Food

Jarang Diketahui, 4 Sayuran Ini Ternyata Baik Dikonsumsi saat Musim Dingin

Diklaim mampu tingkatkan kekebalan tubuh di musim dingin, simak pilihan sayuran berikut ini.

Arendya Nariswari

Ilustrasi daun bayam. (Pixabay/Clara Sander)
Ilustrasi daun bayam. (Pixabay/Clara Sander)

Guideku.com - Ketika musim dingin tiba, tidak sedikit orang-orang yang sakit akibat menurunnya tingkat kekebalan dalam tubuh. Pada momen ini konsumsi sayuran pilihan bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Nicci Clark seorang ahli gizi mengungkapkan ada cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi sejumlah sayuran tertentu. 

Menurut keterangan, Nicci menjelaskan bahwa kekebalan atau pertahanan alami tubuh Anda akan berfungsi dengan optimal jika seseorang melakukan diet sehat seimbang. 

Lalu apa saja jenis sayuran yang menunjang daya tahan tubuh selama musim dingin?

“Anda membutuhkan energi dan nutrisi yang cukup agar sistem kekebalan berfungsi dan pola makan yang buruk dapat membahayakan kemampuan tubuh Anda untuk menangkal infeksi," kata Nicci dikutip dari Express.

Demi kekebalan tubuh yang kuat, Anda perlu mengonsumsi makanan padat vitamin dalam menu sehari-hari agar tubuh bisa mencegah infeksi penyakit.

Ilustrasi kubis. (Pixabay)
Ilustrasi kubis. (Pixabay)

Adapun, 3 makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan seseorang, meliputi:

1. Kubis

Kubis merupakan makanan super yang sarat dengan vitamin A, C dan K. Sayuran ini juga salah satu makanan padat nutrisi terbaik.

2. Bayam

Bayam tidak hanya kaya vitamin C tetapi juga antioksidan yang meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh kita.

"Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam kaya akan vitamin C yang mengandung antioksidan kuat dan membantu melawan infeksi, seperti pilek," kata Nicci.

3. Kunyit

Sistem kekebalan yang lemah bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi. Tapi, senyawa dalam kunyit yang disebut kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antoksidan yang bisa membantu meningkatkan kekebalan.

4. Kale

Kale kaya akan antioksidan, seperti vitamin C yang membantu melawan kerusakan oksidatif pada tubuh. Kerusakan oksidatif berperan dalam banyak penyakit.

Anda bisa mengonsumsi 4 makanan di atas untuk meningkatkan kekebalan tubuh selama musim dingin. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa perubahan sederhana pada diet Anda bisa meningkatkan energi dan sistem kekebalan tubuh. (Suara.com/Arendya Nariswari/Shevinna Putti Anggraeni)

Berita Terkait

Berita Terkini