin tinggi tingkat kematangan daging, maka semakin lama pula waktu untuk memasaknya. Untuk memperoleh kematangan sempurna pada medium well steak, kamu memerlukan waktu setidaknya lima menit pada setiap sisinya.

Warna merah muda umumnya masih terlihat samar pada bagian dalam daging namun sudah tidak memiliki juice sama sekali. Daging bagian luarnya pun sudah cukup keras, namun pada bagian dalam masih cukup empuk.

6. Well done steak

Tingkat kematangan satu ini merupakan tingkat kematangan tertinggi pada steak. Untuk mendapat tingkat kematangan ini kamu memerlukan waktu setidaknya enam menit untuk memanggang tiap sisinya.

Ini merupakan salah satu tingkatan yang paling disukai orang Indonesia, meskipun bagian luarnya cukup keras saat digigit.

Demikian enam tingkat kematangan daging yang bisa kamu pilih. Tentu saja, pilihan masing-masing tetap tergantung selera, ya! (Suara.com/Hillary Sekar)

Berita Terkait TERKINI
Mau jualan apa saat bulan puasa nanti? Inilah berapa jajanan paling laris di bulan Ramadhan....
food | 16:08 WIB
Hadir di Hoshinoya Bali, bar ini memperkenalkan seri minuman cocktail yang terinspirasi Hari Raya Nyepi....
food | 16:22 WIB
Resep masakan tahu cabe garem yang bisa dibuat anak kos dikala tanggal tua....
food | 17:47 WIB
Buah pisang juga mengandung nutrisi yang cukup baik untuk kesehatan. Bahkan, bila rutin mengkonsumsi pisang sebagai hida...
food | 10:29 WIB
Cromboloni merupakan satu di antara pastry yang sekarang cukup viral di media sosial. Sebab, banyak orang membagikan pen...
food | 11:04 WIB
Resep dessert pisang beku creamy, cocok untuk menu diet ini cukup mudah dibuat di rumah, dan bahan-bahannya pun mudah di...
food | 09:45 WIB
Ciptakan keceriaan Natal dengan kue kering imut bentuk manusia. Resep lembut dan dekorasi lucu, sempurna untuk menyemara...
food | 10:53 WIB
Nikmati kelezatan Cheese Burnt dengan lapisan keju gurih di luar dan kelembutan di dalam. Resep mudah untuk dicoba di ru...
food | 17:41 WIB
Asjad Burger berlokasi di Komplek Puri Suwarna No. 20, Ciganitri, Kabupaten Bandung. Meski belum memiliki toko fisik, le...
food | 14:00 WIB
Yang membuat Kedai Bakmie 168 semakin spesial adalah mie mereka diproduksi sendiri, menjamin keaslian dan kualitasnya. P...
food | 12:00 WIB
Tampilkan lebih banyak