8 Tips Dapat Tiket Promo Pesawat Lebih Mudah

Ketika merencanakan liburan, satu hal yang perlu Anda persiapkan dengan matang adalah keuangan dan rencana pengeluaran.

Rendy Adrikni Sadikin
Rabu, 29 September 2021 | 11:30 WIB
Ilustrasi Penumpang Pesawat (Pixabay/Sourav Mishra)

Ilustrasi Penumpang Pesawat (Pixabay/Sourav Mishra)

Guideku.com - Ketika merencanakan liburan, satu hal yang perlu Anda persiapkan dengan matang adalah keuangan dan rencana pengeluaran.

Berapa bujet yang Anda punya dan bagaimana membaginya untuk makan, penginapan, dan akses transportasi saat hendak berjalan-jalan sesampainya di tujuan. Belum lagi kebutuhan lain seperti membeli camilan atau minuman untuk teman di perjalanan.

Nah, salah satu masalah paling besar saat membicarakan liburan adalah tiket pesawat. Memang benar, perjalanan menggunakan pesawat bisa lebih mempersingkat waktu, terutama jika Anda hanya punya waktu singkat untuk liburan.

Baca Juga: 6 Wisata di Singapura ala Marissa Nasution, yang Cocok Masuk Bucket List

Namun, harga yang harus dibayarkan juga bisa dibilang tak sedikit, bukan? Namun, sekarang Anda bisa kok mendapatkan tiket pesawat murah, salah satunya melalui Traveloka promo tiket pesawat.

Tips Dapat Tiket Pesawat Murah Meski Tidak Promo

Pertanyaannya, bagaimana caranya mendapatkan tiket pesawat murah tanpa adanya promo? Tidak perlu risau, coba terapkan beberapa tips berikut ini saat Anda mencari tiket pesawat murah untuk liburan.

Baca Juga: 7 Kuliner Singapura ala Chef Martin Praja yang Bisa Dicoba di Rumah

1. Tiket Pesawat Murah Ternyata Ada Harinya

Benarkah? Tentu saja. Selama satu minggu, mulai dari Senin sampai hari Minggu, ada satu hari terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk membeli tiket pesawat dengan harga miring, yaitu Minggu.

Sebaliknya, memesan tiket pesawat pada hari Jumat justru akan membuat Anda mendapatkan harga tiket yang melambung, terlebih jika jadwal keberangkatannya dekat alias mepet.

Baca Juga: Diberi Kejutan Ulang Tahun di Dapur, Pria Ini Panik Gegara Terciduk Begini

Saat hari Minggu, harga tiket pesawat biasanya akan mengalami penurunan antara 10 sampai 30 persen dibandingkan dengan harga untuk pembelian pada hari lainnya.

Tentunya, potongan harga ini cukup menggiurkan, ya! Apalagi kalau Anda punya poin keanggotaan tertentu atau berhasil menggunakan tawaran lain yang ada di aplikasi agen perjalanan.

2. Jam Pemesanan juga Berpengaruh

Baca Juga: Bule Beli Minuman Dingin di Sumatera, Pas Pesanan Datang Langsung Heran

Kalau soal waktunya, Anda bisa mencoba memesan tiket pesawat pada pukul 23.00 waktu setempat. Mengapa? Ini karena adanya sistem pada maskapai yang disebut seat control.

Sistem ini digunakan untuk melakukan pembatalan tiket pesawat yang sudah dipesan dan tidak dilanjutkan ke pembayaran alias tidak aktif. Jadi, pukul 23.00 menjadi waktu ketika maskapai melakukan pembatalan semua tiket yang tidak dibayar ini.

3. Jadwal Berangkat juga Menentukan

Ingin berangkat pada hari Sabtu dan Minggu? Jangan harap Anda bisa mendapatkan tiket pesawat murah. Namun, cobalah untuk berangkat pada hari Selasa atau Rabu, dan Anda akan mendapati bahwa harga tiket yang ditawarkan jauh lebih terjangkau. Bahkan, harga yang ditawarkan untuk kedua hari tersebut bisa selisih sampai 20 persen lebih murah daripada hari lainnya, lho!

4. Kenali Musimnya, Apakah Low, atau Justru High?

Bepergian pada high season, misalnya saat musim liburan tentu akan membuat harga tiket justru semakin mahal. Tentu saja, memilih liburan saat low season akan lebih nyaman.

Tak hanya bisa mendapatkan harga tiket pesawat lebih murah, destinasi wisata yang hendak Anda kunjungi juga biasanya tidak terlalu ramai seperti saat musim liburan, misalnya saat libur sekolah atau hari besar.

5. Pesan Jauh Hari atau Justru Mendadak

Kebanyakan orang membeli tiket pesawat jauh hari sebelum keberangkatan untuk mendapatkan harga murah atau menghindari kehabisan tiket.

Namun, bagaimana jika ada rencana mendadak yang membuat rencana liburan harus tertunda atau bahkan dibatalkan? Pengembalian dana atau refund tiket pesawat tidak semudah yang Anda pikirkan, belum lagi dengan jumlah dana kembali yang tidak sama dengan biaya saat Anda membeli tiket tersebut.

Solusi lainnya, Anda bisa membeli tiket pesawat secara mendadak. Biasanya, ada satu atau dua penumpang yang terpaksa harus membatalkan tiket pesawat pada satu atau dua hari sebelum berangkat. Nah, agar semua kursi tetap terisi, umumnya maskapai akan memberikan harga tiket pembatalan yang lebih murah dari harga normal.

6. Ikut Keanggotaan Maskapai Tertentu

Suka melakukan penerbangan dengan maskapai tertentu? Mengapa tidak bergabung menjadi anggota atau berlangganan informasi melalui email?

Biasanya, akan ada banyak penawaran menarik untuk anggota maskapai, termasuk harga tiket yang lebih murah. Sementara melalui subscribe email, Anda akan mendapatkan informasi rutin langsung dari maskapai untuk momen atau acara tertentu.

7. Pilih Maskapai Low Cost Carrier

Cara lainnya yang bisa Anda coba tentu memilih terbang dengan menggunakan maskapai low cost carrier. Sesuai namanya, maskapai yang termasuk dalam kategori LCC tentu akan menawarkan harga tiket yang jauh lebih murah, bahkan untuk kelas bisnis sekalipun.

Meski begitu, fasilitas yang ditawarkan juga tidak banyak seperti maskapai kelas atas, seperti adanya camilan atau makan di atas pesawat atau sekadar fasilitas hiburan selama perjalanan.

8. Penerbangan Langsung atau Transit?

Nah, untuk perjalanan ke destinasi yang cukup jauh, termasuk ke luar negeri, pembanding lainnya adalah tipe penerbangannya.

Biasanya, akan tersedia dua pilihan penerbangan, yaitu penerbangan langsung dan penerbangan transit ke satu destinasi sebelum melanjutkan ke destinasi tujuan. Kalau dilihat, pastinya penerbangan langsung punya harga tiket yang lebih mahal, ya?

Tentu saja, karena Anda tidak harus kerepotan membawa barang-barang untuk berpindah pesawat dan menunggu jadwal penerbangan berikutnya. Terlebih jika maskapai yang Anda gunakan berbeda.

Jika maskapai pertama mengalami delay sementara connecting flight-nya tidak, maka Anda harus punya strategi lainnya. Namun, jika Anda punya cukup banyak waktu untuk menunggu dan hanya punya bujet terbatas, connecting flight tentu bisa jadi solusi.

Nah, kalau Anda sudah dapat tiket pesawat promo, gunakan taxi Blue Bird ke bandara, ya! Taksi dengan logo burung berwarna biru ini jadi salah satu moda transportasi kepercayaan masyarakat untuk ke bandara dan perjalanan sehari-hari.

Tak hanya itu, taksi satu ini juga jadi kendaraan yang mendapat izin untuk masuk dan keluar bandara, jadi tentu tidak akan sulit menemukannya. Selamat berburu tiket pesawat murah!

Berita Terkait TERKINI
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Garut ini menawarkan berbagai atraksi alam, kuliner lezat, dan kegiatan seru untuk pengunjung yang ingin menghabiskan wa...
travel | 19:34 WIB
Jika kamu belum menentukan destinasi wisata untuk libur Tahun Baru, bisa mencoba mengunjungi tempat wisata yang berada d...
travel | 19:20 WIB
Terdapat sejumlah destinasi wisata di Bekasi yang dapat menjadi pilihan untuk anak-anak selama liburan....
travel | 08:49 WIB
Dirangkum oleh Guideku, berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung yang menarik dikunjungi saat libur Natal dan Tahun ...
travel | 10:00 WIB
Tampilkan lebih banyak