Food

Bikin Kulit Sehat, Simak Manfaat Konsumsi Bawang Merah Rutin Berikut Ini

Punya segudang manfaat, simak penejelasan konsumsi bawang merah di bawah ini.

Arendya Nariswari

Ilustrasi bawang merah (Pixabay by vivek sharma)
Ilustrasi bawang merah (Pixabay by vivek sharma)

Guideku.com - Mengandung banyak manfaat untuk tubuh tak ada salahnya jika Anda rutin mengonsumsi bawang merah.  Bawang merah kaya akan berbagai zat dan kandungan yang baik untuk tubuh seperti natrium, kalium, folat, vitamin A, C, dan E, kalsium, magnesium, dan fosfor. Lalu apa saja ya, manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh?

Kemudian bawang merah paling baik dan tubuh akan mendapatkan manfaat besar ketika dimakan mentah. Mau tahu apa saja manfaat bawang merah?  Mari kita simak penjelasan manfaat bawang merah di bawah ini. 

1. Menjaga kesehatan tulang

Sebanyak 25,4 mg kalsium terkandung dalam bawang merah, di mana hal ini merupakan elemen yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Tambahkan bawang merah ke dalam salad, maka dapat membangun kesehatan tulang. Demikian paparan dari Departemen Pertanian AS (USDA).

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Bawang merah kaya akan flavonoid yang membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Bawang merah juga mengandung tiosulfinat yang diketahui dapat menjaga konsistensi darah. Dengan demikian, resiko serangan jantung dan stroke dapat berkurang secara signifikan. Cambridge University Press melaporkan bahwa flavonoid dalam bawang merah juga bermanfaat untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat bawang merah selanjutnya berkaitan dengan kesehatan kulit, di mana bawang merah mengandung vitamin A, C, dan K yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat, lembab, dan bercahaya secara alami. Ketiga jenis vitamin tersebut dapat membantu menghilangkan pigmentasi di kulit wajah dan tubuh, serta dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

4. Menjaga kesehatan mata

Bawang merah juga bagus untuk menjaga kesehatan mata. Hal itu karena selenium dalam bawang dapat memproduksi vitamin E yang dapat mencegah masalah pada mata. 

5. Menyehatkan mulut 

Banyak yang menghindari bawang karena dapat menyebabkan bau mulut, tetapi manfaat bawang merah untuk kesehatan mulut ternyata tinggi loh. 

Kandungan vitamin C yang ada dalam bawang bisa membantu kita menjaga kesehatan mulut kita dan membersihkannya dari bakteri. Caranya mudah, kupas bawang dan makanlah dalam keadaan mentah. 

Demikian lima manfaat bawang merah yang jarang diketahui.  Pastinya terkadang dijauhi orang-orang karena bawang juga bisa menimbulkan aroma tak sedap di mulut. 

Sekarang kalau sudah tahu manfaatnya sebagus itu, apa masih mau dilewatkan? (Suara.com/Mutaya Saroh)

Berita Terkait

Berita Terkini